3 Cara Melacak HP yang Hilang dengan IMEI yang Efektif

Cara Melacak HP yang Hilang dengan IMEI – Kehilangan HP mungkin menjadi salah satu momen yang akan membuat Anda panik. Terlebih lagi HP sekarang ini memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda mengalami kondisi dimana Anda kehilangan HP Anda, hal yang bisa Anda lakukan adalah melacaknya. Salah satu cara melacak HP yang hilang bisa Anda lakukan dengan menggunakan IMEI. Bagaimanana cara melacak HP yang hilang dengan IMEI bisa Anda simak berikut ini.

Pengertian dan Kegunaan IMEI

Setiap HP memiliki identitas atau IMEI yang bisa dilihat di box atau kardus HP. IMEI singkatan dari (International Mobile Station Equipment Identity) yang berupa kode 15-16 digit unik yang dimiliki setiap HP GSM. Handphone yang asli tidak akan memiliki nomor IMEI yang sama dengan HP lainnya.

Umumnya HP GSM single-sim memiliki 1 IMEI, sementara HP dual-sim memiliki 2 IMEI. Selain berfungsi sebagai identitas HP, nomor IMEI juga berguna untuk memudahkan operator seluler mengidentifikasi gadget yang terhubung pada jaringan.

Ketika Anda telepon menggunakan jaringan tertentu untuk melakukan atau menerima panggilan, mengirim atau menerima pesan, nomor IMEI-nya secara otomatis dipancarkan dan dilacak. Itu mengapa Anda bisa menggunakan IMEI sebagai salah satu cara melacak HP yang hilang dengan IMEI.

Nah, jika Anda ingin mengetahui nomor IMEI HP Anda, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan diantaranya yaitu:

• Melihat nomor IMEI yang tertera di box atau kardus HP.
• Jika HP Anda menggunakan baterai lepas-pasang, buka baterai HP Anda kemudian lihat bagian dalamnya. Biasanya ada 15 digit angka IMEI di bagian tersebut.
• Dial *#06# kemudian nomor IMEI akan muncul di layar HP Anda.
• Untuk HP Android, buka menu ‘Settings’ > ‘About Phone’ > ‘Status’ > ‘IMEI Information’
• Untuk HP iPhone, buka menu ‘Settings’ > ‘General’ > ‘About’, kemudian cari nomor IMEI.

Baca Juga  Tips dan Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati

3 Cara Melacak HP yang Hilang dengan IMEI

Selain melacak HP dengan email, cara melacak HP yang hilang dengan IMEI juga mudah digunakan. Namun, tentu saja Anda harus mengetahui nomor IMEI HP yang ingin Anda lacak terlebih dahulu. Jika HP Anda sudah terlanjur hilang tetapi Anda belum mengetahui nomor IMEI-nya, Anda bisa mencari nomor IMEI dari dus HP tersebut.

Jika Anda tahu nomor IMEI dari perangkat yang dicuri, Anda dapat melacak telepon menggunakan IMEI secara gratis menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia online. Aplikasi pelacakan ponsel tersedia untuk tujuan pelacakan telepon dan memiliki berbagai fitur yang mencakup layanan peringatan pelacakan, menyimpan catatan kegiatan online, dan lainnya.

Biasanya, aplikasi pelacakan ponsel ini berbasis jaringan, berbasis handset, dan berbasis SIM. Aplikasi-aplikasi tersebut beroperasi melalui Wi-Fi dan jaringan hot-spot. Itu sebabnya melacak HP dengan IMEI bisa dilakukan jika HP yang Anda lacak sedang aktif.

Secara umum sebagian besar aplikasi ini cara kerjanya praktis, Anda cukup memasukkan nomor IMEI Anda dan dapat menemukan perangkat Anda. Beberapa cara melacak HP yang hilang dengan IMEI bisa Anda coba berikut yaitu:

1. Hubungi Operator Penyedia Jaringan

Ketika Anda sudah mengetahui nomor IMEI HP Anda yang hilang, selanjutnya Anda dapat melacaknya dengan menghubungi atau mendatangi gerai operator penyedia jaringan kartu sim yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan cara ini, Anda perlu menyiapkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian agar operator seluler bersedia membantu Anda melacak HP yang hilang tersebut.

Cara melacak HP yang hilang dengan IMEI ini memang terkesan agak ribet. Terlebih lagi jika HP yang dilacak sudah tidak aktif lagi, maka operator seluler hanya bisa mengetahui lokasi terakhir di mana HP tersebut akif.

2. Google Find My Device

Aplikasi Google Find My Device ini bisa Anda gunakan sebagai cara melacak HP yang hilang dengan IMEI. Namun, tentu saja HP yang hilang tersebut bisa dilacak lokasinya jika HP aktif. Anda bisa melacak melalui aplikasi Google Find My Device yang diakses di HP lain atau melalui PC. Kemudian masukkan nomor IMEI HP Anda yang hilang, sehingga Anda bisa mengetahui lokasi HP tersebut.

Baca Juga  Aktuaria Adalah, Program Studi Langka yang Jarang Diketahui

Selain menggunakan nomor IMEI, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Find My Device dengan menggunakan email. Anda cukup ‘sign in’ dengan email yang Anda gunakan di HP yang hilang, selanjutnya Anda dapat melacak lokasi handphone Anda yang hilang.

Bahkan, Anda juga dapat memilih untuk membunyikan suara (play sound), amankan handphone (secure device), atau menghapus data (erase device) dari jarak jauh. Menu ‘erase device’akan menghapus semua data yang ada di dalam HP Anda yang hilang.

3. IMEI Tracker App – Find My Device

Aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk melacak HP yang hilang dengan IMEI adalah IMEI Tracker App. Aplikasi ini bisa Anda unduh di Google Play Store. Setelah mengunduh dan menyelesaikan instalasi, Anda dapat menjalankan aplikasi ini dengan memberikan semua izin yang diminta termasuk panggilan, kontak, lokasi, serta penyimpanan.

Kemudian klik ‘Continue’ untuk melanjutkan aplikasi ini setelah menonton iklan singkat. Aplikasi ini memang bisa Anda gunakan secara gratis, tetapi Anda mungkin akan terganggu dengan iklan singkat yang akan muncul.
Selanjutnya masukkan nomor IMEI dari HP Anda yang hilang, lalu tekan ‘Track’. Aplikasi ini akan menunjukkan lokasi dari HP Anda yang hilang.

Mengetahui nomor IMEI Anda memang penting. Anda perlu menyimpan nomor IMEI Anda agar sewaktu-waktu dapat membantu ketika smartphone Anda hilang atau dicuri. Pastikan Anda mengaktifkan lokasi pada HP Anda, sehingga Anda tidak akan kesulitan saat melacak HP Anda.

Leave a comment