Tips dan Cara Kuliah di Luar Negeri

Ada banyak cara untuk mewujudkan impian kuliah di luar negeri, seperti kata pepatah “banyak jalan menuju Roma”. Banyak cara kuliah di luar negeri yang bisa kamu pilih dan lakukan mulai dari yang berbayar hingga gratis dengan beasiswa. Memiliki rentetan gelar dari luar negeri tentu menjadi kebanggaan tersendiri apalagi jika menjadi almamater dari kampus-kampus ternama di luar negeri.

Memang tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan untuk kuliah dari luar negeri karena banyak faktor. Mulai dari kemampuan akademik, kemampuan bahasa Inggris, hingga faktor keuangan atau dana. Tak bisa dipungkiri bahwa kuliah ke luar negeri pasti membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan kuliah di negeri sendiri.

Baca juga ” Inilah 6 Perbedaan Photoshop CS dan CC Paling Mendasar

Tidak hanya biaya untuk pendidikannya, namun kamu juga memerlukan biaya hidup selama tinggal di luar negeri yang notabene biaya hidupnya lebih mahal. Namun, kamu tak perlu khawatir karena banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk bisa sukses mewujudkan impian kuliah di luar negeri.

Cara Kuliah di Luar Negeri

Kuliah di luar negeri adalah impian banyak orang, sayangnya banyak yang masih merasa pesimis karena terkendala biaya atau faktor lainnya. Selama kamu memiliki prestasi yang bagus dan ada niat kuat, maka kuliah luar negeri bukanlah sesuatu hal yang mustahil. Nah, cara kuliah di luar negeri yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan impian, di antaranya:

1. Beasiswa Pemerintah

Pemerintah sangat peduli kepada mahasiswa yang memiliki prestasi bagus dan ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Salah satu caranya adalah dengan memberikan beasiswa penuh untuk pendidikan dan biaya hidup bagi mahasiswa yang berprestasi.

Banyak program beasiswa yang ditawarkan baik dari pemerintah Indonesia maupun pemerintah negara asing untuk membantu mahasiswa yang memiliki prestasi bagus namun memiliki keterbatasan dana untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri.

Contoh program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah adalah LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) yang tidak hanya memberikan biaya gratis pendidikan namun juga biaya hidup selama di luar negeri.

2. Beasiswa Universitas

Selain beasiswa yang disediakan oleh pemerintah, banyak juga universitas yang memberikan bantuan dana secara langsung baik dengan menggratiskan biaya pendidikan maupun memberikan potongan biaya.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa jenis ini kamu harus dipastikan sudah diterima di universitas pemberi beasiswa terlebih dahulu dengan mengumpulkan dokumen yang diperlukan.

Jika sudah dterima, kamu bisa mendaftar lagi untuk mendapatkan beasiswa dari universitas tersebut. Semakin kamu menunjukkan performa dan prestasi yang bagus selama kuliah di sini, pihak universitas tidak akan segan-segan untuk memberikan beasiswa secara terus menerus.

3. Beasiswa Swasta/Sponsor

Tidak hanya pemerintah dan pihak universitas saja yang peduli terhadap pendidikan. Banyak perusahaan-perusahaan ternama yang menawarkan program beasiswa baik di dalam maupun luar negeri. Salah satu contohnya adalah perusahaan Djarum yang telah rutin menawarkan program beasiswa untuk kuliah di luar negeri.

Baca Juga  Kata Kata Mutiara Dalam Bahasa Inggris Dan Artinya

Selain dengan cara mendaftar saat perusahaan tersebut membuka kesempatan atau lowongan beasiswa, kamu juga bisa mengajukan proposal beasiswa ke pihak swasta seperti perusahaan tempat kamu magang atau bekerja.

4. Program Pertukaran Pelajar

Salah satu program pintas untuk merasakan mengenyam pendidikan di luar negeri adalah dengan mengikuti program pertukaran pelajar. Syarat untuk bisa mengikuti program ini adalah kamu harus memiliki prestasi yang bagus baik di kampus maupun di sekolah.

Selain prestasi dalam bidang akademik, diperlukan juga prestasi non akademik lainnya seperti keaktifan dalam berorganisasi, skill khusus di bidang tertentu seperti seni, olahraga, dan lainnya.

Menariknya lagi, program ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk belajar saja, namun setiap pesertanya juga akan diajak untuk tinggal bersama di sebuah keluarga lokal di negara tersebut.

Cara Kuliah di Luar Negeri

5. Student Loan (Peminjaman Uang Kuliah)

Cara kuliah di Luar Negeri yang kelima yakni Program student loan ini memberi kesempatan bagi siapa saja pelajar yang ingin berkuliah di universitas tertentu namun memiliki kendala dalam hal biaya. Jika kesempatan beasiswa sudah tertutup dan berulang kali gagal mencobanya, cara ini bisa memudahkan kamu untuk tetap mewujudkan impian kuliah di luar negeri.

Uang yang telah kamu pinjam tersebut bisa dibayarkan setelah lulus dan mendapatkan pekerjaan. Sebelum menandatangai kontrak student loan ini, pastikan kamu telah membaca baik-baik syarat dan ketentuan lainnya seperti persentase bunga yang harus dibayar.

6. Summer Course (Kelas Musim Panas)

Kelas musim panas merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh pemerintah dan swasta untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa asing agar bisa merasakan pengalaman belajar di negara tersebut.

Tidak hanya mata kuliah akademis yang akan diajarkan, program summer course akan lebih banyak mengajarkan hal-hal khas di negara tersebut seperti bahasa dan kebudayaannya.

Program ini dilakukan dengan kisaran waktu 1 – 6 bulan dan sebagai apresiasi kepada peserta yang mengikuti program ini, maka pihak penyelenggara akan memberikan sertifikat.

7. Program Volunteer (Relawan)

Menjadi sukarelawan atau volunteer di suatu kampus di luar negeri bisa menjadi batu loncatan untuk merasakan pengalaman kuliah di luar negeri. Program ini memberikan kesempatan kepada setiap pesertanya untuk melakukan kegiatan sosial di luar negeri.

Kegiatan tersebut seperti mengajar anak-anak SD, melakukan riset kecil-kecilan, atau mengadakan berbagai penyuluhan. Salah satu program volunteer yang paling terkenal yang bisa kamu coba adalah AIESEC (Association Internationale des Etuadiants Sciences Economiques et Commerciales).

Sertifikat yang nantinya akan kamu dapatkan setelah mengikuti program ini akan sangat berguna untuk mengikuti tes lowongan kerja maupuan pendaftaran beasiswa.

8. Beasiswa Kebudayaan atau Olahraga

Buat kamu yang memiliki nilai akademis yang tidak terlalu istimewa, tidak perlu berkecil hati. Karena jika kamu memiliki bakat khusus seperti dalam bidang kesenian atau olahraga kamu bisa mencoba mendaftar beasiswa kebudayaan atau olahraga.

Baca Juga  Kumpulan Quotes Bahasa Inggris tentang Cinta dan Kehidupan

Jangan ragu-ragu untuk mencari peluang beasiswa dalam bidang minat khusus tersebut di luar negeri karena biasanya beberapa negara di Eropa dan Amerika sangat mengapresiasi bakat-bakat khusus yang dimiliki para pelajar. Dan itulah salah satu cara kuliah di luar negeri dengan beasiswa nonakademik.

Beasiswa kebudayaan dan olahraga ini biasanya diberikan dalam bentuk biaya pelatihan atau pendidikan gratis dan residency atau biaya hidup selama tinggal di luar negeri.

9. Riset

Beasiswa jenis riset biasanya diajukan untuk lulusan S2 yang mau melanjutkan jenjang pendidikan S3 yang memiliki proyek penelitian tertentu yang berpeluang untuk dilakukan di luar negeri.

Salah satu syarat untuk mengajukan beasiswa ini adalah proposal riset yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan harus distempel oleh pihak universitas tempat kamu belajar. Peluang untuk mendapatkan beasiswa ini masih sangat besar mengingat pelamar untuk riset penelitian di luar negeri oleh mahasiswa Indonesia masih sangat sedikit.

10. Seminar

Tidak harus mengikuti jenjang pendidikan sekolah formal untuk merasakan pengalaman kuliah di luar negeri, kamu bisa mengikuti program-program seminar atau pelatihan akademis yang diadakan di luar negeri.

Proses untuk mengikuti seminar ini pun biasanya terbilang sangat simpel karena hanya berlangsung dalam beberapa haru. Salah satu persyaratan untuk bisa mengikuti seminar di luar negeri adalah kamu harus memiliki visa dan menanggung sendiri biaya perjalanan. Namun, tak jarang ada juga pihak penyelenggara yang menyediakan biaya tiket perjalanan dan akomodasi selama di sana.

Sebelum mencari tahu tentang program beasiswa tersebut, kamu harus menyiapkan berbagai persyaratan dan kebutuhan yang diperlukan selama belajar di sana. Salah satu persiapan yang paling penting untuk mewujudkan impian kuliah di luar negeri adalah meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Bahasa internasional yang satu ini menjadi salah satu bahasa pengantar dalam proses pembelajaran di luar negeri. Sehingga sangatlah penting untuk menguasai bahasa Inggris demi mewujudkan cita-cita kuliah di luar negeri.
Persiapan penting lainnya yang harus kamu lakukan adalah mengumpulkan prestasi dan sertifikat sebanyak mungkin. Karena sertifikat-sertifikat prestasi yang pernah kamu dapatkan akan sangat membantu dan menjadi pertimbangan khusus saat mendaftar beasiswa kuliah di luar negeri.

Niat dan tekat yang kuat akan menjadi modal awal yang sangat penting untuk meraih cita-cita kuliah di luar negeri. Kamu pun tidak perlu berkecil hati ketika ada salah satu cara kuliah di luar negeri yang telah kamu coba ternyata gagal.

Karena masih banyak cara lain yang bisa ditempuh untuk mewujudkan impianmu. Jangan pernah patah semangat dan teruslah berusaha dengan tekun mempersiapkan kemampuan bahasa Inggris, prestasi akademik, dan persyaratan-persyaratan lainnya yang menunjang kamu untuk diterima kuliah di luar negeri.

Leave a comment