Cara Kuliah di Jerman Gratis dan Langkah-Langkahnya

Cara Kuliah di Jerman Gratis – Meraih mimpi untuk kuliah gratis di Jerman bukan sesuatu yang mustahil lagi untuk sekarang. Sebab, kabar baik kini datang dari negera Jerman karena sudah menggratiskan biaya kuliah bagi mahasiswa internasional. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan program beasiswa.

Sekarang ini beasiswa menjadi salah satu jalan yang bisa ditempuh oleh calon mahasiswa Indonesia sebagai cara kuliah di Jerman gratis. Ini merupakan kesempatan yang bagus, tentunya jangan kalian sia-siakan begitu saja.

Terlebih lagi Jerman adalah negara maju yang memiliki kualitas pendidikan yang baik dan ditunjang dengan fasilitas yang canggih. Lalu bagaimana cara kuliah gratis di Jerman dengan beasiswa? Simak beberapa program beasiswa yang bisa kalian ikuti berikut ini.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Cara Kuliah di Jerman Gratis Dengan Beasiswa

Tahukah kalian? Sejak tahun 2014 negara Jerman telah menghapuskan biaya kuliah di semua universitas publik. Program ini tentunya berlaku untuk program gelar sarjana bagi mahasiswa dalam maupun luar negeri. Namun, walaupun sudah bebas dari biaya kuliah kalian akan tetap mengeluarkan biaya-biaya kecil tiap semesternya.

Biasanya, biaya tersebut mencangkup biaya administrasi dan biaya layanan dukungan mahasiswa lainnya dengan jumlah kurang lebih €250 atau sekitar Rp. 4 juta.Nah, agar kalian tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi, maka kalian bisa mencoba untuk mengikuti program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Jerman maupun pemerintah Indonesia.

cara kuliah di jerman gratis

Berikut ini beberapa pilihan jenis beasiswa yang bisa kalian pilih, di antaranya:

1. DAAD Scholarships

DAAD Scholarships atau Deutscher Akademischer Austausch Dienst merupakan beasiswa yang dananya berasal dari Kementrian Federal Kerjasama dan Pembangunan (BMZ) Jerman. Beasiswa ini menawarkan program beasiswa penuh maupun parsial untuk salah satu universitas di Jerman yang kalian pilih.

DAAD Scholarships membuka penerimaan beasiswa hingga 120.000 mahasiswa memenuhi syarat yang telah menerima bantuan keuangan. Adapun program yang diberikan oleh DAAD adalah Development-Related Postgraduate Courses (EPOS) bagi calon mahasiswa pascasarjana atau S2. Dan tetunya program ini menjadi salah satu beasiswa favorit mahasiswa Indonesia.

Bagi yang mengambil program beasiswa S2 akan mendapatkan durasi selama 12-24 bulan dan mendapatkan bantuan keuangan sebesar 750 euro. Sedangkan untuk program S3 durasi yang didapat yakni 36-42 bulan dan mendapatkan bantuan keuangan sebesar 1.000 euro.

Baca Juga  Mengenal Iklim di Jerman

Tidak hanya itu, beasiswa ini juga mencakup hal lain seperti asuransi kecelakanaan dan kesehatan. Tapi untuk biaya perjalanan ke Jerman kamu harus menanggungnya sendiri karena beasiswa ini tidak mencakup hal tersebut.

Kalian tidak perlu bingung jika ingin mengikuti DAAD Scholarship sebagai cara kuliah di jerman gratis sebab, kalian bisa memilih beberapa program studi diantarnya :
• Economic Science / Business Administration / Political Economics
• Development Co-operation
• Engineering and Related Sciences
• Mathematics
• Regional Planning
• Agriculture and Forest Sciences
• Environmental Sciences
• Medicine/Public Health
• Social and Political Sciences and Education and Law
• Media Studies

Untuk bisa mengikuti program beasiswa ini, kalian harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut:
1) Bekerja pada otoritas publik (pemerintahan), perusahaan negara, atau perusahaan swasta di negara berkembang.
2) Memegang gelar sarjana.
3) Menyelesaikan gelar akademik dengan nilai di atas rata-rata serta memiliki pengalaman kerja profesional setidaknya dua tahun pada bidang terkait.
4) Normalnya gelar akademik tersebut diambil tidak lebih dari enam tahun.
5) Untuk perkuliahan yang menggunakan bahasa Jerman: DSH 2 atau TestDaF 4 dan harus selesai pada tingkat A2.
6) Untuk perkuliahan yang menggunakan Bahasa Inggris: IELTS (Band 6) atau TOEFL PBT 550, CBT 213, dan IBT 80.

2. LPDP

LPDP merupakan singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang berada di bawah pengawasan Kementrian Keuangan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementrian Agama. Beasiswa dari LPDP menjadi incaran para pemburu beasiswa dan merupakan salah satu beasiswa yang cukup populer di kalangan mahasiswa.

Program beasiswa ini adalah satu cara kuliah di jerman gratis karena memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa pada program S2 atau Magister dan S3 atau Doktoral. Jika kalian mengikuti beasiswa ini, kalian akan mendapatkan tunjangan biaya berupa biaya pendaftaran, tunjangan buku, SPP, biaya tesis dan penelitian, biaya transport PP, biaya wisuda, asuransi kesehatan, biaya hidup, biaya aplikasi visa, dan biaya kedatangan.

Dengan mendapatkan beasiswa ini kalian tidak perlu khawatir lagi memikirkan biaya hidup dan biaya kuliah di Jerman. Selain itu, beasiswa LPDP ini bukan hanya dijadikan sebagai cara kuliah gratis di Jerman saja, sebab semua bidang studi dipioritaskan dalam beasiswa ini.

Beasiswa ini terbuka untuk siapapun, sehingga siapapun bisa melamar beasiswa ini asalkan mereka memenuhi syarat. Namun tentunya hal ini juga tidak terlepas dari banyaknya peminat yang ingin mendaftar pada program beasiswa ini loh.

Baca Juga  Sistem Pemerintahan Jerman dan Gambaran Umum Negara Jerman

3. Erasmus+

Jenis beasiswa yang satu ini, rupanya belum banyak yang mengetahui loh. Program beasiswa Erasmus dahulunya memiliki nama Erasmus Mundus lalu berganti menjadi Erasmus+. Beasiswa ini menjadi salah satu cara kuliah gratis di Jerman yang didanai oleh European Comission untuk mensubsidi biaya program pendidikan, pelatihan, pemuda dan olahraga.

Program beasiswa ini sudah ditawarkan di beberapa universitas di luar uni Eropa untuk menempuh pendidikan di negara-negara Uni Eropa termasuk Jerman. Jika kalian mengikuti beasiswa ini, kalian akan mendapatkan biaya kuliah, biaya perjalanan, tunjangan bulanan, biaya akomodasi dan lainnya.
Berikut adalah rincian nilai beasiswa yang akan diterima dengan mengikuti program Erasmus+:
• 24.000 euro per orang untuk program EMJMD 1 tahun dan 48.000 euro per peserta untuk program EMJMD 2 tahun.
• 60.000 euro hingga 130.000 euro per orang untuk program EMJD (3 tahun)
• 4.800 euro per orang untuk program mengajar atau penelitian selama maksimal 3 bulan.

Langkah-Langkah dan Cara Kuliah di Jerman Gratis

Sebelum memutuskan untuk kuliah di Jerman, alangkah baiknya untuk menetapkan pilihan terlebih dahulu. Sebab, ini bukanlah keputusan yang mudah. Kalian harus siap mental dan siap segalanya untuk bisa mengikuti perkuliahan nanti. Agar semua rencana untuk kuliah di Jerman secara gratis bisa terwujud, ikutilah langkah-langkah berikut ini:

1. Tentukan Tujuan Universitas dan Bidang Studinya

Berdasarkan informasi sebelumnya, bahwa setiap program beasiswa tidak menyediakan program studi yang serupa. Jadi, pastikan kembali bahwa program beasiswa yang akan diikuti membuka peluang untuk program studi yang kalian tuju.

2. Periksa Persyaratan Pendaftaran

Kalian harus teliti dalam mencermati persyaratan yang tercantum dalam program beasiswa. Hal ini guna menghindari kalian dari kegagalan tes administrasi yang pada umumnya dilakukan di tahap awal seleksi.

3. Persiapkan Kemampuan Bahasa Jerman

Setiap program beasiswa yang kalian ajukan, pasti memiliki persyaratan kemampuan bahasa Jerman yang berbeda. Jadi pastikan dulu persyaratan kemampuan yang dibutuhkan untuk program yang kalian daftar dan persiapkan kemampuan bahasa Jerman tersebut.

4. Membuat Visa

Setelah diterima oleh universitas yang kalian daftar, selanjutnya kalian harus melamar visa di Indonesia melalui Kedutaan Jerman ada di Jakarta.

5. Mencari Akomodasi Tempat Tinggal

Untuk mendapatkan rekomendasi tempat tinggal kalian bisa menanyakan kepada pihak universitas untuk mendapatkan harga yang relativ lebih rendah.
Nah itulah informasi tentang cara kuliah gratis di Jerman. Pastikan kembali persyaratan kalian sebelum mendaftar ya! Selamat Mencoba. Baca Terus S2S

Leave a comment



Ella Sumarna

1 year ago

Dear

Please give me any update about article how study in german by schollarship
Tq

admin

1 year ago

for information on scholarships in Germany, try contacting virtu education

Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"