5 Cara Cepat Berbicara Bahasa Inggris Otodidak yang Paling Efektif

Cara Cepat Berbicara Bahasa Inggris – Bahasa Inggris memang menjadi bahasa umum di seluruh dunia. Sehingga ketika kamu keluar negeri, salah satu alternatif bahasa yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah komunikasi adalah Bahasa Inggris.

Mengingat pentingnya kemampuan bahasa Inggris, sebagian sekolah di Indonesia pun mengajarkan pelajaran Bahasa Inggris sejak masih di bangku 1 SD atau Taman Kanak-Kanak. Selain itu, banyak perusahaan mengharuskan pegawainya bisa berbahasa Inggris minimal pasif.

Bahkan, syarat untuk masuk Perguruan Tinggi baik di dalam negeri ataupun di luar negeri mengharuskan calon mahasiswa memiliki kemampuan Bahasa Inggris. Dari hal-hal tersebut bisa kita lihat betapa pentingnya setiap individu menguasai bahasa ini.

Jika kamu fasih dalam Bahasa Inggris, kamu seperti memiliki tiket emas yang bisa digunakan untuk keliling dunia. Itu sebabnya, menyadari pentingnya Bahasa Inggris ini kamu perlu belajar bagaimana cara cepat pintar Bahasa Inggris.

5 Cara Cepat Berbicara Bahasa Inggris Otodidak

Belajar bahasa asing memang bukan hal yang mudah, tetapi kalau kalian mempunyai keinginan yang kuat untuk bisa, tekun, dan berusaha keras untuk terus belajar, maka bukan hal yang mustahil untuk kamu bisa mengusainya.
Bahasa Inggris pada umumnya identik dengan vocabulary yang dikenal sangat banyak dan pengucapan yang berbeda dengan penulisannya serta grammar. Hal ini yang membuat banyak orang menganggap bahwa berbicara Bahasa Inggris sangatlah sulit.

Padahal, kamu tidak perlu membayar mahal untuk mengikuti kursus Bahasa Inggris karena kamu bisa belajar Bahasa Inggris secara otodidak. Bahkan kamu bisa belajar cara cepat berbicara bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Nah, cara belajar Bahasa Inggris sendiri yang bisa kamu terapkan, yaitu:

1. Sering Mendengarkan Lagu dengan Bahasa Inggris

Mendengarkan lagu menjadi hobi yang umum bagi setiap orang. Kalau kamu ingin lancar berbahasa inggris coba ganti playlist musik kamu dengan lagu berbahasa inggris agar telinga kamu terbiasa dengan cara pelafalan Bahasa Inggris.

Baca Juga  Pengertian TOEFL dan Tips Mempersiapkan Ujian TOEFL

Cara cepat berbicara bahasa Inggris bisa kamu lakukan dengan mencari lirik aslinya di internet, lalu coba kamu nyanyikan lagu tersebut sambil membaca nadanya. Hal ini bisa membantu melatih pronounciation kamu.
Kalau sering berlatih dengan cara ini, pengucapan dalam Bahasa Inggris kamu bisa jadi lebih cepat dan baik. Kamu juga bisa mencari tahu arti lirik dari lagu tersebut untuk menambah pengetahuan vocabulary.

2. Sering Menonton Film Berbahasa Inggris

Bagi kamu yang menonton film Bahasa Inggris dengan bantuan subtitle Bahasa Indonesia, pernahkah kamu merasa lelah ketika membaca teks subtitle-nya? Nah, biar kamu makin fasih berbahasa Inggris, coba matikan mode subtitle dan mulailah menonton tanpa bantuan teks.

Langkah ini ampuh sebagai cara cepat pintar bahasa Inggris karena dapat mengasah kemampuan bahasa inggrismu. Jika kamu merasa cara ini terlalu berat, kamu bisa mulai dengan perlahan menonton menggunakan subtitle Bahasa Indonesia dulu.

Cara cepat berbicara bahasa Inggris ini bisa kamu praktikkan dengan mendengarkan kata apa yang diucapkan oleh pemain dalam film, lalu kamu ingat beberapa kata dan artinya terlebih dahulu. Setelah kamu dapat menghafal lebih banyak kata bahasa Inggris, selanjutnya tonton film dengan subtitle Bahasa Inggris.

Walaupun awalnya akan terasa berat, tetapi kamu bisa belajar mengartikan kata-kata Bahasa Inggris dengan menebak kalimat yang diucapkan di dalam film dengan adegan pada film. Dari cara tersebut kamu juga belajar cara cepat berbicara bahasa inggris dan grammar secara nyata untuk penggunaan komunikasi sehari-hari.

3. Membaca Sastra Bahasa Inggris

Jika kamu memiliki hobi membaca buku, kamu bisa mencari beberapa literature dalam Bahasa Inggris dalam bentuk novel atau komik yang menarik. Dengan membaca kamu juga belajar bagaimana penulisan dan grammar dalam Bahasa Inggris.

Baca Juga  Contoh Percakapan Bahasa Inggris 2 Orang dalam Berbagai Topik

Kamu bisa mengartikan kata-kata berdasarkan konteks pembicaraan dalam novel atau komik dengan menggunakan kamus online ataupun offline. Cara belajar bahasa Inggris sendiri ini akan menambah pengetahuan vocabulary. Semakin banyak pengetahuan vocabulary yang kamu kuasai, kamu jadi lebih mudah men-translate Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, begitu pula sebaliknya.

4. Mencatat Kosa Kata yang Sulit Diingat

Cara ini sangat ampuh bagi kalian yang memang punya kesulitan dalam menghafal. Kamu bisa membuat kamus kecil dalam bentuk buku dan kamu tulis kosa kata yang kamu rasa sulit untuk dihafal.

Buat sekreatif mungkin agar kamu tidak jenuh untuk membuka catatan tersebut. Untuk melatih pronounciation kamu bisa dengan melatih tongue twister mulai dari yang paling sederhana terlebih dahulu. Ini membantu kamu untuk mengucapkan kosa kata Bahasa Inggris dengan baik dan benar.

5. Gunakan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris di Smartphone

Saat ini sudah banyak aplikasi di smartphone yang memudahkan kamu untuk belajar Bahasa Inggris yang bisa kamu download secara gratis. Sehingga memudahkan kamu yang ingin belajar Bahasa Inggris dimana saja dan kapan saja.
Kamu bisa mendownload aplikasi seperti Duolingo, Busuu, Rosetta Stone, Learn English, Basic English, dan lainnya. Aplikasi tersebut bisa mempermudah kamu untuk mempelajari pengucapan bahasa Inggris.

Beberapa cara cepat berbicara bahasa inggris di ata bisa kamu praktekkan di rumah. Belajarlah secara tekun, konsisten, dan disiplin, maka kemampuan bahasa Inggris kamu akan meningkat dan kamu juga akan menjadi fasih berbahasa Inggris.

Leave a comment