Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat Secara Otodidak

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat  – Mempelajari bahasa asing sangatlah asyik dan menyenangkan khususnya bahasa Inggris. Anda akan tahu bagaimana membuat kalimat atau berbicara dalam bahasa negara lain. Apalagi bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sangat penting untuk dipelajari mengingat dampak era globalisasi yang semakin luas sehingga batas antar negara seolah semakin terbuka lebar.

Saking pentingnya bahasa Inggris, di sekolah pun mata pelajaran bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional tingkat SMP dan SMA. Sebagian orang menganggap bahasa Inggris sulit dipelajari dan butuh bimbingan khusus baik di sekolah maupun di tempat kursus.

Padahal banyak yang akhirnya bisa menguasai bahasa Inggris secara otodidak dan tanpa bimbingan khusus. Semua itu tidak terlepas dari ketekunan dan strategi khusus yang dilakukan dalam cara belajar bahasa Inggris dengan cepat. Jika Anda ingin mencoba belajar bahasa Inggris secara otodidak, maka Anda perlu mengetahui tips dan caranya agar hasilnya bisa maksimal.

Tips dan Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat

Belajar secara otodidak bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang tidak memiliki waktu cukup untuk mengikuti kursus. Selain itu, belajar secara otodidak juga dapat menghemat budget yang dikeluarkan karena Anda tidak harus mengeluarkan biaya untuk belajar kursus bahasa Inggris.

Namun, jika belajar sendiri secara otodidak tentu harus ada tips dan trik khusus seperti cara belajar bahasa Inggris dengan cepat berikut ini:

1. Siapkan materi belajar (audio, visual, dan tulisan)

Dalam mempelajari bahasa Inggris, materi belajar merupakan unsur yang sangat penting untuk menunjang proses Anda selama belajar. Agar proses belajar otodidak semakin seru dan menyenangkan, Anda harus menyiapkan materi yang menarik sebagai bahan belajar. Sehingga Anda pun akan semakin termotivasi untuk rajin belajar bahasa Inggris.

Baca Juga  Memilih Tempat Kursus Bahasa Inggris di Jakarta Terbaik

Materi belajar bisa Anda siapkan baik dalam bentuk tulisan, audio, visual, maupun audio visual. Materi tulisan bisa dalam bentuk buku atau karya sastra bahasa Inggris. Materi audio bisa dalam bentuk radio, musik, atau speech.

Agar lebih menarik lagi, materi audio visual seperti film juga akan sangat membantu Anda dalam belajar menguasai bahasa Inggris. Anda pun tidak akan bosan dalam belajar dan kosakata atau vocabulary yang dipelajari pun akan semakin kaya.

Materi belajar tersebut juga bisa digabungkan menjadi satu misalnya Anda membaca teks buku sambil mendengarkan audionya untuk mengetahui bagaimana aksen dan pronounciation yang benar. Atau bisa juga dengan menonton film menggunakan subtitle agar Anda bisa lebih memahami arti dari kalimat bahasa Inggris yang diucapkan dalam film tersebut.

2. Pelajari dasar Bahasa Inggris

Sebagai seorang pemula yang ingin belajar menguasai bahasa Inggris, pelajarilah hal-hal yang paling dasar terlebih dahulu. Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat bisa Anda mulai dari materi dasar dalam bahasa Inggris seperti berikut ini:

• Kosakata (vocabulary), merupakan unsur utama yang harus dipelajari karena jika tidak menguasai kosakata maka akan sulit dalam memahami ucapan maupun tulisan dalam bahasa Inggris. Hal ini mengingat kosakata merupakan unsur utama yang membentuk suatu kalimat yang mengandung makna.

Anda bisa memperkaya kosakata dengan memperbanyak membaca buku, menghafalkan benda-benda sekitar yang sering dilihat, serta kata kerja yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

• Tata bahasa (grammar), merupakan bagian yang sangat penting untuk dipelajari dalam bahasa Inggris agar kalimat yang telah disusun tidak menimbulkan salah persepsi. Hal ini mengingat dalam bahasa Inggris memiliki jenis kata kerja dan rumus yang berbeda untuk mengucapkan kalimat di masa sekarang, masa lampau, dan masa yang akan datang.

Baca Juga  Langkah-Langkah Presentasi Bahasa Inggris dan Contohnya

3. Belajar kapanpun dan dimanapun

Jangan pernah ragu untuk sering-sering berlatih karena ‘practice makes perfect’. Artinya semakin banyak berlatih maka Anda akan semakin lancar dalam menguasai bahasa Inggris. Luangkan waktu senggang dalam sehari untuk fokus belajar bahasa Inggris.

Selain itu, manfaatkan pula waktu Anda di sela-sela waktu luang saat tidak ada pekerjaan, saat istirahat sekolah, maupun saat di jalan untuk mengulang-ulang kembali materi yang sudah Anda pelajari.

Belajar kapanpun dan dimanapun menjadi salah satu kelebihan dari cara belajar bahasa Inggris dengan cepat karena Anda tidak akan terbatas pada waktu dan tempat untuk belajar bahasa Inggris. Anda bisa melakukannya sendiri dimanapun dan kapanpun Anda bisa dan mau untuk mempelajarinya.

Lengkapi smartphone Anda dengan aplikasi belajar bahasa Inggris maupun hal-hal lain yang menunjang proses Anda belajar seperti kamus, film, maupun artikel dalam bahasa Inggris. Sehingga sewaktu-waktu Anda ingin belajar maka cukup dengan membuka smartphone.

4. Praktek secara rutin

Sebanyak apapun belajar teori maka tidak akan ada artinya apa-apa tanpa praktek secara langsung. Dengan praktek secara langsung dan rutin maka apa yang Anda pelajari tidak akan hilang begitu saja dan akan membuat Anda semakin lancar baik dalam menulis maupun berbicara dengan bahasa Inggris.

Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat bisa Anda praktekkan dengan belajar menulis dalam bahasa Inggris, berbicara dengan teman dalam bahasa Inggris, ikut komunitas, atau cari native speaker langsung untuk mengobrol bersama.

Dengan belajar dan praktek secara terus-menerus penuh dengan ketekunan maka mahir dalam bahasa Inggris bukan lagi hal yang mustahil.

Leave a comment