Mendesain Bisnis Yang Menguntungkan Untuk Anak Muda

Mendesain bisnis yang menguntungkan untuk anak muda memerlukan langkah-langkah yang tepat agar bisnis yang anda jalankan tidak karam di tengah jalan. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan rancangan bisnis sebaik-baiknya.

Mendesain bisnis yang baik dimulai dari mengenali potensi pasar, mengenali potensi anda sendiri, mengenali potensi jaringan yang anda kelola, dan mengenali infrastruktur bisnis yang akan anda kembangkan. Potensi ini perlu dipetakan agar menjadi semacam peta bagi perkembangan bisnis anda kedepan.

Kenapa bisnis memerlukan peta? Bukannya bisnis kalau bisa langsung eksekusi saja? Memang teori utama bisnis yang baik adalah bisnis yang dikerjakan secara langsung. Namun, pernahkah anda mendengar sebuah teori utama mengenai bisnis dari ilmu manajemen kepemimpinan?

Teori tersebut berbunyi seperti ini “gagal merencanakan, sama dengan merencanakan kegagalan”, sangat mengerikan dan menampar kita kan teori atau kita lebih kenal sebagai peribahasa ini? Yapz, peribahasa ini memang ditujukan bagi pemula bisnis apapun, memang bisnis yang baik adalah bisnis yang langsung dieksekusi, tetapi tanpa adanya rencana yang baik, sesungguhnya anda malah merencakana karamnya kapal bisnis anda lebih cepat.

Jika anda tidak mau terjebak dalam peribahasa gagal merencakan bisnis, maka sejak semula ketika bisnis anda masih di atas kertas, buatlah peta konsep bisnis yang jelas dan terukur. Peta ini juga bisa dilengkapi dengan rencana A, rencana B, bahkan hingga rencana terburuk.

Kenapa harus dengan rencana terburuk? Karena jika anda mendapati bisnis anda ternyata tidak secerah yang diharapkan, anda sudah mempunyai rencana membanting stir, melikuidasi atau membubarkan dengan cara yang halus untuk kemudian berpindah ke sektor yang lain.

Selain itu juga, sektor bisnis sama persisnya dengan sektor politik, dimana keadaan bisa berubah cepat hanya dalam hitungan jam dan hari. Sehingga kepemimpinan yang efektif dan rencana bisnis yang jelaslah yang akan membuat bisnis anda bisa bertahan lebih lama dari yang kita perkirakan.

bisnis yang menguntungkan

Pada awal-awal mendesain bisnis yang menguntungkan untuk anak muda, perlu melakukan identifikasi potensi dengan menggunakan analisis SWOT. Ini adalah analisis paling mendasar dalam ilmu manajemen dan ekonomi yang banyak digunakan para pebisnis untuk memulai bisnisnya.

SWOT terdiri atas Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan) dan juga Threat (ancaman). identifikasi ini bisa dipakai baik dalam bisnis yang menguntungkan untuk anak muda bermodal kecil, tanpa modal maupun menggunakna modal besar.

Misalnya kita akan bahas sebuah identifikasi bisnis membuka dropshipper online untuk produksi masker kain yang sedang booming karena adanya wabah virus Corona, anda bisa menggunakan analisis SWOT sebagai berikut:

1. Strength (kekuatan), saat mendesain bisnis yang menguntungkan untuk anak muda dengan sistem dropshipper kekuatan utamanya adalah tidak memerlukan modal besar, anda hanya mencari konsumen via media sosial dan masker menjadi kebutuhkan pokok saat ini. Kekuatan lainnya adalah masker kain saat ini lebih banyak dicari ketimbang masker bedah karena sudah terlanjur mahal.

2. Weakness (kelemahan), kelemahan utama saat berjualan masker kain dengan sistem dropshipper adalah: semakin banyak penjual masker kain baik online maupun offline, kemudian semakin banyak pembagian masker dari lembaga amal kepada masyarakat sehingga membuat penjualan masker stagnan.

3. Opportunity (kesempatan), mendesain bisnis yang menguntungkan untuk anak muda harus pintar-pintar mencari kesempatan secara kreatif. Jika dropshipper masker kain ternyata memiliki banyak saingan, maka anda perlu melakukan penjualan kreatif, misalnya membundling pembelian masker kain dengan pembelian hand sanitizer secara satu paket, atau memberikan bonus beli dua dapat tiga.

4. Threat (ancaman) merupakan resiko bisnis yang perlu anda siapkan dalam kemungkinan terburuk. Misalnya ancaman berjualan masker kain dalam bentuk dropshipper adalah bisa jadi grosir tempat anda menggantungkan dropshipper ternyata tidak bisa memenuhi pesanan secara cepat, atau situasi wabah sudah mereda dan bisa juga ternyata orang lebih membutuhkan beli sembako ketimbang masker.

Baca Juga  Coworking Space Surabaya untuk Kantor Baru Bisnis

Persiapan Menjalankan Bisnis Pemula Untuk Anak Muda

Persiapan menjalankan bisnis yang menguntungkan untuk anak muda bisa dimulai dari hal-hal yang kecil, baru kemudian mendesain sistem manajemen dan kemudian mengeksekusi. Persiapan ini sebenarnya tidak membutuhkan banyak alat dan sarana, hanya kecekatan anda dalam mempersiapkan pondasi awal bisnis anda:

1. Mendesain persiapan bisnis awal untuk pemula, anda harus memastikan apakah bisnis ini tanpa modal, dengan modal dengkul, atau menggunakan modal. Penentuan modal akan menentukan perhitungan pencarian margin hingga menentukan kapan modal akan balik.

2. Jika anda menentukan persiapan bisnis awal tanpa modal atau nol persen, maka anda bisa bermain mencari margin tipis dan menentukan harga lebih murah daripada pesaing anda. Sementara jika anda menggunakan modal, maka perlu penentuan penghitungan margin keuntungan hingga bisa balik modal sampai berapa lama.

3. Pemetaan jaringan pendukung, ini juga persiapan yang menentukan. Jika anda menentukan akan berbisnis melalui marketplace seperti tokopedia dan shopee, maka anda tinggal mencari pemasok barang yang akan anda jual. Sementara jika anda menjual dengan cara offline, maka menentukan pemasok distributor yang akan mengantar barang dagangan kepada anda juga harus ditentukan.

4. Selanjutnya adalah memetakan calon konsumen anda. Pemetaan ini bisa dimulai dari lingkaran terdekat anda, misal lingkaran teman sepermainan, lingkaran teman sekolah hingga lingkaran yang umum sekali (lingkaran umum ini bisa anda buka dengan

bisnis yang menguntungkan 2

Resiko-Resiko Menjalankan Bisnis Pemula Untuk Anak Muda

Bagi bisnis pemula, memulai bisnis baru akan menghadapi beragam resiko yang mesti dipersiapkan dari awal. Kenapa resiko semacam ini harus dipersiapkan dalam desain? Karena kita bisa merencakan prosedur penyelamatan atau mengurangi resiko seminimal mungkin agar stabilitas bisnis kita bisa berjalan dengan baik.

Jika anda sedang merancang sebuah bisnis yang menguntungkan bagi anak muda dengan return yang amat tinggi, maka bisa dipastikan resiko bisnisnya juga akan tinggi, ini sesuai dengan teori dalam bisnis, bahwa rendahnya return berkolerasi dengan rendahnya resiko, begitu juga ketika tinggi juga akan naik sejalur.

Nah, agar desain bisnis anda semakin sempurna, maka berikut beberapa resiko-resiko yang perlu diwaspadai ketika menjalankan bisnis pemula bagi anak muda:

1. Saat mendesain bisnis yang menguntungkan untuk anak muda, satu resiko yang mesti anda perhatikan paling awal adalah: kejenuhan atau bosan. Rasa bosan dan jenuh adalah hal biasa, tapi resiko ini bisa mengganggu keberlangsungan bisnis anda. Bagaimana jika di tengah jalan ternyata anda bosan dengan bisnis anda sendiri? Bisa kacau kan. Salah satu cara menghadapinya dengan mengatur ritme bisnis anda secara maraton agar anda mempunyai semangat baru dalam mengelola bisnis.

2. Resiko selanjutnya adalah menipisnya keuangan di tahun pertama berbisnis. Pengusaha pemula yang membayangkan dapat menumpuk kekayaan di tahun-tahun awal mesti harus berpikir rasional, bahwa pada kebanyakan kasus para pengusaha akan berdarah-darah di tahun pertama. Biasanya tabungan akan terkuras tatkala harus menyuntik permodalan dan juga memperbaiki kerugian.

3. Resiko selanjutnya yang cukup besar adalah adanya penipuan dari customer atau rekan kerja. Mungkin bagi anda yang masih pemula belum pernah mengalami hal hal demikian, tetapi belajar dari pengalaman banyak pengusaha resiko ini patut untuk diwaspadai karena bisa mengganggu cash flow perusahaan anda kedepan.

4. Resiko terbesar selanjutnya adalah kondisi ekonomi yang tidak stabil secara tiba-tiba karena sesuatu hal yang tidak terduga. Misalnya terjadinya wabah penyakit, hingga situasi politik semisal ada huru hara dll. Oleh sebab itu, bisnis yang baik setidaknya menyediakan dana cadangan sebesar tiga kali lipat sampai lima kali lipat biaya operasional biasanya.

5. Sementara untuk resiko selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam mendesain bisnis yang menguntungkan untuk anak muda adalah resiko kebangkrutan. Bangkrut adalah hal biasa dalam berbisnis, yang perlu anda lakukan hanyalah menyelamatkan kapal yang akan tenggelam secara baik-baik. Lunasi hutang yang ada, jual asset yang tersisa, gaji karyawan dan tabung sisanya untuk mendirikan bisnis baru lagi.

Baca Juga  Pengertian Kantor Virtual dalam Dunia Bisnis Modern

Bisnis Yang Menguntungkan dengan Modal Dengkul

Pada proses selanjutnya dalam mendesain bisnis yang menguntungkan untuk anak muda akan membicarakan konsep-konsep bisnis secara real dan praksis agar setidaknya anda mendapatkan gambaran contoh-contoh bisnis.

Pada pembahasan awal ini akan langsung berbicara mengenai bisnis modal dengkul, maksudnya gimana? Seorang pengusaha senior Bob Sadino pernah ditanya bagaimana modal awal dalam mendirikan bisnis? Lalu dia menjawab masing-masing manusia punya modal 500 juta setiap dengkulnya kalau mau dijual.

Pernyataan ini sebenarnya adalah sindiran bahwa semua manusia ketika masih punya tangan dan kaki bisa menjadi modal awal untuk berbisnis tanpa perlu menunggu datangnya uang. Ini telah dibuktikan sendiri oleh Bob Sadino dengan mengawali karirnya sebagai sopir, petani dan pekerjaan pekerjaan kasar yang diawali dengan modal dengkul.

Nah, belajar dari pengalaman Bob Sadino dalam mendesain bisnis yang menguntungkan untuk anak muda dengan awalan modal dengkul, maka berikut beberapa bisnis modal dengkul yang bisa anda coba:

1. Berjualan dropshipper dan reseller, ini jaman dulu biasa kita kenal dengan cara “makelar” tetapi berbeda caranya. Jika dulu makelar hanya menjadi perantara semata antara penjual yang memiliki barang untuk dijjual kepada pembeli. Lalu makelar mendapatkan bonus atau margin sesuai yang dia inginkan. Nah, cara seperti dropshipper dan reseller tentu saja lebih modern.

2. Cara menjadi dropshipper dan reseller hanyalah berjualan katalog, baik versi online maupun versi cetak. Tugas anda hanyalah menawarkan barang yang ada di dalam katalog, jika ada yang tertarik akan mengirim uang kepada anda, lalu anda bisa kontak penjualnya untuk membeli dan mengirim barang kepada pembelinya, simpel kan? Nah, cara dropshipper dan reseller ini juga sudah lama dipraktekan di marketplace online semacam shopee, tokopedia dan juga bukalapak.

3. Bisnis modal dengkul selanjutnya adalah memanfaatkan situasi kekosongan. Misalnya begini, ketika terjadi wabah virus korona ibu ibu jadi enggan pergi ke pasar, nah anda bisa ambil peluang semacam ini dengan menghubungi lewat wa untuk membelikan barang belanjaan yang dibutuhkan. Jika anda mampu menghubungi lima hingga sepuluh ibu ibu komplek dalam sehari saja, maka anda berpotensi meraup untung dalam beberapa bulan kedepan secara kontinyu.

4. Bisnis yang menguntungkan untuk anak muda selanjutnya yang bisa diawali dengan modal dengkul adalah bisnis door to door. Biasanya bisnis door to door diawali dari kebutuhan masyarakat yang bisa anda tangkap secara cepat.

5. Misalnya begini, masyarakat membutuhkan cairan pembersih piring yang murah. Lalu anda tawarkan membeli cairna pembersih yang anda buat sendiri secara murah, dibotol secara sederhana dan ditawarkan pintu ke pintu, biasanya hal ini akan mudah mendapat kepercayaan. Eits, kan awalnya perlu pakai modal? Tenang saja, awal awal anda bisa meminta uang muka dari calon pelanggan anda misalnya sepuluh ribu atau lima ribu saja untuk membeli bahan modal.

Bisnis Yang Menguntungkan dengan Modal 500.000 sampai Sejuta

bisnis yang menguntungkan 2

Selanjutnya bisnis yang menguntungkan dengan modal kecil ala generasi milenial adalah modal sekitar 500 ribu hingga sejuta. Untuk ukuran beberapa mahasiswa angka ini tidak terlalu besar karena setara dengan uang jajan ngopi dan merokok anak anak muda saat ini.

Jadi jika anda ingin mengumpulkan modal awal setara dengan 500 ribu dengan sejuta, maka berhentilah utnuk sementara dari aktivitas nongkrong ngopi dan merokok, maka anda bisa mengumpulkan modal secara cepat.

Jika sudah terkumpul permodalan di rentang 500 ribu hingga sejuta, maka anda bisa mencoba beberapa konsep bisnis di bawah ini sebagai bisnis yang menguntungkan untuk anak muda:

1. Bisnis Boba dan Thai Tea, siapa yang tidak suka minuman kekinian ini? Bukannya modal besar ya? Eits jangan salah, jangan pakai sistem franchise, anda carilah sistem yang memperbolehkan anda menyewa jasa mereka tanpa harus franchise beli gerobak dan peralatan mahal-mahal. Beberapa hanya menfranchisekan resep minuman saja, dan peralaannya kita bisa mendesain dan beli sendiri dan tidak sampai sejuta.

2. Bisnis barang barang bekas dan rongsokan. Kelihatannya menjijikkan ya? Tapi jangan salah dengan menjadi pengepul rongsokan anda bisa menjadi jutawan di kemudian hari. Awali dengan menebus rongsokan semacam botol, kertas hingga kaca dari pemulung. Biasanya sekilo hanya mendapat harga kecil seperti Rp.1000. selanjutnya anda bisa jual ke pengepul besar seharga Rp.1.200. pelan-pelan dan tapi pasti anda bisa mendapat margin untung yang lumayan jika bahannya bisa berkilo kilo dan ber-ton.

3. Bisnis Buku Bekas Online. Ini adalah bisnis paling mudah, anda tinggal gunakan modal 500 ribu hingga sejuta untuk membeli buku buku bekas yang ada di pasaran, ambil margin yang tipis dan cukup buat anda, lalu anda bisa jual di marketplace seperti shopee, bukalapak dan juga tokopedia. Atau anda bisa jual sendiri di media sosial seperti facebook dan juga instagram.

4. Bisnis Kue-Kue Lebaran. Ini adalah bisnis musiman yang membutuhkan modal tidak besar, angka modal sejuta bisa anda lipat gandakan menjadi sepuluh juta. Caranya adalah sebulan sebelum ramadhan anda sudah check list kue kue apa saja yang akan diproduksi, lalu sebar pemasaran, cari konsumen tertarget dan mulai membuat kuenya di minggu pertama puasa, nantinya anda siap mengirimkan kue-kuenya tepat beberapa minggu sebelum lebaran. Lumayan kan?

Baca Juga  Strategi dan Keuntungan Sewa Ruang Kantor Bulanan

Bisnis Yang Menguntungkan dengan Modal Sejuta sampai Lima Juta

Pada bagian bisnis yang menguntungkan untuk anak muda dengan modal lebih dari sejuta, akan tetapi masih di bawah lima juta ini, akan membahas model-model bisnis yang lebih kompleks.

Konsep lebih kompleks adalah melibatkan perhitungan yang cukup matang, lebih mendalam, mengangkat pegawai dan setidaknya anda bisa memahami laporan keuangan tingkat dasar untuk bisa mengawasi stabilitas bisnis anda kedepan.
Beberapa bisnis yang bisa anda dirikan dengan modal sejuta dan sampai dengan lima juta adalah:

1. Bisnis laundry, ini adalah bisnis masa depan yang akan terus berkembang apalagi anda mempunyai lokasi di dekat kost-kostan mahasiswa dan kampus. Modal lima juta bisa anda gunakan membeli satu mesin cuci ukuran sedang, pewangi, bahan pencuci dan juga setrika. Pada tahap awal mungkin kapasitas laundry anda akan sedikit, tetapi seiring dengan berjalannya waktu bisa membesar dan membeli mesin cuci selanjutnya.

2. Bisnis warmindo alias warung makan yang menyediakan nasi dan mie instan. Modal lima juta bisa anda gunakan membeli meja dan kursi, membeli peralatan tingkat dasar dan juga membeli bahan bahan sembako awal, selain itu anda juga bisa memulai membeli rokok untuk menambah barang jualan anda.

3. Bisnis selanjutnya yang bisa menguntungkan adalah bisnis juala juice. Ini dengan modal lima juta saja anda bisa membuka outlet juice yang lumayan besar. Rinciannya sebagai berikut, meja kursi hanya sejuta, kemudian blender dan frezzer sekitar dua juta, sisanya bisa anda belikan bahan baku juice lengkap dari buah-buahan apa saja yang bisa anda beli di pasar dan tahan disimpan selama seminggu kedepan.

4. Bisnis selanjutnya yang menguntungkan adalah bisnis merchandise aksesories handphone. Anda tidak perlu membeli handphonenya, cukup casing, aksesorises dan beberapa pernak-pernaik yang berhubungan dengan handphone semisal tali gantungan, sd card, speaker luar dll. Jika dirinci, biaya modal pembelian bahan baku tersebut tidak melebihi lima juta.

5. Bisnis yang menguntungkan untuk anak muda selanjutnya adalah bisnis clothing. Yapz, bisnis clothing pada periode awal bahkan tidak membutuhkan banyak modal. Anda hanya menyiapkan lima juta dengan rincian terdiri atas cetak sablon baju beberapa buah, buka lapak di marketplace online, promosi di media sosial dna juga promosi offlien melalui brosur dan juga komunitas.

Bisnis Yang Menguntungkan dengan Modal di atas lima juta

bisnis yang menguntungkan 2

Nah, pada bagian ini bisnis yang menguntungkan untuk anak muda dengan modal di atas lima juta, serta tentunya memiliki resiko bisnis yang juga besar. Tetapi jika anda cermat dalam mendesain rencana bisnis dan mampu mengendalikan bisnis anda, jenis-jenis kelompok bisnis ini bisa memperkaya pundi-pundi kekayaan anda.

Berikut beberapa bisnis yang menguntungkan untuk anak muda dengan modal awal sekitar lima juta ke atas:

1. Bisnis yang sedang hits adalah kafe kekinian. Pernah melihat kafe-kafe kopi skala besar yang menjadi jujugan mahasiswa untuk nongkrong dan berselancar dengan wifi? Nah, anda bisa membuatnya dalam versi yang lebih kecil (versi lite), tentu saja versi ini telah banyak diadopsi seperti di seputaran kampus UGM jogja kafe kafe kopi versi kecil dengan luas kios sama persis seperti warmindo burjo. Anda bisa membuka bisnis jenis ini dengan hanya modal lima juta saja.

2. Bisnis fotokopian dan alat tulis kantor. Pernah melihat mesin fotokopi kecil yang bisa disewa secara bulanan? Nah, anda bisa memulai dengan bisnis ini dalam modal terkecilnya hanya lima juta saja. Sewa kios atau gunakan halaman depan rumah anda yang tidak terpakai untuk disulap menjadi tempat fotokopi. Perbanyak produk yang dijual seperti alat tulis kantor, bahkan kalau bisa diberi pernak pernik handphone yang bisa menarik penjual.

3. Bisnis service handphone atau laptop. Jika anda mempunyai keahlian dalam bidang service menservice, misalnya alat elektronik atau komputer dan handphone, maka ini bisa menajdi ladang bisnis. Anda hanya membuka kios dan papan nama/spanduk, lalu menyebarkan brosur. Pasang saja beberapa alat elektronik di dalam kios anda untuk menambah koleksi. Oya, bisnis ini bisa jadi lebih murah jika dikerjakan di dalam rumah atau kos kontrakan anda.

4. Alternatif bisnis yang menguntungkan untuk anak muda selanjutnya adalah bisnis kuliner dalam ukuran menengah (franchise). pilihannya ada dua, anda bisa mengambil dari franchise merek makanan atau minuman yang sudah terkenal, atau anda memulai dengan merek baru sembari mengembangkan sistem franchise anda sendiri.

5. Berbisnis toko berjejaring alias toko kelontong skala kecil. Jika anda membayangkan supermarket yang besar itu mungkin membutuhkan modal yang amat besar, sementara yang dimaksud disini adalah toko kelontong yang sering anda temui di sekitar anda. Yapz, ini tidak salah, toko kelontong dengan kios kecil dan mempunyai banyak produk kecil kecilan yang dijual mempunyai potensi bisnis yang bisa dikembangkan oleh anak muda.

6. Selanjutnya adalah bisnis trend musiman yang bisa anda lihat di lingkungan sekitar anda. Misalnya saat ini sedang trend orang berburu akik, maka anda bisa jualan akik. Orang sedang trend berburu hand sanitizer, maka anda bisa berjualan hand sanitizer. Bisnis ini akan sangat menguntungkan di tiga bulan pertama saja, selanjutnya akan naik turun mengikuti pasar. Nah, akan lebih baik anda tidak menghabiskan banyak modal, cukup dipakai 30% saja. Pastikan sudah mendapat untung, dan baru kemudian ditambah modal baru.

Cara Mempersiapkan Kemungkinan Terburuk

bisnis yang menguntungkan 2

Pada bagian akhir desain bisnis yang menguntungkan untuk anak muda, akan berbicara mengenai desain mempersiapkan kemungkinan terburuk dengan bisnis anda. Kemungkinan terburuk akan terbagi ke dalam dua jalan: jalan pertama adalah anda mendapati bisnis anda mengalami kebangkrutan, sementara jalan kedua adalah saat anda melakukan ekspansi bisnis, ternyata bisnis mengalami stuck atau jalan di tempat.

Pada jalan pertama, tanda tanda bangkrutnya sebuah bisnis yang dirintis ditandai dengan pemasukan yang tidak seimbang dengan pengeluaran. Selanjutnya juga ditandai dengan tidak adanya asset yang likuid (bisa dijual cepat), kemudian animo konsumen untuk mendekat ke bisnis anda semakin berkurang, hati hati disinilah anda perlu cepat sadar.

Mempersiapkan kemungkinan terburuk dalam bisnis pada jalan pertama ini bisa dilakuakn dengan dua cara: cara pertama adalah memperbaiki bisnis dengan memangkas pengeluaran yang dirasa tidak penting. Serta langkah kedua adalah dengan mengakhiri bisnis secara baik baik. Bisnis anda ditutup, lalu sisa aset dijual, dan kemudian dijadikan uang kas untuk bisnis selanjutnya.

Sementara pada jalan kedua ketika bisnis mengalami stuck atau kejenuhan atau jalan di tempat, dapat ditandai dengan bisnis stabil tetapi tidak ada peningkatan: hanya terasa begitu-begitu saja. Sederhananya begini, bisnis anda memang menghasilkan tetapi impas dengan pengeluaran yang dikeluarkan untuk operasional bisnis.

Tanda-tanda lain bisnis jalan ditempat dapat ditunjukkan dengan contoh saat ekspansi bisnis, yang terjadi bukannya naik keuntungan akan tetapi hanya memperberat biaya operasional. Misalnya begini, ketika anda mempunyai satu cabang saja memperoleh keuntungan 20 juta dengan biaya operasional hanya 10 juta, tentu saja keuntungan kotor anda bisa menembus 5 juta.

Namun, saat anda membuka cabang baru. Cabang utama memperoleh keutnungan masih 20 juta, sementara biaya operasionalnya mencapai 10 juta. Nah, cabang kedua ini hanya memperoleh keuntungan 7 juta saja dengan biaya operasional yang sama 10 juta. Berarti merugi 3 juta kan? Nah, ini yang dinamakan stuck.

Karena anda harus mengalokasikan keuntungan 5 juta untuk menalangi kerugian di cabang kedua. Bisnis semacam ini bisa dikatakan jalan ditempat dan perlu mendapat perhatian bagi anda yang sedang mendesain bisnis yang menguntungkan untuk anak muda.

Nah, jika anda sedang berniat mendirikan bisnis, selalu ingatlah pepatah pepatah bijak yang bisa mendorong semangat anda untuk terus membara. Seperti “kegagalan adalah bisnis yang tertunda”, menajdi pengusaha adalah menjadi pembelajar seumur hidup. Selamat bekerja keras.

Leave a comment