Bisnis Properti dari Virtual Office Hingga Sukses

bisnis properti – Pernahkah anda mendengar nama seorang begawan properti terkemuka di Indonesia yang memiliki banyak perusahaan properti, investasi properti dan bahkan proyek-proyek pembangunan properti dari kota kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Jakarta, Medan dan Bandung, serta kota-kota besar dunia seperti Singapura dan Canberra.

Nama begawan properti tersebut adalah Ir Ciputra, salah seorang pengusaha yang memulai bisnis properti dari nol alias pemula. Saat ini investasi perusahaan propertinya telah membesar di berbagai kota, daerah dan beberapa negara. Ir Ciputra telah wafat beberapa bulan yang lalu, namun warisan bisnis propertinya masih terus menggurita dipedang oleh keluarga bisnisnya.

Walaupun tidak masuk ke dalam tiga besar taipan terkaya di Indonesia seperti Budi Hartono dan Michael Hartono, pemilik Grup Djarum dan BCA Group, Ir Ciputra sendiri ternyata telah banyak mengembangkan investasi yang awalnya hanya investasi bisnis properti rumahan atau kompleks menjadi bisnis properti lintas bidang.

Hal ini dapat dilihat dari bisnis properti rumah yang disokong dengan pembangunan stadiun, rumah sakit, dan bahkan tempat pemakaman modern yang mengindikasikan bahwa bisnis properti tidak sekedar bisnis jual beli rumah.

Inilah yang mendasari mengapa bisnis properti masih dan akan terus laku tak lekang ditelan zaman dalam puluhan tahun kedepan. Pembangunan bandara, stasiun dan beberapa fasilitas publik lainnya akan turut mengerek harga jual tanah, mengerek harga jual rumah dan tentunya menjadi bisnis properti yang menggiurkan bagi mereka yang mempunyai insting bisnis.

Seperti yang telah disampaikan di atas, bahwa bisnis properti tidak harus bisnis murni jual beli rumah dan tanah saja. Beberapa peng

usaha properti lantas mengembangkan menjadi bisnis apartemen, bisnis sewa apartemen, bisnis kondominium, bisnis perumahan dengan akses stasiun dan bandara, serta bisnis pemakaman modern yang menjauhkan kesan kuburan angker menjadi tempat peristirahatan yang tenang, modern, anggun dan berkesan.

Contoh-contoh pengusaha bisnis properti murni.

bisnis properti

Jika anda ingin memulai bisnis properti, maka salah satu motivasi yang bisa anda pakai adalah melihat jalan hidu para pebisnis properti murni. Mereka ini adalah yang meniti karir dari bawah alias nol dan kemudian membentuk usaha bisnis properti secara profesional. Salah satu figur yang anda dapat jadikan motivasi adalah Ir. Ciputra.

Insinyur lulusan ITB ini mengawali debutnya dengan perusahaan kecil untuk membangun rumah, kemudian melebar menjadi bisnis perumahan dan lantas menantang dirinya sendiri untuk mendesain perumahan dengan konsep yang lebih modern.

Inilah yang kemudian mendasari munculnya konsep-konsep perumahan modern yang saling terkoneksi antar infrastruktur satu sama lain sehingga membuat bisnis properti tampak semakin seksi ketika pembangunan infrastruktur semakin giat dikerjakan oleh pemerintah.

Contoh-contoh pengusaha bisnis properti sampingan.

Kata “sampingan” disini bukan berarti bisnis properti yang hanya dikerjakan jika senggang saja. Namun lebih dari sekedar bisnis sampingan, yaitu bisnis tersembunyi. Kok bisa? Nah artikel ini akan mengulas lebih mendalam kenapa bisnis properti bisa disebut dengan bisnis tersembunyi.

Anda kenal dan tahu merek besar “McDonalds” yang didirikan oleh dua orang amerika? Yang kemudian dibeli oleh Ray Kroc sebagai pengendali bisnis selanjutnya, di tangan Ray Kroc ini kemudian McDonalds mampu mengembangkan jaringan waralabanya ke seluruh amerika.

Tapi, tahukah anda bahwa bisnis tersembunyi Ray Kroc bukanlah waralaba makanan cepat saji tersebut, memang McDonalds adalah bisnis utama, akan tetapi bisnis sampingan Ray Kroc yang bisa kita sebut sebagai bisnis tersembunyi adalah bisnis properti.
Kenapa bisa begitu? Ini adalah ide bisnis Ray Kroc yang jarang orang ketahui, kebanyakan orang hanya fokus pada pengembangan waralaba makanan cepat sajinya, tetapi kajian-kajian bisnis modern telah mendeteksi bahwa sejatinya McDonalds memiliki bisnis properti sebagai penopang bisnis utamanya.

Kenapa bisa begitu? Apa faktor utama yang paling penting ketika mendirikan rumah makan cepat saji agar bisnis tidak mudah digoyang? Bukan modal makanan ternyata, tetapi lahan alias tanah atau rumah yang akan menjadi tempat operasional rumah makan cepat saji tersebut.

Jadi, salah satu cara terbaik Ray Kroc untuk membuka sebuah rumah makan adalah mencari partner bisnis yang mau memodali pembelian lahan, rumah dan harga lisensi pendirian McDonalds di sebuah tempat. Atau dengan strategi lain, Ray Kroc akan membeli sebuah lahan atau rumah yang menjadi incaran untuk pembukaan cabang, lalu kemudian menawarkan pengusaha setempat berinvest membuka waralaba McDonalds.

Sehingga bisa ditebak jalan cerita selanjutnya, bahwa pengusaha yang membeli lisensi waralabanya akan mendapat keuntungan setiap bulannya, sementara Ray Kroc akan memperoleh royalti dari pembelian lisensi tetapi tetap menguasai lahan dan rumah yang disewakan untuk pembukaan rumah makan tersebut. Benar benar cerdas kan?

Nah itu adalah salah satu contoh bisnis properti tersembunyi jaringan rumah makan cepat saji yang jarang orang ketahui.

Baca Juga  Yang Perlu Diperhatikan Ketika Sewa kantor Surabaya

Apakah Bisnis Properti membutuhkan modal yang besar?

Ini biasanya adalah pertanyaan mendasar yang sering ditanyakan pemula ketika akan memulai bisnis properti. Pertanyaan wajar karena jika melihat usaha bisnis properti hari ini maka kita akan pesimis untuk melangkah. Kebanyakan bisnis properti membutuhkan modal besar dan bahkan mendirikan sebuah perusahaan dengan omset ratusan juta hingga milyaran.

Akan tetapi jika berkacara dari dua contoh di atas, pebisnis properti murni seperti Ir Ciputra dan pengusaha properti sampingan seperti Ray Kroc ternyata mengawali bisnis propertinya dengan modal yang tidak besar alias kecil. Bahkan jika anda membaca biografis Ray Kroc diawali dari jualan mesin susu yang jarang sekali laku.

Jadi bisa disimpulkan bahwa memulai bisnis properti tidaklah harus dengan modal yang besar. Diperlukan strategi khusus dan juga jaringan khusus agar anda bisa memulai bisnis properti dengan modal kecil atau menengah. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk memulai langkah bisnis properti melalui tahapan berikut ini:

1. Jika anda mempunyai uang yang cukup dalam kisaran 10 juta hingga 50 juta, maka anda bisa mendirikan usaha properti melalui badan usaha commanditer venonstchap sebagai perantara penjualan rumah dan tanah. Untuk fase awal ini belum bisa menjadi kontraktor properti.

2. Sementara jika anda mempunyai modal di bawah 10 juta, maka satu satunya cara memulai adalah dengan menjadi sales properti alias agen properti. Bahkan bisa diawali dengan modal 1 juta saja. Apa saja pekerjaan agen properti ini? Biasanya adalah menjualkan atau menjadi perantara orang yang akan menjual / membeli tanah, lalu kita kemudian membantu menjualkan atau membelikan.

3. Menjadi pengusaha bisnis properti tanpa modal juga bisa, yang diperlukan hanyalah keberanian dan mental. Tahu iklan jual beli rumah di koran? Jika anda konsisten, anda bisa list satu per satu rumah yang dijual, lalu hubungi pemiliknya dan tawarkan bantuan anda untuk menjualkannya ke pihak pihak lain. Biasanya pemilik rumah akan bersedia dan bisa memberikan bonus kepada anda.

Bagaimana Memulai Bisnis Properti dengan modal kecil?

Bagian ini akan menjawab secara lebih mendalam dari poin nomor dua hingga nomor tiga, yaitu memulai bisnis properti dari modal nol ataupun modal di bawah 10 juta. Modal selanjutnya adalah anda harus memiliki mental dan daya juang yang tinggi, berikut langkah-langkahnya:

1. Cobalah untuk sering-sering mencari iklan rumah atau lahan yang dijual, anda buat list nya kemudian telepon pemiliknya. Bisa juga anda mengunjungi rumah tersebut, survei, berbincang dengan pemilik dan kemudian tawarkan jasa anda menjualkan dan minta bonus jika terjual. Ini adalah langkah jitu dan banyak dikerjakan oleh orang orang properti saat ini pada tahapan bisnis paling mendasar.

2. Bukalah biro perantara jual beli rumah, dengan hanya modal 5 juta saja anda bisa mendirikan biro perantara jual beli rumah dengan membentuk badan usaha CV bersama rekan anda. Tugasnya ngapain aja? Pertama, memfasilitasi mereka yang akan menjual rumah, anda tinggal tentukan komisi yang disepakati. Kemudian kedua, carilah orang yang butuh rumah, mereka pastinya akan terbantu dengan jasa anda.

3. Bekerjasamalah dengan jaringan notaris atau ppat alias pejabat pembuat akta tanah. Ini akan memudahkan biro perantara jual beli rumah anda untuk membantu klien dalam menjual dan membeli rumah atau tanah secara legal dan bisa menambah kepercayaan klien terhadap biro anda.

4. Jika dirasa modal sudah mencukupi, maka anda bisa tingkatkan CV badan usaha anda menjadi PT alias perseoran terbatas, lanjutkan biro perantara jual beli, dan anda bisa membuka diri menjadi kontraktor perumahan dengan membeli lahan, mencari investor, mencari pembeli rumah dan kemudian membangun rumah.

Seluk Beluk Hubungan Bisnis Properti dengan Perbankan

Pada bagian ini adalah strategi mengembangkan bisnis properti dari usaha kecil, menengah dan kemudian mmebesar. Karena biasanya perusahaan properti akan melibatkan perbankan untuk memberikan pendanaan ketika akan memulai sebuah proyek pembangunan perumahan, pembelian rumah dalam jumlah yang banyak dan juga pembebasan lahan untuk pembangunan calon perumahan, berikut penjelasan ikatan erat bisnis properti dengan dunia perbankan:

1. Saat perusahaan anda sudah membesar dan mampu membeli lahan untuk membangun perumahan, biasanya anda membutuhkan dana segar untuk membangun rumahnya. Ada dua cara yang bisa dipakai, yang pertama adalah menerbitkan saham baru bagi investor yang akan mendanai perusahaan anda, sementara cara kedua adalah mengajukan kredit kepada perbankan.

2. Cara kedua ini banyak ditempuh karena perusahaan biasanya memiliki aset sebagai jaminan yaitu sertifikat tanah itu sendiri. Biasanya bank akan mengucurkan modal dari 500 juta hingga 1 miliar yang bisa menjadi modal tambahan bagi anda membangun kompleks perumahan atau membeli rumah kemudian dipermak dan dijual lagi.

3. Permodalan dari bank juga bisa menggunakan skema perumahan subdisi dari pemerintah, biasanya perusahaan properti yang telah terdaftar di pemerintah akan bekerjasama dengan bank untuk menalangi kredit perumahan rakyat yang diminati banyak masyarakat Indonesia.

Baca Juga  7 Ide Desain Meeting Room Surabaya Yang Menyegarkan Pikiran

Cara Bisnis Properti Rumah dan juga Virtual Office.

Nah, ini adalah strategi lain ekspansi bisnis properti yang sama persis dijalankan oleh Ray Kroc. Anda bisa fokus kepada bisnis properti sebagai bisnis murni atau bisnis properti sebagai bisnis sampingan tersembunyi. Berbisnis virtual office bisa melalui dua skema tersebut dengan penjelasan sebagai berikut:

1. Virtual office adalah kantor kerja bersama yang biasanya berbentuk rumah atau kafe dan dapat dijadikan tempat tongkrongan para pengusaha, pebisnis dan generasi millenial untuk bekerja. Dengan membeli sebuah rumah atau lahan kemudian dibangun sebagai virtual office, maka anda termasuk pengusaha bisnis properti tersembunyi.

2. Membangun properti untuk virtual office sendiri mempunyai resiko yang rendah. Anda hanya membangun sebuah rumah atau lahan untuk dijadikan virtual office atau coworking space, mempromosikan kepada kalangan dunia usaha. Kemudian mereka akan menyewa virtual office dalam jangka waktu tertentu dan biasanya juga berkelanjutan.

3. Selanjutnya anda tinggal menunggu pundi pundi uang sewa mengalir setiap bulannya ke dalam perusahaan anda. Skema bisnis properti dari virtual office ini mirip sekali dengan skema bisnis properti dari kost-kostan eklusif. Anda tinggal bangun rumah atau kost, dipercantik dan akan datang penyewa yang bisa menjadi passive income untuk anda.

Kenapa Bisnis Properti Virtual Office?

bisnis properti

Nah, kenapa pertanyaan utamanya harus berbisnis properti virtual office, apakah laku untuk bisnis masa depan? Anda sebagai calon pengusaha properti harus mempunyai insting membaca prediksi bisnis ekonomi masa depan. Salah satu beban utama sebuah perusahaan pemula biasanya adalah harga sewa kantor konvensional yang terlalu mahal.

Perusahaan rintisan awal tidak mungkin sewa kantor dengan megah dan mewah yang bisa menghabiskan modal mereka, biasaya mereka akan mencari virtual office sebagai sewa kantor alternatif untuk mendukung operasional bisnis mereka.

Nah, potensi sewa virtual office ini akan membesar mengingat pertumbuhan jumlah usaha, pengusaha muda dan milenial saat ini terus membesar, terutama dari kalangan bisnis start up dan digital marketing.

Anda tentu tahu dong karakter generasi milenial, biasanya mereka akan sehemat mungkin, tidak akan menyewa sebuah kantor yang bertarif mahal, dan membutuhkan kantor yang lebih fleksibel yaitu berbentuk virtual office.

Berapa Modal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis properti virtual office?

Modal mendirikan virtual office tergantung dengan profil perusahaan anda, jika anda mempunyai perusahaan berbentuk CV dengan modal menengah, maka cara paling efektif adalah anda membeli sebuah lahan atau rumah kemudian dikembangkan menjadi virtual office.

Sementara jika profil perusahaan anda mempunyai modal bisnis yang besar, anda bisa membangun desain usaha gabungan antara perumahan, rumah, virtual office, sarana publik hingga pusat inkubasi bisnis.

Strategi Mengembangkan Virtual Office dalam Bisnis Properti.

Jika anda sudah mantap menjadikan virtual office sebagai lahan bisnis properti anda, maka anda bisa tiru strategi pengusaha senior di bidang properti yang menjadikan bisnis propertinya tidak melulu soal rumah, lahan dan permukiman. Mereka biasanya akan menggabungkan menjadi lintas bisnis yang saling mendukung satu sama lain, misalnya begini:

1. Bisnis virtual office akan membesar jika dibangun dekat dengan publik facility seperti stasiun, perumahan dan juga kawasan central distric business. Anda bisa saja membangun sebuah perumahan dengan target konsumen pengusaha muda dan kemudian dibangun kantor virtual office untuk usaha usaha muda tersebut.

2. Bisnis virtual office juga akan membesar ketika dibangun berdekatan dengan kawasan lingkungan kampus, karena biasanya ada inkubasi bisnis di pusat kewirausahaan kampus. Anda bisa juga bangun kantor virtual office satu paket dengan ruko-ruko bisnis sebagai daya magnet tumbuhnya kawasan bisnis baru. Ide cerdas kan? Pastinya para mahasiswa pemilik bisnis akan memilih sewa virtual office, sementara pengusaha besar akan sewa ruko anda. Jadi satu paket deh.

Leave a comment