Pentingnya Belajar Android Studio Lengkap dengan Tutorialnya

Belajar Android Studio – Sekarang smartphone sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi Anda. Terdapat 2 jenis smartphone yang banyak digunakan di masyarakat yaitu Android dan Iphone. Android dikembangkan oleh Google dan berbasis Linux. Android mempunyai Operating System (OS) yang open source.
Anda bisa mendownload source code Android dan digunakan untuk hardware Anda sendiri. Perusahaan smartphone seperti Xiaomi, Samsung, Huawei, dan LG menggunakan kode dasar Android serta menambahkan fitur dan software sendiri dalam memproduksi smartphone.

Android merupakan sistem operasi yang rata-rata banyak digunakan di dunia. Hal ini terjadi karena android mampu membuat para pengembang mempunyai kesempatan untuk mengembangkan aplikasi dengan open source mereka khusus sistem operasi ini.

Apa Itu Android Studio ?

Tahukah apa itu Android Studio? Sebelum belajar Android Studio, mari kita simak apa itu Android Studio terlebih dulu. Android Studio Adalah Lingkungan Pengembang Terpadu (Integrated Development Environment/IDE) yang resmi untuk pengembangan aplikasi Android, berdasarkan IntelliJ IDEA.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Android menjadi platform yang begitu cepat dalam melakukan inovasi. Hal ini terjadi karena tidak lepasnya pengembangan utama oleh Google. Google yang mengakuisisi Android lalu membuat sebuah platform.
Platform android terdiri dari Sistem Operasi berbabsis Linux, sebuah web browser, sebuah Graphic User Interface (GUI), dan aplikasi Studio End-User yang bisa di download dan para pengembang. Mereka juga bisa berkarya dengan leluasa serta menciptakan aplikasi yang baik dan terbuka untuk digunakan oleh berbagai perangkat.

Beberapa fitur Android Studio adalah sebagai berikut:

• Sistem pembangun berbasis Gradle yang fleksibel.
• Emulator yang cepat dan banyak fitur.
• Lingkungan tempat Anda dapat mengembangkan aplikasi untuk berbagai perangkat android.
• Melakukan perubahan untuk melakukan dorongan pada perubahan kode dan sumber ke aplikasi yang sedang berjalan tanpa memulai aplikasi ulang.
• Kerangka dan fitur pengujian yang lengkap.
• Fitur lint untuk merekam performa, kegunaan, kompatibilitas versi, dan masalah lainnya.
• Dukungan C++ dan NDK.
• Dukungan bawaan untuk Google Cloud Platform, yang memudahkan Anda untuk berintegrasi dengan Google Cloud Messaging dan App Engine.

Android Studio menampilkan file proyek dalam tampilan proyek Android. Tampilan ini disusun oleh modul untuk menyediakan akses cepat ke file sumber utama proyek Anda. Semua file build terlihat di tingkat atas di bawah Gradle Scripts dan setiap modul aplikasi berisi folder seperti berikut :

Baca Juga  Fitur dan Keunggulan Photoshop Portable CS4

• Bermanifestasi, yang berisi file AndroidManifest.xml
• Java, yag berisi file kode sumber Java, termasuk kode uji JUnit
• Res, yang berisi semua sumber daya non-kode, seperti tata letak XML, string UI, dan gambar bitmap.

Android Studio pertama kali diumumkan di Google I/O Conference pada tahun 2013, kemudian dirilis ke publik pada tahun 2014. Sebelum terdapat Android Studio, aplikasi pada Android dikembangkan dengan Eclipse IDE yaitu IDE Java.

Setelah munculnya Android Studio yang open source memudahkan Anda yang ingin membuat aplikasi dengan Android Studio. Android menyediakan interface untuk Anda membuat aplikasi dan mengelola manajemen file aplikasi data.

Bahasa pemprograman yang digunakan adalah Java. Di Android Studio, Anda hanya menulis, mengedit, menyimpan, dan testing project dengan file lain yang ada di dalam project tersebut. Keunggulan menggunakan Android Studio memberikan Anda akses ke Android Software Development (SDK).

SDK merupakan sebuah ekstensi dari kode Java yang mengizinkannya berjalan mulus pada perangkan Android. Java yang dibutuhkan untuk menulis program dan Android SDK diperlukan untuk menjalankan programnya di Android.

Untuk menggabungkan kedua hal ini Anda memerlukan Android Studio. Sehingga jika Anda menemukan bug pada aplikasi, maka Anda bisa mengetahui bug tersebut dengan menggunakan Android Studio untuk memperbaikinya.

Pentingnya Belajar Android Studio

Anda yang menyukai teknologi tentu ingin membuat aplikasi yang bisa bermanfaat dan mendapatkan uang dari aplikasi Anda. Sebelum membuat aplikasi dengan menggunakan Android Studio, Anda harus mengetahui bagaimana cara menggunakannya terlebih dahulu.

Yang perlu Anda ketahui terutama bagian lembar kerja yang akan Anda gunakan untuk menyusun, merancang, dan melakukan testing pada aplikasi yang dibuat. Berikut ini beberapa alasan mengapa belajar Android Studio itu penting :

1. Mampu membantu Anda untuk mempercepat pembuatan aplikasi yang Anda inginkan.
2. Ini merupakan tools yang mudah digunakan dan dipahami bahkan oleh orang awam sekalipun.
3. Dalam satu tools Anda dapat berbagai manfaat mulai dari pembuatan aplikasi hingga testing aplikasi.
4. Anda dapat menghemat waktu kerja untuk dapat lebih produktif.
5. Anda bisa memperdalam ilmu koding dengan baik karena Android Studio memberikan beberapa referensi ketika Anda mengetik sintaks. Hal ini tentunya akan mencari tahu apa saja kegunaan dari sintaks yang terdapat.
6. Sarana pembelajaran koding dan pembuatan aplikasi yang baik dan praktis.

Dengan mengetahui fungsi Android Studio dan pentingnya belajar Android Studio, bagaimana cara menggunakannya, maka memudahkan Anda untuk membuat aplikasi berbasis Android. Jika Anda ingin belajar Android Studio tetapi belum tahu bagaimana caranya, ikuti tutorial Android Studio di bawah ini.

Baca Juga  Ini Dia 6 Aplikasi Pelacak HP Terampuh dan Terpopuler

Inilah Tutorial Android Studio yang Bisa Anda Pelajari

Sebelum Anda meng-install Android Studio, Anda harus meng-install Java Development Kit terlebih dahulu. Caranya dengan membuka installer Java Development Kit yang sudah diunduh sebelumnya, lalu mengikuti langkah yang diberikan. Setelah itu, Anda bisa menginstall Android Studio dengan mengikuti langkah berikut ini :

• Membuka Installer Android Studio yang sudah diunduh, lalu pilih ‘Next’.
• Lalu muncul window baru yang memberikan beberapa komponen pilihan yang ingin diinstall beserta versi Androidnya, lalu pilih ‘Next’.
• Anda akan melihat License Agreement, lalu pilih ‘I Agree’.
• Anda akan melihat pilihan lokasi penyimpanan file, tetapi Anda tidak perlu mengubah directory yang sudah dipilih. Anda bisa klik default dan file Anda akan disimpan ke directory yang sudah disediakan. Lalu pilih ‘Next’ dan di layar selanjutnya klik ‘Install’.
• Setelah proses instalasinya selesai klik ‘Next’. Jika sudah, Anda bisa melihat windows “Completing Android Studio Setup”. Anda tidak perlu mengubah pilihan Start Android Studio dan langsung memilih ‘Finish’.
• Setelah itu, Anda akan melihat jendela baru dengan 2 pilihan. Centang pilihan kedua jika Anda belum pernah menginstall IDE Android Studio sebelumnya dan pilih ‘OK’.
• Lalu Anda akan melihat layar WELCOME dari Android Studio dan klik ‘Next’.
• Pilih ‘Standard’ dan klik ‘Next’.
• Lalu Anda akan melihat jendela SDK Component Setup. Kemudian Anda pilih komponen yang ingin Anda install dan klik ‘Next’. Pada layar selanjutnya klik ‘Finish’.
• Lalu Anda akan melihat layar Downloading Component.
• Setelah unduhan Anda selesai, proses instalasi Android Studio telah selesai. Anda tinggal klik ‘Finish’. Lalu Anda akan melihat kembali window Welcome to Android Studio.

Dalam proses pengembangannya, Android Studio banyak mengalami perubahan setelah diakuisisi oleh Google. Dengan Android Studio, Anda bisa dengan mudah membuat, mengedit, dan testing aplikasi hanya dengan satu tools pada Android Studio saja.

Android Studio mempunyai Operating System (OS) yang open source, sehingga memudahkan Anda dalam mengembangkan aplikasi dengan Android Studio. Android yang bisa mendukung dengan banyak versi mulai dari Oreo, Jelly Bean, dan Kitkat memudahkan Anda dalam membuat aplikasi.

Tidak hanya itu, Anda bisa membuat aplikasi dengan drag and drop pada laman kerja Anda karena android mempunyai emulator yang cukup fleksibel. Dengan semua keuntungan yang didapat, Android Studio mampu memudahkan para pembuat aplikasi atau programmer untuk membuat aplikasi dengan cepat dan efektif.

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"