Apa Bedanya AM dan PM dalam Penunjuk Waktu Bahasa Inggris?

Bedanya AM dan PM – Dalam bahasa Indonesia, untuk menunjuk waktu siang dan malam cukup dengan menambahkan kata pagi, sore, siang dan malam. Sebagai contoh pukul 07.00 pagi, pukul 07.00 malam, pukul 03.00 sore, pukul 12.00 siang.

Tanpa ada kata keterangan waktu, maka cukup sulit untuk menerjemahkan jam yang ditunjukkan tersebut menunjukkan waktu kapan. Sehingga untuk memudahkannya penunjukkan waktu menggunakan perputaran 24 jam.

Baca juga ” 11 Makanan Khas Jerman yang Wajib Anda Coba Saat Berkunjung ke Jerman

Anda tidak perlu menambahkan kata keterangan waktu jika menggunakan sistem ini. Sebagai contoh pukul 16.00 maka sudah jelas jam tersebut menunjukkan waktu sore, pukul 23.00 artinya jam 11.00 malam, dan lain sebagainya.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Berbeda dengan bahasa Inggris, am dan pm menjadi cara untuk menunjukkan atau menyebutkan waktu dengan pembagian waktu secara jelas agar lebih mudah memahami penunjukan jam dan waktu.

AM dan PM sendiri awalnya digunakan untuk menyebutkan waktu siang dan malam dengan sistem pembagian waktu 12 jam. Untuk lebih jelasnya, simak yuk bedanya AM dan PM dalam penunjukan waktu bahasa Inggris berikut ini.

Bedanya AM dan PM

Sistem pembagian waktu 12 jam memang tidak digunakan di seluruh negara di dunia dan hanya beberapa negara saja khususnya yang merupakan jajahan bangsa Inggris. AM merupakan singkatan dari ante meridiem dan PM merupakan singkatan dari post meridiem.
Istilah AM (ante meridiem) diambil dari bahasa latin yang artinya sebelum siang atau sebelum tengah hari. Sehingga AM dijadikan patokan mulainya waktu 12 jam tengah malam hingga pukul 11.59 siang atau satu menit sebelum pukul 12 siang.

Baca Juga  Contoh Kalimat Simple Present Tense Positif Negatif Interogatif

Saat sudah menunjukkan pukul 12 siang, maka istilah AM sudah tidak berlaku lagi dan sistem waktu sudah memasuki PM (post meridiem). Sedangkan untuk istilah PM (post meridiem) sama-sama diambil dari bahasa latin yang memiliki arti setelah tengah hari atau setelah siang.
Jadi waktu PM dimulai sejak pukul 12 siang tepat hingga 23.59 atau satu menit sebelum pukul 12 malam. Saat waktu menunjukkat pukul 12 malam, itu artinya sudah memasuki sistem AM (ante meridiem).

Penggunaan AM dan PM

Konsep penggunaan AM (ante meridiem) dan PM (post meridiem) sudah populer sejak ditemukannya jam digital baik dalam bentuk jam dinding, komputer, maupun smartphone.

Untuk lebih mudah memahami bedanya AM dan PM, Anda cukup mengingat bahwa 12 AM adalah tengah malam dan 12 PM adalah tengah hari atau siang. Sehingga jika waktu menunjukkan pukul 01.00 PM maka itu artinya pukul 1 siang. Sebaliknya jika waktu menunjukkan 01.00 AM itu artinya pukul 1 dini hari atau malam.

Bagi sebagian orang mungkin akan cukup membingungkan jika harus menggunakan istilah AM dan PM sedangkan penunjukan waktu dalam bahasa Indonesia sendiri menggunakan sistem waktu 24 jam.

Untuk memudahkan mempelajari dan mengingatnya, berikut ini perbedaan sistem waktu AM dan PM dengan sistem 24 jam di Indonesia:

Pukul 00.45 dini hari bisa ditulis menjadi 12.45 AM
Pukul 07.00 pagi hari bisa ditulis menjadi 07.00 AM
Pukul 16.00 sore hari bisa ditulis menjadi 04.00 PM
Pukul 20.00 malam hari bisa ditulis menjadi 08.00 PM

Waktu tersebut hanya sebagai contoh, Anda bisa mencoba menuliskan dan mencoba menunjukkan waktu lainnya yang ditulis dalam bahasa Indonesia kemudian diterjemahkan dalam sistem AM dan PM bahasa Inggris.

Bedanya AM dan PM

Contoh Kalimat dengan Penggunaan Penunjukan Waktu AM dan PM

Tak jarang banyak yang masih bingung bedanya AM dan PM untuk menunjukkan waktu dalam pembelajaran bahasa Inggris. Berikut ini contoh kalimat yang menggunakan penunjukan waktu AM dan PM agar lebih mudah dipahami, di antaranya:

Baca Juga  Langkah-Langkah Presentasi Bahasa Inggris dan Contohnya

All of the students in class 7 have to submit the task before 07.00 am
(Semua murid di kelas 7 harus mengumpulkan tugas sebelum pukul 07.00 pagi hari)

We will start to practice golf at 03.00 pm in the golf course.
(Kami akan memulai latihan golf pada pukul 03.00 sore hari di lapangan golf).

The schedule of math test will be started at 10 am, let’s start study now!
(Jadwal tes matematika akan dimulai pada pukul 10 pagi, mari kita mulai belajar dari sekarang!)

I start to wake up at 04.00 am then praying in the prayer room.
(Saya mulai bangun pada pukul 04.00 dini hari kemudian berdoa di mushola).

Will you go to the market at 09.00 am? I would like to buy some fruits, could you please buy it for me also?)
(Apakah kamu akan pergi ke pasar pukul 09.00 pagi? Saya mau membeli beberapa buah-buahan, apakah kamu bisa membelikannya untukku juga?)

The concert will be started at 07.00 pm. We have to go now, otherwise we will be late.
(Konsernya akan mulai pada pukul 07.00 malam. Kita harus pergi sekarang, jika tidak kita akan terlambat).

My mother should pick up me at 02.00 pm. But until now she still not arrived yet.
(Ibuku seharusnya menjemputku sejak pukul 02.00 siang. Tetapi hingga sekarang dia belum juga datang).

Semakin sering Anda membuat contoh kalimat yang menekankan bedanya AM dan PM maka tidak sulit lagi bagi Anda untuk memahami perbedaannya. Kata kunci untuk mengingatnya adalah AM untuk menunjukkan waktu setelah malam hari sedangkan PM untuk menunjukkan waktu setelah siang hari. Coba praktekkan dan buat perbandingan dengan penunjukkan waktu dalam bahasa Indonesia yang menggunakan sistem 24 jam.

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"