Beasiswa S2 di Jerman dan Langkah-langkah Mendapatkannya

Beasiswa S2 di Jerman – Mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan keluar negeri pastinya menjadi suatu hal yang sangat membanggakan. Karena ini bisa menjadi pintu ke masa depan cerah yang menanti, sebab tak semua orang bisa beruntung mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Apalagi jika mendapatkan beasiswa S2 luar negeri Jerman.

Siapa sih yang gak mau kuliah di Jerman? Negara yang terkenal akan teknologi nya yang maju ini sudah menghapus biaya kuliah untuk program gelar sarjana di semua universitas negeri di Jerman pada tahun 2014, Berarti saat ini kalian bisa kuliah tanpa biaya di Jerman, baik untuk mahasiswa program sarjana dari dalam maupun luar negeri di universitas-universitas negeri di Jerman.

Beasiswa S2 di Jerman teknik juga bisa kamu dapatkan, karena Jerman menjadi salah satu negara dengan pendidikan teknik terbaik. Belajar di Jerman akan memberikan kamu banyak wawasan baru yang mungkin tidak bisa kamu dapatkan di universitas asalmu saat S1 dulu.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan beasiswa S2 di negara yang terkenal akan keindahan alam dan kualitas pendidikannya ini, tentu saja ada banyak persiapan harus yang dilakukan. Waktu dan usaha harus dikorbankan demi meraih cita-cita meraih beasiswa S2 di luar negeri Jerman.

Untuk mendapatkan beasiswa tersebut, kalian harus mengetahui langkah-langkah untuk mendapatkan beasiswa tersebut, beserta persyaratannya agar kalian bisa lolos mendapatkan beasiswa S2 di Jerman.

Baca Juga : Kursus SSAT Surabaua

Daftar Beasiswa S2 di Jerman

Sebelum memutuskan untuk berkuliah dan mengambil beasiswa S2 di Jerman, pastikan kalian sudah tau beberapa beasiswa di bawah ini:

1. Erasmus + (Erasmus Mundus)

Yang pertama ada program beasiswa Erasmus+. Eramus+ adalah program beasiswa yang didanai oleh European Comission untuk mensubsidi biaya program pendidikan, pelatihan, pemuda dan olahraga. Beasiswa ini disediakan oleh pemerintah Indonesia untuk WNI yang ingin menempuh pendidikan S2 dan S3. Seingkali pelajar Indonesia menggunakan beasiswa ini untuk melanjutkan studi ke Jerman.

Beasiswa ini diberikan kepada kurang lebih 160 negara di dunia, yang berada di luar kawasan Uni Eropa untuk kuliah di negara-negara Uni Eropa seperti Jerman. Beasiswa ini secara keseluruhan mencakup biaya kuliah, tunjangan bulanan, biaya perjalanan, biaya akomodasi dan lainnya.

Gambaran besaran nilai beasiswa untuk beberapa program yang tercakup dalam Erasmus+ diantaranya:
• 24.000 euro per orang untuk program EMJMD dengan masa 1 tahun dan 48.000 euro per peserta untuk program EMJMD 2 tahun.
• 60.000 euro hingga 130.000 euro per orang untuk program EMJD (3 tahun)
• 4.800 euro per orang untuk program mengajar atau penelitian selama maksimal 3 bulan.

Baca Juga  Contoh Kosakata Bahasa Jerman Lengkap Dengan Artinya

Bisa dilihat jika beasiswa ini menanggung biaya hidup dan biaya kuliah untuk penerima beasiswa, jadi sangatlah menguntungkan bagi kita. Namun sebelumnya, kamu harus mengikuti training kepemimpinan dan pembekalan terlebih dahulu.

2. DAAD Scholarships

Selanjutnya ada beasiswa S2 di Jerman yang disediakan oleh Deutscher Akademischer Austauschdienst Academic Exchange Service (DAAD) yaitu DAAD Scholarship. Program beasiswa ini memiliki berbagai program yang dapat anda pilih. Beberapa diantaranya yaitu:

• Development-Related Postgraduate Courses (EPOS)
• Helmut-Schmidt-Programme: Master’s Scholarship for Public Policy and Good Governance (PPGG)
• Sustainable Water Management: Study Scholarship and Research Grants for Foreigner
• Doctoral Degree dan Post Doc Scholarship Programs

3. LPDP

Berikutnya ada beasiswa LPDP, beasiswa yang satu ini disediakan oleh pemerintah Indonesia untuk WNI yang ingin menempuh pendidikan S2 dan S3 di dalam dan luar negeri. Jadi cocok sekali jika kamu ingin melanjutkan studi di luar negeri terutama S2 dan S2.

Peminat untuk beasiswa ini terbilang sangat besar dan meningkat setiap tahunnya. Oleh karena itu, persaingan untuk mendapatkan beasiswa LPDP juga sangat ketat dan tidak mudah mendapatkannya. Walaupun begitu, tidak ada batasa kuota kok untuk beasiswa ini, jadi jangan khawatir jika kehabisan kuota ya, langsung daftar saja kalau kamu tertarik.

Beasiswa ini juga memprioritaskan hampir semua bidang studi. Sehinnga kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini sangat terbuka untuk siapapun dan bidang studi apapun yang kamu ingin tekuni.

4. KAAD Scholarship

Selanjutnya ada beasiswa dari KAAD yang merupakan sebuah institusi berbasis agama Katholik. KAAD menawarkan beasiswa bagi mahasiswa dari negara berkembang yang ada di seluruh dunia, termasuk indonesia, yang berminat untuk melanjutkan ke jenjang S2 atau S3, maupun bagi mereka yang sedang melakukan proyek penelitian post-doktoral.

Beasiswa S2 di Jerman

Langkah-Langkah Mendapatkan Beasiswa S2 di Jerman

Secara umum, yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan beasiswa S2 luar negeri Jerman adalah persyaratan administrasi. Cara mendapatkan beasiswa S2 di Jerman yang bisa kamu lakukan yaitu:

Baca Juga  Studienkolleg Indonesia: Persyaratan dan Langkah-Langkah Pendaftaran

• Cari informasi mengenai beasiswa.
• Kursus bahasa Jerman hingga level A2 atau B1
• Ambil ujian TOEFL atau IELTS resmi yang untuk memenuhi persyaratan beasiswa.
• Ambil testDaf untuk bahasa Jerman.
• Terjemahkan dan legalisir ijazah serta transkip ke bahasa Inggris atau bahasa Jerman.
• Kirim semua berkas ke universitas atau ke pihak pemberi beasiswa.
Adapun beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi untuk kuliah di Jerman, diantaranya sebagai berikut.

1. Visa dan Residence Permit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, visa pelajar wajib dibutuhkan bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di luar negeri. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa internasional, kamu membutuhkan visa pelajar untuk datang ke Jerman. Kamu bisa datang ke kedutaan Jerman yang berada di Jakarta untuk mengetahui informasi lengkap persyaratannya atau langsung kunjungi website resminya.

2. Bukti Sumber Keuangan

Bukt sumber keuangan sangatlah penting jika kamu ingin mendapatkan beasiswa S2 luar negeri Jerman. Terlebih lagi jika kamu benar-benar memiliki kesulitan dalam membiayai uang kuliah di luar negeri dan biaya hidup disana.

Ini akan membuktikan bahwa kamu memiliki uang yang cukup untuk membiayai hidup kamu di Jerman. Umumnya, calon mahasiswa yang akan kuliah di Jerman harus membuktikan bahwa mereka memiliki uang sebanyak 8,000 euro di rekening bank untuk 1 tahun.

3. Kemampuan bahasa Jerman

Mempelajari bahasa Jerman memanglah wajib, apalagi untuk kalian yang ingin melanjutkan kuliah di Jerman. Karena jika kalian tidak lancar berbahasa Jerman, akan ada banyak kendala yang kalian rasakan, seperti sulit mengikuti pelajaran dan susah berkomunikasi dengan orang lain.

Namun jika kamu yang kuliah di program gelar internasional, mungkin tidak terlalu penting untuk mempelajari bahasa Jerman, karena dominan bahasa Inggris digunakan pada proses belajar program ini.

Meski begitu, banyak program yang memerlukan pengetahuan dasar bahasa Jerman sebagai persyaratan masuk di universitas di Jerman. Maka persiapkanlah kemampuan kamu berbahasa Jerman agar lulus mendapatkan beasiswa S2 di Jerman.

Nah itulah beberapa langkah-langkah mendapatkan beasiswa S2 luar negeri Jerman yang harus kamu dan persyaratan agar mendapatkan beasiswa S2 di Jerman. Sebelum berkuliah ke Jerman carilah informasi sedetail-detailnya agar kamu dapat mempersiapkan semuanya dengan baik.

Leave a comment