Mau Kuliah Gratis? Siapkan Syarat Beasiswa S2 Luar Negeri Ini

Mengenyam pendidikan kuliah gratis ke luar negeri tentu menjadi impian banyak pelajar di Indonesia. Terlebih lagi kualitas pendidikan yang dinilai lebih baik dan pengalaman berharga selama di luar negeri menjadi alasan mengapa banyak pelajar bercita-cita ingin kuliah gratis ke luar negeri.

Untuk bisa kuliah gratis ke negara lain memang membutuhkan biaya yang mahal karena selain harus membayar biaya pendidikan, Anda juga harus menyiapkan dana untuk biaya transportasi, akomodasi, dan biaya hidup selama di sana.

Namun, jika Anda bisa mendapatkan pendidikan gratis atau beasiswa untuk kuliah gratis di luar negeri, maka Anda tak perlu khawatir masalah biaya kuliah gratis tersebut. Dengan mendapatkan beasiswa kuliah gratis di luar negeri, tentu akan sangat meringankan biaya yang harus Anda keluarkan.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Ada banyak kesempatan untuk mendapatkan beasiswa selama Anda berusaha dan memiliki prestasi. Siapkan syarat beasiswa S2 luar negeri sesuai dengan apa yang diminta oleh pihak kampus impian Anda.

Syarat Syarat Beasiswa S2 Luar Negeri yang Perlu Dipersiapkan

Beasiswa S2 di luar negeri merupakan salah satu program beasiswa yang banyak diminati dan paling banyak ditawarkan oleh para lembaga penyedia beasiswa baik lembaga pemerintah maupun swasta.
Jika Anda ingin berkesempatan mendapatkan beasiswa ini, maka ada beberapa syarat beasiswa S2 luar negeri yang harus dipenuhi seperti berikut ini:

1. Nilai IELTS/TOEFL yang bagus dan memenuhi standar

Sertifikat TOEFL (Test of English as Foreign Language) dan IELTS (International Language Testing System) dengan nilai yang bagus merupakan salah satu syarat yang hampir seluruh program beasiswa wajibkan. Tes ini dilakukan untuk menguji kemampuan bahasa Inggris para calon penerima beasiswa.

Banner-Kursus-IELTS

Banner-Kursus-IELTS

Tak bisa dipungkiri bahwa bahaa Inggris merupakan bahasa internasional pertama yang banyak digunakan sebagai bahasa komunikasi di banyak negara. Sehingga kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar sangatlah penting untuk menunjang proses pembelajaran selama di sana.

Baca Juga  Ikuti Panduan Bahasa Inggris Ini untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris

Selain untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari baik dengan teman, dosen, maupun penduduk sekitar, bahasa pengantar dan materi pembelajaran untuk kuliah gratis pun harus menggunakan bahasa Inggris.
Untuk mendapatkan nilai bagus yang memenuhi standar minimal skor yang diwajibkan masing-masing universitas, Anda bisa mengikuti kursus untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Biasanya, standar minimal skor untuk TOEFL adalah 550 dan IELTS adalah 6.0.

2. Pengalaman Kerja

Selain untuk mengejar gelar master setelah lulus pendidikan S1, beberapa program beasiswa S2 di luar negeri juga ditujukan untuk program peningkatan kualitas karyawan maupun dukungan terhadap suatu penelitian. Sehingga beberapa program beasiswa S2 mengharuskan syarat harus memiliki pengalaman kerja di bidang tertentu selama beberapa tahun.

Pengalaman kerja yang Anda miliki akan sangat membantu Anda dan memudahkan proses mendapatkan beasiswa S2 di luar negeri. Dengan pengalaman yang cukup mumpuni di bidang yang Anda tekuni, yakinkan interviewer bahwa Anda sangat layak mendapatkan beasiswa tersebut pada saat wawancara.

3. Pengalaman organisasi

Pengalaman mengikuti berbagai organisasi selama masa sekolah baik sebelum maupun saat kuliah gratis akan sangat bermanfaat dan bisa menjadi bagian dari portofolio saat Anda mengajukan beasiswa kuliah S2 di luar negeri. Perbanyak pengalaman organisasi sesuai dengan minat dan bakat Anda, agar semakin kaya pengalaman dan ilmu yang Anda dapatkan.

Selain sebagai modal untuk meyakinkan interviewer, bekal pengalaman organisasi juga akan sangat berguna saat nanti berorganisasi di luar negeri. Pengalaman organisasi juga akan menjadi nilai tambah yang bisa menjadi bahan pertimbangan pihak penyeleksi.

4. Karya dan prestasi

Bagi Anda pelajar yang berprestasi dan banyak karya maka jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa S2 di luar negeri. Deretan prestasi yang pernah Anda dapatkan dan karya-karya yang pernah Anda hasilkan bisa menjadi nilai tambah.

Universitas yang berkualitas akan mencari para pemburu beasiswa yang berkualitas pula yang dilihat dari prestasi dan karya yang dihasilkan baik berupa buku, jurnal penelitian, maupun hasil dari suatu kompetisi.

5. Buat Rencana penelitian

Beasiswa yang diberikan oleh pihak penyedia program tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk membantu Anda mengembangkan rencana penelitian yang telah dibuat. Rencana penelitian juga bisa menjadi portofolio untuk mendapatkan nilai tambah sebagai salah satu syarat beasiswa S2 luar negeri.

Baca Juga  Langkah-Langkah Melakukan Perkenalan dalam Bahasa Inggris

Penelitian yang sungguh-sungguh dan bisa berdampak luas untuk masyarakat dan lingkungan tentu akan menarik pihak kampus maupun penyedia program beasiswa untuk memberikan Anda beasiswa.

Langkah-langkah Mendapatkan Beasiswa S2 di Luar Negeri

Setelah mengetahui dan memenuhi persyaratan umum untuk kuliah di luar negeri, langkah selanjutnya adalah mulai melakukan pendaftaran. Berikut ini step by step untuk melakukan pendaftaran beasiswa S2 luar negeri, di antaranya:

1. Tentukan pilihan universitas dan peminatan

Saat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, tentu Anda sudah memiliki incaran tempat kuliah dan jurusan yang diminati. Hal tersebut menjadi langkah awal Anda untuk menentukan cita-cita dan karir secara personal.

Sebagai contoh jika Anda ingin fokus di bidang kewirausahaan maka ambil program MBA dan pilih universitas yang memiliki kredibilitas tinggi pada jurusan itu. Anda bisa mulai dengan mencari informasi tentang universitas yang akan dipilih, kurikulum, tim pengajar, jaringan alumni, prospek kerja, klaster riset, hingga dosen pembimbing potensial.

Jika Anda ingin melanjutkan program S2, maka informasi yang harus Anda cari adalah program S2 apa saja yang tersedia di universitas yang dipilih atau universitas mana saja yang menyediakan program S2 yang Anda inginkan.

2. Cek persyaratan program

Ada banyak lembaga baik pemerintah maupun swasta yang memberikan kesempatan berupa beasiswa untuk kuliah di luar negeri, salah satunya adalah LPDP. Sebelum melakukan pendaftaran, cari tahu terlebih dahulu informasi mengenai syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa yang Anda inginkan.

Berikut ini contoh syarat beasiswa S2 LPDP luar negeri yang harus dipenuhi, di antaranya:

  • Memenuhi ketentuan batas usia maksimal 35 tahun untuk program magister
  • Menandatangani surat pernyataan yang diwajibkan LPDP
  • Memiliki IPK minimal 3.00 untuk program magister
  • Memiliki sertifikat resmi IELTS dan TOEFL yang masih berlaku
  • Wajib menyelesaikan masa studi dalam waktu 24 bulan untuk program magister

3. Buat surat rekomendasi dari dosen/atasan

Surat rekomendasi ini sangat diperlukan sebagai bukti bahwa calon penerima beasiswa merupakan pelajar yang berprestasi dan berkualitas. Anda bisa meminta surat rekomendasi dari dosen maupun atasan bagi yang sudah bekerja.

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"