Mau Kuliah di Jerman Dengan Beasiswa Kedokteran Jerman? Ini Cara Mendapatkannya

Beasiswa Kedokteran Jerman – Jurusan kedokteran menjadi jurusan terfavorit setiap tahunnya, terutama untuk calon mahasiswa di Indonesia. Oleh karena itu, banyak calon mahasiswa yang berloma-lomba untuk bisa melanjutkan studi kedokteran, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Berbicara tentang sekolah kedokteran, kamu mungkin sering mendengar jika salah satu negara terbaik di dunia untuk sekolah kedokteran adalah di Jerman. Banyak mahasiswa internasional yang menaruh mimpinya dan berharap untuk bisa melanjutkan studi kedokteran di Jerman.

Karena Jerman menjadi salah satu negara dengan sekolah kedokteran terbaik, maka belajar di Jerman akan mengubah kehidupanmu. Akan ada banyak sekali hal baru yang dipelajari di bidang kedokteran.

Bagi yang bersekolah di Jerman, tentu saja persiapan yang dilakukan tidak sebentar. Banyak waktu dan usaha yang dikorbankan demi meraih cita-cita menjadi tenaga medis di negara yang juga terkenal di bidang teknologinya ini. Apalagi kedokteran Jerman sangat menjanjikan, karena setelah lulus kalian akan dapat praktek sebagai dokter di seluruh negara Eropa, dan di sebagian besar negara-negara di dunia.

Melanjutkan studi kedokteran di Jerman memang penuh tantangan, apalagi jika kamu tidak memiliki sanak saudara disana dan biaya yang cukup. Namun banyak kesempatan yang terbuka lebar untuk kalian agar bisa berhasil menyelesaikan studi di Jerman, salah satunya dengan mengandalkan beasiswa kedokteran Jerman.

Apakah kamu berani mengambil keputusan untuk kuliah kedokteran di Jerman untuk meraih mimpi dan cita-cita kamu? Tentunya sebelum memutuskan untuk mendaftar, kamu harus mempertimbangkan dan memperhatikan banyak hal, seperti universitas kedokteran di Jerman mana saja yang menjadi pilihan kamu serta biayanya. Lalu yang paling penting yaitu informasi akan beasiswa, karena sangat membantu bagi kamu yang memiliki keterbatasan biaya.

Kelebihan Kuliah Kedokteran di Jerman

Sebenarnya apa saja sih kelebihan kuliah kedokteran di Jerman? Bukannya sama saja dengan negara lain walaupun sekolah kedokteran disana sangat bagus? Eitss tunggu dulu, kamu harus baca penjelasan kali ini.
Alasan utama memang dari diri kita sendiri dan tergantung masing-masing tujuan kita. Apalagi saat ini banyak sekali universitas yang menyediakan jurusan kedokteran sehingga mahasiswa di negara masing-masing bisa belajar ilmu medis.

Kamu sangat cocok kuliah di Jerman jika kamu merupakan salah satu mahasiswa yang ambisius dan ingin meningkatkan kemampuan intelektual lebih jauh, Jadi mengapa harus Jerman? Berikut ini ada beberapa penjelasannya, mengapa kamu harus kuliah kedokteran di Jerman.

1. Termasuk Sekolah kedokteran terkemuka

Sejak dulu, Jerman memang terkenal dengan pendidikan yang bersejarah dan tradisi kuat. Sehingga banyak mahasiswa Jerman yang memiliki intelektual tinggi dan pastinya sistem pembelajaran di Jerman juga lebih ketat dan komplit.

Selain itu, disertai juga dengan komitmen serius dalam pengembangan pengajaran serta riset. Semua hal tersebut dibutuhkan untuk membantu mahasiswa kedokteran di Jerman mendapatkan peringkat terbaik di seluruh dunia.
Maka tak heran jika banyak lulusan S1 di Indonesia yang berharap bisa melanjutkan studi ke Jerman. Tak jarang banyak mahasiswa Indonesia yang terinpirasi dari Alm. B.J Habibie yang pernah menempuh pendidikan di Jerman, agar bisa sukses seperti beliau.

Baca Juga  Kata Benda dan Kata Sifat dalam Bahasa Jerman

2. Fasilitas Yang Lengkap & Modern

Melihat banyaknya praktek yang dilakukan mahasiswa kedokteran, fasilitas pastinya harus lengkap, karena sangat penting dalam ilmu kedokteran dan pengajaran. Sudah bukan hal biasa lagi jika Jerman memiliki fasilitas yang lengkap dan modern untuk para mahasiswa jurusan kedokteran.

Kabarnya juga sekolah-sekolah di Jerman memiliki laboratorium modern yang dilengkapi dengan teknologi terbaru. Hal ini wajar, karena Jerman memiliki perkembangan teknologi yang sangat maju. Dengan terfasilitasinya alat praktek, maka ini juga akan meningkatkan keterampilan mahasiswa secara langsung.

3. Prospek Masa Depan Yang Baik

Saat mengambil jurusan kuliah dan menentukan ingin melanjutkan dimana, sudah pasti kamu juga memikirkan tentang prospek di masa depan dan kedepannya ingin seperti apa. Begitupun ketika kamu mengambil kuliah kedokteran Jerman.

Praktisi dalam bidang kedokteran sering dicari dan membuat pendidikan kedokteran di Jerman telah diakui oleh negara-negara besar. Kamu akan memiliki kesempatan yang besar dan prospeknya sangat tinggi untuk bisa bekerja di Jerman atau negara lainnya setelah lulus kuliah nanti. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan pekerjaanmu setelah lulus kuliah.

Rekomendasi Universitas Kedokteran di Jerman

Setelah kamu mengetahui alasan mengapa kamu harus kuliah kedokteran di Jerman, maka kini saatnya kamu untuk menentukan pilihanmu. Pertama-tama sebaiknya pilihlah universitas terbaik yang akan menjadi tempatmu melanjutkan studi nanti.

Jika kamu bingung harus pilih universitas yang mana, dibawah ini ada beberapa rekomendasi yang bisa menjadi acuan kamu.

1. Universitas Heidelberg

Mungkin sudah tak asing bagi beberapa mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah kedokteran, dan mendapat rekomendasi untuk melanjutkan studinya di Universitas yang satu ini. Hal tersebut karena Universitas ini sudah berdiri sejak lama dan memiliki sejarah panjang selama enam dekade.

Terdapat banyak sekali riset di bidang kedokteran yang berasal dari universitas ini dan dilakukan oleh mahasiswanya. Bahkan departemen kedokteran di universitas ini memiliki visi untuk menjadi yang terdepan di abad ke 21. Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Universitas ini, itu adalah pilihan yang tepat. Karena institusi ini akan mendukung banyak penelitian dan dunia kedokteran.

2. Universitas RWTH Aachen

Universitas legendaris lainnya yaitu RWTH Aachen, yang didirikan pada tahun 1966 dan kini telah memiliki sembilan fakultas. Dari beberapa fakultas, salah satu yang terkenal adalah departemen kedokteran.
Saking hebatnya, universitas ini memiliki klinik tersendiri bernama Klinikum Aachen yang terdiri dari beberapa klinik, ruang riset dan teori, ruang pengajaran, dan sekolah untuk praktek. Jadi fasilitas di universitas ini benar-benar hampir mirip dengan rumah sakit pada umumnya.

3. Universitas Lubeck

Dengan memiliki empat fokus pendidikan, universitas ini menjadi salah satu yang direkomendasikan. Keempat fokusnya yaitu pertama infeksi dan inflamasi, yang kedua adalah tentang otak, kebiasaan dan metabolism. Selanjutnya yang ketiga mempelajari genetik kesehatan dan keempat tentang teknologi biomedical. Kalian akan dibekali pengetahuan teknis yang dibutuhkan pada masa depan, keterampilan, penelitian, dan etika kerja.

Beasiswa Kedokteran Jerman yang Bisa Kamu Apply

Ada universitas negeri dan swasta di Jerman, yang tentunya berbeda dari segi biaya. Berapapun biaya yang dibutuhkan untuk kuliah di Jerman, kamu masih memiliki kesempatan besar untuk bisa kuliah gratis di Jerman. Nah, dibawah ini ada beberapa beasiswa kedokteran Jerman yang bisa kamu ikuti.

Baca Juga  Kerja Ringan Menjadi FSJ di Jerman

1. Beasiswa Carl Duisberg

Beasiswa ini diadakan oleh Bayer Foundation dan bisa diikuti oleh mahasiswa lokal dan internasional yang tertarik mempelajari ilmu kedokteran, serta terbuka bagi mahasiswa atau profesional muda yang telah memiliki pengalaman kerja selama dua tahun dalam beberapa bidang studi. Seperti dokter umum dan hewan, teknik kedokteran, penelitian, dan ekonomi.

Untuk mahasiwa internasional dari Indonesia juga bisa mengikuti beasiswa ini. Dari besiswa ini kamu bisa mendapatkan akomodasi, traveling, proyek khusus, biaya kuliah, kebutuhan riset dan magang. Cukup banyak bukan? Jadi tentu saja beasiswa ini sangat dicari, terutama oleh mahasiswa internasional.

2. Beasiswa Universitas Heidelberg

Universitas Heidelberg kabarnya akan memberikan beasiswa kepada empat orang pada tahun 2020 ini. Beasiswa Universitas Heidelberg ini bertujuan agar mahasiswa bisa meraih gelar Ph.D selama tiga tahun yang dimulai dari tanggal 1 Oktober.

Tentu saja mahasiswa internasional diperbolehkan untuk mengikuti beasiswa ini khususnya yang berasal dari negara berkembang. Melalui beasiswa kuliah ini, mahasiswa bisa mempelajari tentang molekuler biologi dan teknologi untuk memperbaharui sel.

3. Beasiswa Friedrich Ebert Stiftung

Beasiswa ini diberikan hanya untuk mahasiswa yang melanjutkan pendidikan kedokteran di Jerman. Yang didapatkan jika kamu mengikuti beasiswa kedokteran Jerman ini yaitu sekitar 650 euro per bulannya untuk program S2 dan S3 mendapatkan 1.000 euro. Kamu juga akan mendapat tambahan 276 euro jika membawa anggota keluarga. Lumayan bukan?

Cara Mendapatkan Beasiswa Kedokteran Jerman

Kini saatnya kamu untuk mengetahui cara mendapatkan beasiswa kedokteran Jerman, serta langkah apa yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan salah satu beasiswa ini. Ini dia beberapa tipsnya.

1. Tingkatkan Kemampuan bahasa Jerman

Jika ingin melanjutkan studi di Jerman, sudah pasti kamu harus fasih berbahasa Jerman, apalagi jika ingin mengambil beasiswa. Semua beasiswa akan mengharuskan calon mahasiswa untuk memiliki kemampuan ini.
Masih ada waktu bagi kamu untuk mempelajari bahasa Jerman. Umumnya, pelajaran membutuhkan waktu sekitar enam bulan, kemudian mengikuti tes untuk mendapatkan sertifikat kemampuan bahasa Jerman. Sertifikat ini akan menjadi bukti bahwa kamu memiliki kemampuan seperti yang disyaratkan.

2. Sertifikat kompetensi dengan bidang yang bersangkutan

Salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa yaitu harus berprestasi dan memiliki pengalaman lebih di bidang yang bersangkutan. Maka dari itu jika kamu memiliki peringkat tinggi di SMA untuk bidang kimia dan biologi untuk melanjutkan ke jenjang S1. Hal yang sama juga berlaku ketika kamu ingin mendapatkan beasiswa S2 dan S3.

3. Mengikuti Studienkolleg

Studienkolleg menjadi hal yang wajib jika kamu ingin mengikuti S1 kedokteran dan mendapatkan beasiswanya. Kursus ini berjalan selama 1 tahun dan harus melalui, kursus ini dibutuhkan untuk menyetarakan pendidikan dengan lulusan SMA di Jerman.

Demikian beberapa kelebihan kuliah kedokteran di Jerman, rekomendasi universitas di Jerman, beberapa beasiswa kedokteran serta cara mendapatkannya. Untuk kamu yang mau melanjutkan studi di Jerman dengan beasiswa, semoga diterima ya!

Leave a comment