Sekolah Sambil Kerja Melalui Program Ausbildung di Jerman

Ausbildung di jerman – Banyak sekali orang Indonesia yang hanya mengetahui bahwa untuk bisa belajar ke Jerman harus melalui perguruan tinggi, membutuhkan dana yang banyak atau melalui beasiswa. Selain sekolah alasan lain untuk bisa ke Jerman adalah melalui lembaga tenaga kerja khusus seperti menjadi TKI.

Informasi untuk bisa tinggal di Jerman dengan program lain sangatlah terbatas karena keterbatasan sosialisasi. Padahal jika kita mau membuka lebar telinga maka banyak sekali informasi yang membantu kita untuk bisa ke Jerman dengan lebih mudah.

Tidak hanya program untuk kuliah atau TKI saja yang dapat mewujudkan impianmu untuk bisa ke Jerman. Bahkan kamu bisa mengambil salah satu program yang sedang gencar disebarluaskan oleh pemerintah Jerman yaitu ausbildung.

MAU BEASISWA GRATIS ? Isi Form Dibawah Ini
Saya bersedia untuk mengikuti program.

Program ini tidak hanya berlaku untuk penduduk Eropa namun juga untuk non UE. Apa sebenarnya ausbildung dan bagaimana Anda bisa mengikutinya? Seperti apakah sekolah sambil bekerja di Jerman?

Seputar Ausbildung di Jerman

ausbildung di jerman

Trend sekolah sambil bekerja terjadi di seluruh dunia bahkan tidak hanya di Indonesia seperti saat ini. Jerman yang merupakan negara maju juga menerapkan sistem tersebut . Program yang disebut sebagai ausbildung setara seperti sekolah D3 di Indonesia.

Bedanya adalah 70% materi yang disampaikan adalah praktek dan para mahasiswa akan terjun langsung ke perusahaan. Sedangkan 30% sisanya adalah materi yang diberikan secara teori.

Materi teori ini akan diberikan di awal semester sekitar dua hingga tiga minggu. Perusahaan yang bekerjasama dengan program ausbildung ini sangat luas. Memulai dari otomotif seperti BMW dan Mercedes Benz, kesehatan seperti rumah sakit swasta dan negeri di Jerman, hingga hotel dan perusahaan jasa lainya.

Baca Juga  Kuliah Dan Kerja Di Jerman Dengan Program Aupair

Program ini akan diikuti selama tiga tahun dan jika Anda memiliki nilai yang bagus bisa mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke universitas. Hal ini bisa ditempuh jika Anda ingin mendalami ilmu melalui berbagai penelitian.

Jika tidak Anda akan mendapatkan sertifikat pekerjaan secara internasional. Ini adalah salah satu keuntungan yang akan Anda dapatkan dalam program ausbildung. Cukup dengan memilih profesi apa yang ingin diikuti Anda bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti program ini.

Dilihat dari kesempatan yang menggiurkan untuk bisa pergi ke Jerman untuk belajar sambil bekerja, keuntungan yang didapatkan tidak hanya berhenti di sini saja. Ada beberapa keuntungan mengikuti program ausbildung adalah sebagai berikut ini.

Manfaat Mengikuti Program Ausbildung di Jerman

1. Mendapatkan Gaji

Siapa saja yang diterima dalam program ausbildung di Jerman akan mendapatkan gaji dari perusahaan yang berkaitan. Jumlah gaji akan bertambah sesuai dengan lama bekerja. Mulai di tahun pertama Anda akan mendapatkan gaji sebesar 900 euro dan di tahun kedua ketiga bisa bertambah menjadi 1100-1300.

2. Kesempatan kerja lebih tinggi

Mendapatkan peluang yang besar untuk bisa diterima di perusahaan tempat bekerja sambil belajar adalah keuntungan tersendiri. Anda akan mengetahui bagaimana cara bekerja di sana sehingga kesempatan besar akan tercipta setelah lulus untuk bisa melanjutkan kerja.

3. Mendapatkan Asuransi

Bagi warga non UE yang mengikuti program ini akan mendapatkan asuransi. Uang asuransi ini akan langsung dipotong dari gaji kotor jadi Anda akan menerima gaji bersih untuk digunakan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

4. Menambah Pengalaman

Tidak ada yang bisa menggantikan pengalaman Anda selama tiga tahun bersekolah dan bekerja di Jerman. Pengalaman mendapatkan teman baru, bekerja dengan etos yang tinggi dan menguasai bahasa asing karena terbiasa berkomunikasi menggunakan bahasa Jerman.

Syarat Mengikuti Ausbildung Di Jerman

1. Berusia 18 – 27 Tahun

Untuk syarat paling utama mengikuti Ausbildung di Jerman adalah sudah berusia minimal 18 tahun dan maksimal 27 tahun. Jadi jika anda sudah berusia diatas 27 tahun, sebaiknya anda mencari pelatihan kerja lainnya karena untuk Ausbildung sudah tidak bisa lagi.

2. Minimal Tamatan SMA Sederajat

Untuk penerimaan Ausbildung juga diterima dengan pendidikan SMA sederajat, baik itu SMK, STM, dan lain sebagainya.

3. Berbadan Sehat

Untuk test kesehatan untuk bisa diterima di Ausbildung termasuk sangat ketat, jadi memang benar-benar kondisi tubuh peserta adalah sehat. Jadi untuk anda yang mempunyai riwayat penyakit yang cukup mengganggu dalam pekerjaan sebaiknya tunda dulu untuk mengikuti Ausbildung, terlebih untuk anda yang punya riwayat penyakit menular sangat tidak disarankan untuk mengikuti Ausbildung, sebelum dinyatakan benar-benar sehat dan tidak akan menularkan ke orang lain.

4. Bisa Berbahasa Jerman

Bahasa Jerman adalah syarat mutlak yang tidak bisa anda tawa sama sekali, bahasa Jerman wajib minimal level B1, dan harus dibuktikan dengan hasil test yang dilakukan di Goetha Institut saja.

Untuk itu jika anda ingin bergabung atau applay di Ausbildung di Jerman, mulailah preparing untuk bahasa Jerman minimal B1. Untuk B1 ini kemampuan bahasa Jerman anda sudah bisa seperti berikut :

Baca Juga  Tips Memilih Kursus Bahasa Jerman Untuk B1 dan B2

a. Anda sudah bisa paham untuk topik pembicaraan yang sedang dibicarakan dengan anda, misalnya untuk data diri anda, pekerjaan, pendidikan anda, dan hal-hal yang bisa anda lakukan.

b. Siap untuk tinggal di Jerman dengan bahasa Jerman yang sudah baik, artinya ketika berada di Jerman, anda sudah bisa melakukan daily conversation. Semisal untuk menanyakan alamat, angkutan dan informasi-informasi penting anda sudah bisa.

5. Ijazah Yang Sudah Diterjemahkan

Anda tidak bisa menggunakan ijazah yang dikeluarkan oleh sekolah atau universitas anda secara langsung, tetapi harus terlebih dahulu diterjemahkan kedalam bahasa Jerman oleh bidang terkait yang terpercaya.

6. Surat Recomendasi

Untuk surat recomendasi sebenarnya tidak diwajibkan namun sangat berpengaruh, untuk itu sebaiknya lampirkan surat recomendasi dari instansi tempat anda bekerja, atau dari sekolah atau universitas anda, karena ada nilai plus dari surat recomendasi tersebut.

Namun perlu anda ingat juga bahwa surat recomendasi tersebut juga dalam bahasa Jerman, untuk itu terjemahkan terlebih dahulu dan harus ditanda-tangani oleh yang memiliki kuasa dan juga distempel untuk pengesahan surat recomendasi tersebut.

7. Sertifikat Kerja

Untuk anda yang sebelumnya sudah bekerja, bisa memintakan surat sertifikat kerja, terlebih jika bidang anda bekerja dengan bidang pelatihan di Ausbildung yang anda pilih adalah bidang yang sama atau berkaitan, sangat penting karena menjadi pertimbangan untuk diterima, dan surat sertifikat kerja tersebut juga harus anda lampirkan dalam bahasa Jerman dan sudah disahkan oleh pimpinan tempat anda bekerja sebelumnya.

8. Curriculum Vitae

Sama seperti bahasa Jerman yang mutlak, curriculum vitae juga menjadi salah satu yang paling disorot oleh pihak penyelenggara Ausbildung, karena dalam curriculum vitae semua jelas mulai dari pendidikan, pengalaman dan kemampuan-kemampuan anda dibidang apa.

Untuk itu dalam penulisan curriculum vitae, anda harus tulis selengkap mungkin, prestasi apa yang anda capai, organisasi apa yang pernah anda ikuti dan anda bertugas sebagai apa juga harus anda lampirkan karena bisa mempengaruhi kemungkin untuk diterima akan lebih besar terlebih jika berkaitan dengan bidang yang anda pilih pada Ausbildung.

9. Pasport Dan Visa

Pasport dan visa adalah dokumen wajib dalam perjalanan dan juga sesampainya di Jerman, dan untuk visa anda harus mengurus visa untuk pelatihan, dan jika sesesai dari Ausbildung anda ingin bekerja di Jerman, maka harus mengurus visa yang berbeda lagi yaitu visa pekerja.

Itu syarat mendaftar di Ausbildung di Jerman, dan untuk pendaftarannya cukup mudah dan bisa anda lakukan secara mandiri juga, karena jika 9 syarat diatas sudah anda penuhi, pendaftaran sudah sangat mudah. Berikut ini adalah langkah cara pendaftaran Ausbildung

Cara Pendaftaran Ausbildung

syarat ausbildung di jerman

1. Mendaftar di Website Ausbildung

Anda bisa kunjungi langsung website penyelenggara Ausbildung dan mendowload formulir pendaftaran, pada lembar formulir tersebut berisikan biodata pribadi anda , pengalaman kerja, pendidikan, dan lain sebagainya, untuk sebelum mengirim ulang formulir pendaftaran sebaiknya cek terlebih daulu untuk memeriksa apakah ada data yang salah atau salah dalam penulisan.

2. Interview

Setelah formulir anda kirim dan sudah diseleksi, anda akan masuk ke tahap interview dan pada interview ini akan dilakukan dalam bahasa Jerman, untuk itulah preparing bahasa Jerman sejak awal sudah harus benar-benar matang dan maksimal.

Yang paling penting untuk anda kuasai disini adalah tentang motivasi anda mengikuti Ausbildung dan juga seputar data pribadi anda dan minat-minta anda, apakah berkaitan dengan yang anda pilih di Ausbildung.

3. Pemberkasan

Jika sesi interview sudah anda lewati dan sudah dikirimi pemberitahuan bahwa anda harus memelengkapi berkas-berkas yang diminta, bahwa itu adalah jawaban bahwa anda sudah diterima oleh pihak Ausbildung dan selebihnya tergantung kesiapan anda dengan berkas-berkas pendukung karena secara kemampuan bahasa, kempauan academic anda sudah berhasil.

Pada pemberkasan ini, 9 syarat diatas wajib anda lampirkan dan segera kirimkan ke pihak penyelenggara Ausbildung dan tunggu informasi selanjutkan, karena butuh waktu untuk memeriksa berkas-berkas yang anda lampirkan.

4. Tanda Tangan Kontrak

Pada sesi ini anda sudah resmi diterima menjadi bagian dari Ausbildung dan harus tanda tangan kontrak. Namun anda harus wajib memahami kontrak yang dilampirkan, apa kewajiban anda selama mengikuti Ausbildung dan apa hak anda.

Jika anda bagian yang anda tidak bisa ikuti atau bagian kontrak tidak bisa anda pahami, segera tanyakan kepada penyelenggara Ausbildung, jangan sampai anda sudah tanda tangan ternyata ada bagian yang anda tidak bisa ikuti.

Itulah 4 tata cara pendaftaran Ausbildung di Jerman, sangat mudah dan bisa dilakukan secara mandiri jika 9 syarat sudah bisa dipenuhi. Jadi bagi anda yang merasa tidak punya modal untuk mengikuti Ausbildung jangan ragu karena bisa anda lakukan secara mandiri, dan biaya yang mungkin harus anda keluarkan adalah biaya untuk preparing bahasa Jerman saja untuk bisa mengikuti test di Goetha

Institut untuk mendapatkan sertifikat minimal B1, namun jika sebelumnya anda sudah bisa berbahasa Jerman dengan baik dan sudah mempunyai sertfikat bahasa Jerman yang minimal B1, maka tidak perlu memikirkan biaya yang banyak untuk Ausbildung.

Perkiraan Gaji Ausbildung di Jerman

Perkiraan Gaji Ausbildung

Ausbildung merupakan pelatihan kerja atau magang, namun bedanya dengan pelatihan kerja lainnya adalah dimana pada Ausbildung anda tidak membayar biaya pelatihan, sebaliknya anda yang akan dibayar oleh penyelenggara Ausbildung tersebut.

Untuk saat ini gaji seorang peserta Ausbildung paling minimal sekitar 1.140 Euro yang jika dirupiahkan adalah sebanyak Rp.18.000.000, ini adalah bayaran yang mahal untuk seorang yang magang.

Mengapa? Karena anda dibayar mahal untuk mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman, itu adalah alasan mengapa Ausbildung menjadi pelatihan kerja yang paling diminati di dunia, dan salah satunya Indonesia.

Selain salary tersebut, anda juga akan mendapatkan gelar dari tempat anda magang, gelar yang merupakan gelar Jerman sesuai dengan jenis pelatihan yang anda ikuti, dan itu dibuktikan dengan sertifikat Ausbildung.

Sertifikat ini sangat berguna untuk anda yang akan mencari kerja, terutama di Jerman. Bisa dikatakan bahwa sertifikat Ausbildung adalah tiket diterima kerja, seorang yang sudah mempunyai sertifikat Ausbildung lebih dipertimbangkan daripada mereka yang lulusan Jerman itu sendiri, sementara sertifikat tersebut juga diakui diseluruh dunia, sehingga jika anda berniat untuk bekerja di negara lain diluar Jerman, sertfikat tersebut juga tetap diakui.

Sekian untuk syarat mengikuti Ausbildung Jerman, namun yang tak kalah penting dari 9 yang sudah dilampirkan di atas adalah, tata krama anda, baik itu dalam segi berbicara, ketepatan waktu, belajar dan bekerja dengan profesional dan juga keinginan untuk tetap belajar, terlebih karena anda berhadapan dengan orang Jerman yang pada dasarnya adalah orang-ornag yang sangat taat pada aturan dan untuk informasi lebih lanjut maka bisa klik baner di bawah ini.

Prosedur Mengikuti Ausbildung di Jerman

prosedur ausbildung jerman

Dibalik keuntungan yang akan Anda dapatkan, persiapan yang matang untuk bisa mengikuti program ausbildung harus dipersiapkan dari sekarang atau secepatnya. Jangan tunda lagi karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sesuai prosedur yang ada. Berikut ini beberapa syarat dan prosedur yang harus diikuti.

– Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 27 tahun.

– Memiliki ijazah minimal SMA yang diterjemahkan dengan bahasa Jerman sesuai translator yang ditunjuk

– Memiliki sertifikat menguasai bahasa Jerman minimal B1

– Memiliki surat keterangan kerja atau pengalaman magang sesuai dengan jurusan yang dituju akan menjadi penunjang yang sangat baik.

Mulailah memenuhi syarat dengan menguasai bahasa Jerman dan mendapatkan sertifikat minimal B1. Virtu Education akan membantu Anda untuk mendapatkan sertifikasi tersebut sehingga proses melamar juga lebih mudah.

Virtu Education adalah tempat kursus bahasa Jerman sekaligus sebagai agen yang dapat menyalurkan Anda agar dapat mengikuti program ausbildung di Jerman dengan mudah. Semua persiapan mulai dari kemampuan berbahasa dan dokumen penunjang lainnya akan dibantu.

Anda hanya perlu fokus dalam pengembangan diri dan siap menerima kebudayaan yang berbeda dari Indonesia. Menempuh ausbildung di Jerman membutuhkan kemandirian, kepercayaan diri dan kemampuan diri yang hebat.

Berbagai tips dan trik akan disampaikan dalam susunan materi yang sangat membantu Anda nantinya. Jadi jika Anda ingin mengikuti program ausbildung bisa mengikuti kursus yang diselenggarakan oleh Virtu Education sekarang juga berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan, untuk informasi silahkan klik baner di bawah ini.

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

Saya bersedia untuk mengikuti program.

MAU BEASISWA GRATIS ? Isi Form Dibawah Ini
Saya bersedia untuk mengikuti program.