VFS Global Solusi untuk Mendapatkan Visa dengan Mudah

Apa itu Visa – Berkeliling ke berbagai negara di dunia menjadi impian bagi sebagian besar orang yang hobi travelling. Melihat negara lain dengan berbagai budaya dan sudut pandang yang berbeda-beda akan menjadi pengalaman yang sangat menarik.

Sayangnya, untuk bisa ke luar negeri tentu harus mengeluarkan biaya baik untuk kebutuhan transportasi, akomodasi, makan, dan pengurusan dokumennya. Untuk bisa berkunjung ke negara lain baik untuk kepentingan bisnis, kerja, atau sekedar liburan, seorang turis harus melengkapi persyaratan dokumen seperti visa dan paspor.
Paspor menjadi salah satu dokumen wajib yang harus dimiliki untuk bisa memasuki setiap negara di dunia ini. Sedangkan visa diberlakukan dengan syarat khusus dan tidak semua negara mensyaratkan adanya visa. Sangat penting untuk mengetahui apa itu visa dan bagaimana mengurusnya agar perjalanan ke luar negeri Anda lancar.

Apa Itu Visa

Visa merupakan salah satu dokumen izin resmi sebagai syarat seseorang bisa memasuki negara lain yang dikunjunginya. Visa bisa didapatkan di kedutaan melalui Konsulat Jenderal atau kedutaan asing.
Setelah mendapatkan visa, seseorang yang akan ke luar negeri bisa menjadikannya sebagai tanda bukti masuk ke negara lain. Visa harus dilengkapi pula dengan paspor karena jika visa diberikan tanpa paspor pengunjung tidak akan diberikan izin memasuki negara tersebut.

Jenis – Jenis Visa

Setelah mengetahui pengertian visa, Anda juga perlu mengetahui beberapa jenis visa, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Visa pre Arrival

Visa jenis ini adalah visa yang didapatkan melalui kedutaan maupun konsulat negara tujuan yang ada di negara asal pengunjung. Visa pre arrival harus diurus sebelum pengunjung meninggalkan negaranya untuk berangkat menuju negara tujuan yang akan dikunjungi.

2. Visa on Arrival

Kebalikannya dari visa pre arrival, jenis visa on arrival bisa didapatkan ketika seseorang sampai ke negara tujuan baik di perbatasan maupun bandaranya. Pengunjung harus menunjukkan dokumen paspor sebagai identitas dirinya untuk mendapatkan visa on arrival. Sayangnya, tidak semua negara memberikan fasilitas visa on arrival sehingga Anda harus memperhatikan sistem di negara yang akan dikunjungi sebelum berangkat.

3. Visa Turis

Visa ini digunakan untuk liburan ke negara tujuan dan Anda harus menyiapkan dokumen visa ini jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

4. Visa Kunjungan Bisnis

Visa ini digunakan untuk tujuan bisnis atau pekerjaan ke luar negeri seperti business meeting atau seminar.

Baca Juga  Ini Dia 6 Aplikasi Pelacak HP Terampuh dan Terpopuler

5. Visa Pelajar

Visa ini digunakan untuk mahasiswa atau siswa yang ingin belajar ke luar negeri dan berlaku selama masa pendidikan termasuk masa libur sekolah.

Pengertian Imigrasi dan Cara Mengurus Visa

Pengurusan visa tidak terlepas dengan kantor urusan imigrasi. Arti imigrasi sendiri adalah berpindahnya seseorang dari suatu negara atau bangsa ke negara lainnya di mana orang tersebut bukanlah warga negara tersebut.
Imigrasi yang dilakukan para imigran biasanya akan merujuk pada perpindahan dalam jangka waktu lama. Berbeda dengan turis atau pendatang yang hanya dalam jangka waktu pendek berkunjung ke negara lain.
Tidak semua negara mensyaratkan adanya visa, beberapa negara ada yang memberikan akses bebas visa. Bagi Anda warga negara Indonesia, Anda bisa memasuki negara bebas visa seperti berikut ini:

• Asia Tenggara : Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darusalam, Laos, Filipina, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja
• Asia Timur : Makau dan Hongkong
• Asia Barat dan Selatan : Maladewa dan Iran
• Afrika : Mesir, Maroko, dan Pulau Seycelles
• Amerika : Chili, Bermuda, Aruba, Kostarika, Kolombia, Kuba, Ekuador, Jamaika, dan Haiti
• Eropa : Andorra
• Oseania : Kepulauan Cook, Mikronesia, dan Samoang

Bagi Anda yang ingin tahu cara mengurus visa ke luar negeri, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Reservasi dan pendaftaran untuk jadwal wawancara dan verifikasi dokumen
• Kunjungi website kedubes negara tujuan untuk update info dan unduh dokumen yang dibutuhkan.
• Isi biodata diri pada website organisasi yang telah ditunjuk untuk kepentingan reservasi jadwal verifikasi dokumen.
• Tunggu email pemberitahuan tentang waktu dan tempat verifikasi atau wawancara akan dilakukan.
• Lakukan pembayaran terlebih dahulu untuk beberapa negara yang menyaratkannya seperti Amerika Serikat sebelum memilih jadwal verifikasi/wawancara (tidak semua negara memberi persyaratan ini).
• Setelah selesai melakukan pembayaran, masukkan nomor slip pembayaran pada form yang disediakan.

2. Menyiapkan dokumen
• Siapkan paspor dan fotokopinya sebagai syarat mutlak untuk mengajukan visa. Dokumen ini sangat penting karena nantinya visa akan ditempel di paspor. Pastikan paspor Anda masih aktif terhitung 6 bulan sebelum masa kadaluwarsanya untuk maksimal paspor dinyatakan tidak aktif.
• KTP dan fotokopinya yang masih berlaku (bagi e-KTP yang belum jadi bisa menggunakan surat keterangan domisili).
• Formulir permohonan yang bisa diunduh melalui website resmi masing-masing kedubes untuk nantinya ditunjukkan pada bagian pelayanan visa di kedutaan.
• Foto sesuai dengan aturan format yang ditentukan masing-masing negara baik ukuran, posisi, dan background.
• Bukti pembayaran visa bagi negara yang menyaratkan pembayaran di muka
• Surat keterangan sponsor yang berisi surat rekomendasi atau surat undangan dari pihak yang ada di luar negeri.
• Surat keterangan kerja/belajar bagi pengajuan visa kerja dan pelajar.
• Dokumen keuangan berupa slip gaji, rekening koran, dan tabungan beserta fotokopinya. Dokumen ini memiliki fungsi untuk membuktikan bahwa pengunjung memiliki penghasilan sehingga perjalanan di negara tujuan dapat terjamin.
• Jadwal perjalanan dan tiket pesawat mengikuti format yang dicontohkan kedubes yang bersangkutan.
• Surat keterangan kesehatan terutama jika di negara tujuan sedang terjadi penularan wabah.

Baca Juga  8 Aplikasi Kamera Terbaik Untuk Memaksimalkan Hasil Foto

3. Menyerahkan dokumen dan wawancara
Semua dokumen yang telah siap tersebut harus dibawa ke tempat yang diminta untuk melakukan verifikasi sesuai email pemberitahuan yang didapatkan. Penyerahan dokumen tersebut bisa dilakukan di kantor kedubes negara atau ke agen yang mengurusnya.

4. Proses pengambilan
Biasanya Anda akan diminta menunggu hingga 4 hari untuk pengambilan dokumen visa. Pemberitahuan akan di-update melalui sms atau e-mail. Setelah mendapat pemberitahuan tersebut Anda tinggal datang ke kantor yang ditunjuk untuk mengambil visa.

VFS Global Jakarta Tempat Pengurusan Visa

Jika Anda bingung mengajukan visa langsung ke kedutaan besar negara tujuan Anda, maka bisa mengajukannya melalui kantor-kantor tertentu yang bekerja sama dengan kedutaan. Salah satunya adalah VFS Global Jakarta yang beralamatkan di Mall Kuningan City, Lantai 1, Jakarta Selatan.

Untuk VFS Global Jakarta sendiri bekerja sama dengan kedutaan Inggris, Selandia Baru, Australia, Kanada, Denmark, Belgia, Italia, Islandia, Norwegia, Kroasia, Spanyol, Swedia, Belanda dan Uni Emirat Arab.
Selain VFS Global Jakarta, VFS Global juga terdapat di berbagai negara lainnya seperti VFS Australia, VFS Belanda, dan lain sebagainya. VFS Global akan membantu Anda dalam pengumpulan dokumen-dokumen yang diperlukan termasuk perekaman data biometrik.

Anda dapat memanfaatkan layanan dari VFS Global Jakarta untuk membantu Anda dalam proses pembuatan visa agar lebih mudah dan lebih lancar. Anda akan dituntun mulai dari mengetahui jenis visa, cara pengajuan aplikasi visa, hingga setelah pengajuan aplikasi visa selesai. VFS Global Jakarta menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang sedang dalam proses pengurusan visa ke luar negeri.

Leave a comment