Apa itu Marketplace dan 5 Marketplace Terbesar di Indonesia

Apa itu Marketplace – Bagi yang sering jual beli online, istilah marketplace pasti tidak asing lagi. Karena saat ini orang cenderung lebih suka jual beli online dibanding tradisional. Bahkan mungkin ada di antara kalian yang sering berbisnis online.

Adanya marketplace juga membantu banyak orang bisa berbisnis tanpa meninggalkan rumahnya. Hanya dengan beberapa klik saja, transaksi bisa terjadi. Dan sebagai negara terbesar di Asia Tenggara dalam e-commerce, nilai transaksi orang Indonesia di marketplace terus meningkat tiap tahunnya.

Walau istilah marketplace sudah sangat populer, tapi mungkin masih banyak juga yang belum paham benar apa itu marketplace, bagaimana cara berjualan di marketplace serta apa saja marketplace terbesar di dunia maupun di Indonesia. Kita akan mengulasnya di sini

Apa itu marketplace

Secara bahasa, marketplace bisa diartikan tempat pertemuan penjual dan pembeli. Tapi marketplace yang dibahas di sini adalah marketplace dalam dunia e-commerce. Yaitu website, situs, atau aplikasi yang bertindak sebagai pihak ketiga dan memberikan tempat berjual-beli serta pembayaran secara online.

Dengan kata lain, marketplace adalah pasar atau swalayan online yang memudahkan dan memberi kenyamanan bagi penggunanya.

Adanya marketplace membuat penjual dan pembeli tidak harus bertemu langsung. Pertanyaannya, apakah aman melakukan transaksi di marketplace?

Sebelum ada marketplace, ada banyak transaksi online yang tidak bertanggungjawab. Nah marketplace hadir untuk untuk menjamin keamanan transaksi online. Karena marketplace akan menahan dulu uang yang diberikan pembeli.

Dan penjual baru benar-benar menerima uang penjualan setelah barang sampai dan dicek oleh pembeli. Jadi dalam hal proses transaksi, bisa dibilang marketplace bertanggungjawab dan memberi jaminan keamanan.

Tapi pihak marketplace tidak bertanggung jawab atas kualitas barang yang dijual toko online yang ada di situs marketplace. Jadi pembeli harus benar-benar jeli melihat deskripsi produk dan yakin bahwa barang yang dipilihnya sesuai dengan keinginan, meskipun tidak melihat wujud barang secara langsung.

Sejarah marketplace

Secara singkat, sejarah marketplace di dunia tidak bisa dilepaskan dari perkembangan teknologi internet dan transfer uang secara elektronik. Kombinasi dari kedua teknologi ini memunculkan ide untuk bertransaksi lewat internet.

Tahun 90-an disebut-sebut sebagai perubahan arah bisnis dari konvensional menjadi berbasis jaringan internet. Kemudian hadirnya Amazon dan Ebay seperti membuka jalan bagi perusahaan lainnya untuk berbisnis e-commerce. Bahkan sampai saat ini Amazon dan Ebay masih menjadi marketplace terbesar di dunia.

Marketplace terbesar

Jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar dan kesukaan berbelanja online, terutama generasi milenial, menjadi peluang empuk bagi industri marketplace. Ditambah lagi dengan semakin banyaknya pengusaha Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di tanah air.

Bagi kalian yang ingin berbisnis online di marketplace, sekaranglah saat yang tepat untuk memulai. Nah kali ini kami akan berbagi informasi beberapa marketplace terbesar di Indonesia yang bisa yang bisa kalian pertimbangkan sebagai tempat berjualan.

Di sini kami tidak memasukkan OLX maupun Kaskus. Walau mereka menyediakan tempat pertemuan penjual dan pembeli, tapi tidak memiliki layanan rekber (rekening bersama). Fitur rekber membuat marketplace berfungsi sebagai perantara yang membantu keamanan jual beli online.

1.Tokopedia

Di tahun ke 10 sejak berdiri pada 2009, marketplace yang didirikan oleh William Tanuwijaya ini dianggap sebagai yang terbesar di Indonesia. Sekarang ini Tokopedia menjadi marketplace yang paling banyak dikunjungi dengan rata-rata 140 juta pengunjung per bulan.

Baca Juga  Konversi Adalah Metriks Penting, serta Strategi Mewujudkan Konversi Tinggi

Bahkan Tokopedia telah mendapat pengakuan sebagai unicorn atau perusahaan yang memiliki nilai lebih dari 1 miliar USD. Tidak hanya di Indonesia, Tokopedia ternyata juga memiliki pengaruh sangat kuat di Asia Tenggara.

Apa rahasia Tokopedia bisa menjadi yang terbesar? Karena sejak pertama kali diluncurkan, pengunjung bisa menikmati layanan dasar secara gratis. Tokopedia membantu setiap orang membuka dan mengelola toko daringnya.

Tokopedia juga memiliki tampilan interface minimalis yang mudah dipahami siapa saja. Selain itu, mereka juga menyediakan banyak fitur serta pilihan kurir pengiriman barang.

2.Bukalapak

Seringnya iklan di televisi membuat Bukalapak menjadi salah satu marketplace terpopuler di Indonesia. Awal mula Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky dan kawan-kawannya dengan menyewa sebuah rumah kos di Bandung. Dan kini, perusahaan ini sudah menjadi sebuah unicorn dengan jumlah pengunjung tahun 2019 mencapai 115 juta tiap bulannya.

Salah satu tujuan mulia Bukalapak adalah untuk mengembangkan UKM di Indonesia. Karena Bukalapak yakin bahwa UKM menjadi kunci kemajuan ekonomi bangsa.

Salah satu kelebihan Bukalapak dibanding yang lainnya adalah pembeli bisa langsung bertransaksi tanpa harus terdaftar di Bukalapak. Ini jelas memudahkan bagi orang yang tidak ingin mendaftar.

Bukalapak juga menyediakan berbagai pilihan ongkos kirim serta ekspedisi pengiriman barang. Selain itu, adanya fitur OTP akan menjamin transaksi yang lebih aman.

3.Shopee

Shopee merupakan “PMA” dari Singapura yang sejak 2015 melebarkan sayapnya ke Indonesia. Dan kini marketplace yang didirikan Forrest Li ini telah menjadi terbesar ketiga di Indonesia. Iklan yang melibatkan idola internasional seperti Christiano Ronaldo ikut mendongkrak kepopuleran Shopee.

Setiap bulan ada sekitar 90 juta pelanggan Indonesia yang berkunjung ke Shoppee. Jadi walau termasuk pemain baru di Indonesia, pelayanan terbaik Shopee membuatnya tidak pernah sepi. Apalagi Shopee memiliki aplikasi yang sangat mudah digunakan, bahkan oleh orang yang belum pernah berbelanja di Shopee sekalipun.

Pengunjung Shopee juga dipermudah dalam urusan pembayaran. Mereka bisa memilih berbagai cara pembayaran, mulai dari via kartu kredit, transfer bank, Alfamart, Indomart, Shopeepay, dll.

Bagi yang merasa khawatir dengan penipuan, pembeli juga bisa memilih COD (Cash on Delivery). Dengan COD, pembeli bisa membayar setelah barang sampai rumah. Ini membuat mereka bisa mengecek barang dan mengembalikannya jika tidak sesuai pesanan.

4.Lazada

Marketplace yang mulai beroperasi sejak 2013 ini sebenarnya merupakan anak perusahaan dari Jerman yang bernama Rocket Internet. Tidak hanya di Indonesia, Lazada juga beroperasi di Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, dan Thailand.

Mereka menyediakan website belanja online yang menjual berbagai produk seperti alat kesehatan, kecantikan, peralatan bayi, buku, alat elektronik, dan masih banyak lagi. Jadi kalian tidak perlu khawatir dengan kelengkapan produk yang tersedia di Lazada.

Faktor lain yang menarik pengguna adalah banyaknya diskon untuk beberapa produk serta gratis ongkos kirim ke lebih dari 100 kota. Dibanding situs lainnya, Lazada juga mampu mengirimkan barang lebih cepat.

Baca Juga  7 Aplikasi Pembuat Logo Populer yang Mudah dan Cocok untuk Pemula

Tapi marketplace yang satu ini sepertinya mulai terengah-engah di tengah kompetisi yang ada. Kalau di tahun 2018 termasuk yang terbanyak pengunjungnya, kini mulai tercecer di peringkat 4 dengan pengunjung sekitar 52 Juta per bulan.

5.Elevenia

Elevenia merupakan marketplace yang dimiliki PT Xl Planet yang tidak lain hasil kerjasama antara XL Axiata dan SK Planet dari Korea. Sebagai salah satu marketplace yang digemari masyarakat Indonesia, Elevenia selalu berusaha menawarkan kemudahan bagi penggunanya dalam memilih produk berkualitas.

Untuk memudahkan memilah produk, Elevenia membagi barang dagangannya dalam delapan kategori, yaitu gadget dan komputer, alat elektronik, olahraga, makanan dan minuman, alat rumah tangga, fashion, kesehatan dan kecantikan, serta peralatan bayi. Ada lebih dari 4 juta produk yang berasal dari 40 ribu penjual.

Yang unik, Elevenia tidak hanya menjadikan seller sebagai partner bisnis. Tapi juga memberikan edukasi dalam bentuk pelatihan gratis bagi pada penjual pemula. Bagi pembeli, Elevenia akan memberi voucher belanja bagi yang sudah membeli lebih dari 10 kali di situs elevenia.co.id.

Cara berjualan di marketplace

Seperti halnya berdagang konvensional, berjualan di marketplace juga perlu ilmu dan strategi yang tepat. Persaingan semakin ketat, sehingga kalian perlu menyiapkan diri sebaik mungkin. Kabar baiknya, ada banyak buku, artikel, ataupun seminar yang akan memandu seorang pemula mulai berjualan di marketplace.

Lalu bagaimana penjelasan ringkas cara berjualan di marketplace?

Yang pertama, kalian harus menyiapkan toko dengan nama dan logo yang unik, mewakili brand bisnis yang kalian kelola, serta mudah diingat orang. Nama dan logo menjadi identitas toko, sehingga kita tidak bisa membuatnya secara asal-asalan.

Selanjutnya kalian bisa membuka toko di salah satu marketplace di atas. Syaratnya sangat mudah, kalian hanya perlu email dan nomor handphone yang masih aktif.

Setelah memiliki toko di marketplace, yang tidak kalah penting adalah menyiapkan produk yang berkualitas serta memberi deskripsi produk yang jelas. Bagaimanapun juga, kualitas produk menjadi tujuan utama bagi calon pembeli. Dengan membeli produk berkualitas, mereka akan puas dan berpotensi order kembali.

Tapi kualitas produk saja belum cukup. Penjual harus bisa memberikan penjelasan produk, baik dalam bentuk deskripsi serta gambar sejelas-jelasnya. Calon pembeli tidak melihat langsung barang yang hendak dibeli, sehingga satu-satunya cara mengetahui spesifikasi produk tersebut adalah dari deskripsi dan foto asli.

Lalu faktor lainnya yang menentukan kesuksesan berjualan di marketplace adalah harga serta pelayanan. Untuk memberikan harga kompetif, penjual perlu melakukan riset harga produk sejenis. Di tengah persaingan ketat, harga yang lebih terjangkau bisa menjadi pembeda.

Selain itu, toko juga harus bisa memberikan pelayanan yang prima. Misalnya saja kalau kalian mencantumkan jam kerja toko dari jam 8.00 sampai 16.00. Maka pastikan kalian memiliki petugas yang selalu siap pada jam kerja tersebut. Customer pastinya lebih suka dengan toko yang memberikan fast response atas pertanyaan pelanggan.

Nah demikianlah penjelasan singkat tentang apa itu marketplace, cara berjualan di marketplace, serta informasi seputar marketplace terbesar di Indonesia. Semoga artikel ini berguna bagi siapa saja yang ingin bertransaksi melalui marketplace. Selamat berjualan ya!!

Leave a comment