Apa Itu GMAT, GRE, Dan Apa Juga Perbedaannya

Apa Itu GMAT- Untuk kamu yang ingin melanjutkan studi Magister Bisnis Administrasi, maka kamu harus mengikuti tes GMAT terlebih dahulu. Apa itu GMAT?

GMAT adalah kepanjangan dari Graduate Management Admission Test. Tes inilah yang digunakan sebagai kriteria memasuki perguruan tinggi di bidang bisnis.

 

Tanpa mengikuti GMAT ini maka kamu tidak akan bisa masuk ke MBA. Jika tes seperti TOEFL dan IELTS adalah tes yang diguankan sebagai standar kriteria untuk studi S1, maka GMAT ini khusus untuk kamu yang akan melanjutkan program pasca sarjana di luar negeri terutama dalam bidang bisnis.

Masing-masing tes tentunya memiliki minimum skor yang harus dipenuhi untuk bisa diterima di universitas pilihan kamu.

Baca Juga  Kiat Sukes Yang Wajib Anda Ketahui Untuk Menghadapi GMAT Test Jakarta

Jika standar minimum skor untuk TOEFL sekarang adalah 550, maka beda halnya untuk GMAT yang skornya haruslah diantara 200-800.

Apa Itu GMAT Yang Sebenarnya ?

Jika TOEFL hanya memiliki waktu berlaku selama 2 tahun, GMAT masa berlakunya lebih lama yaitu 5 tahun. tapi tentu saja biaya yang harus kamu keluarkan jik aingin mengikuti tes GMAT jauh lebih mahal dibandingkan kamu mengikuti tes TOEFL. Meskipun sama-sama tes bahasa inggris, namun tingkat kesulitan kedua tes ini berbeda.

Selain GMAT, untuk kamu yang ingin melanjutkan program pasca sarjananya di luar negeri, bisa juga menggunakan GRE. Hampir sama seperti GMAT, GRE juga merupakan tes yang menjadi salah satu kriteria untuk masuk universitas si luar negeri khususnya untuk prigram pasca sarjana.

Setelah kamu mengetahui apa itu GMAT dan juga GRE, maka kamu bisa memutuskan sendiri akan memilih tes yang mana untuk bisa masuk ke universitas pilihan kamu.

Dalam GMAT ada beberapa tes yang harus kamu kerjakan dimulai dari Analytical Writting Assessment, Ontegrated Reasoning, Verbal Reasoning, dan juga Quantitative Reasoning. Tentu saja dengan waktu yang telah ditentukan.

Tingkat kesulitan GMAT lebih tinggi jika dibandingkan dengan tes bahasa inggris biasa seperti TOEFL, untuk itu dibutuhkan persiapan yang lebih jika akan mengikuti GMAT.

Baca Juga  Ini Dia Hal Penting dalam GMAT Preparation Jakarta

Perbanyak membaca teks bahasa inggris baik itu melalui majalah, koran, maupun media lainnya.

Akan ada banyak kata asing juga yang mungkin kamu temukan di GMAT karena untuk orang Indonesia status bahasa inggris adalah sebagai bahasa asing.

Jadi mungkin perbanyak vocabulary bisa dijadikan salah satu usaha mempersiapkan tes GMAT. Setelah tahu apa itu GMAT, GRE, dan TOEFL maka secara tidak langsung kamu akan tahu perbedaan dari ketiga jenis tes bahasa inggris tersebut.

Selain ketiga tes tersebut, ada juga tes IELTS, TOEIC, dan SAT yang juga sering dijadikan bahan penilaian kemampuan seseorang.

Atau dijadikan sebagai salah satu kriteria untuk masuk ke universitas ternama di dalam negeri maupun di luar negeri.

 

Leave a comment