Apa itu Freelancer Yang Menjadi Pekerjaan Favorit Anak Muda

Apa itu FreelancerFreelancer berasal dari kata dasar “freelance” yang artinya sampingan, bebas atau bisa dijadikan persamaan sebagai pekerjaan tambahan. Kenapa kemudian ditambahkan akhiran -er? Karena ini hal umum yang biasanya digunakan masyarakat dalam menyebut sebuah pekerjaan baru yang dulunya masih asing.

Dulu apa itu freelancer memang masih asing, apalagi kosakata freelance diserap dari bahasa inggris. Orang masih bingung dengan modal pekerjaan freelance saat itu, karena masih terbolak balik dengan pekerjaan honorer, sampingan atau bahkan pekerjaan part timer.

Secara substansi sebenarnya terdapat perbedaan mendasar antara apa itu freelancer dengan apa itu honorer ataupun apa itu part timer. Freelancer sendiri adalah pekerjaan yang kita ambil sebagai sampingan, menghasilkan uang dan dikerjakan berdasarkan kontrak yang kita sepakati dengan pemberi kerja.

Sementara honorer dan part timer lebih mirip pekerjaan kantoran yang tidak utuh alias pekerjaan yang mendukung pekerjaan utama sebuah kantor. Jadi honorer biasanya bekerja masuk ke kantor, atau part timer yang biasanya bekerja di sebuah lembaga tertentu dengan jam kerja yang lebih pendek, mirip dengan sistem shift.

Sistem penyebutan freelancer sendiri juga lebih bergengsi dibandingkan dengan penyebutan honorer atau part timer. Karena honorer dan partimer lebih bergantung kepada institusi yang memberikan kerja. Sementara apa itu freelancer terjadi kontrak yang setara antara pemberi kerja dan kita yang bekerja menggunakan skill kita.

Lihat juga: Cara Membangun Startup dari Nol

Selain itu, penyebutan freelancer juga lebih bergengsi di mata masyarakat umum ketimbang menyebut honorer ataupun serabutan. Kosakata honorer lebih menginduk kepada lembaga negara (semisal aparatur sipil negara tetapi dengan jam kerja yang masih percobaan), sementara serabutan malah lebih mengindikasikan hal buruk bahwa kita masih belum mapan bukan?

Nah, itulah mengapa alasan pekerjaan freelancer menjadi favorit anak muda karena secara subtansi, daya kerja dan posisi kerja memiliki gengsi tersendiri. Pekerjaan freelancer juga amat dinamis dan fleksible tergantung kita mau mengambil kontrak yang diberikan atau tidak.

Kondisi dinamis dan fleksibel ini juga yang mempengaruhi minat banyaknya anak muda mengambil pekerjaan apa itu freelancer. Kenapa begitu? Karena dengan pekerjaan yang fleksibel, seorang freelancer dapat mengambil pekerjaan dua sampai tiga kontrak seklaigus dalam beberapa hari, tentunya honornya juga akan menambah.

Anda sebagai freelancer juga tidak terikat dengan jam kantor yang mewajibkan absensi finger print atau harus tatap muka dengan klien. Kontrak-kontrak freelancer biasanya diberikan melalui jasa online, internet dan media media yang mempertemukan antara pemberi kerja dan freelancer.

Apakah freelancer membutuhkan skill khusus atau umum?

apa itu freelancer

Nah, ini adalah bagian yang lebih spesifik membahas apa itu freelancer dalam artikel ini. Karena dengan membahas lebih spesifik pekerjaan freelancer akan memudahkan memahami cara kerja freelancer. Jawaban atas pertanyaan di atas adalah iya. Itulah kenapa seorang freelancer dapat bekerja sesuai kontrak yang disepakati dengan pemberi kerjanya.

Misalnya begini, pekerjaan freelancer biasanya terkait dengan softskill khusus (kemampuan khusus) yang sebenarnya bisa bersifat umum. Misalnya jasa copywriting menulis artikel, jasa copywriting menulis opini, jasa desain logo, jasa tabulasi data ke dalam tabel, jasa promosi endorse, jasa mendesain rumah, jasa arsitektur, jasa ilustrasi atau animasi dan bahkan konsultasi hukum bisa termasuk ke dalam jasa freelancer.

Nah, jawaban iya tadi akan sangat tergantung dengan kemampuan yang anda punya, komunikasi penawaran anda kepada klien atau konsumen dan terikat juga dengan permintaan dari konsumen. Beberapa faktor tersebut menentukan isi kontrak, detail pekerjaan dan jasa apa saja yang disepakati di antara keduanya.

Baca Juga  Fakta-Fakta Gaji Data Scientist Yang Menjadi Incaran Millenial

Apakah ada vendor khusus yang mengatur pertemuan antara seorang freelancer dengan klien/konsumen? Jawabannya ada. Nanti akan dibahas lebih spesifik di bagian bawah artikel ini. Namun, selain menggunakan vendor khusus anda bisa menawarkan jasa anda secara personal melalui instagram, atau facebook

Lihat juga: Kursus Digital Marketing

Apa itu freelancer dan perbedaan dengan part timer?

Perbedaan utama antara freelancer dengan part time terletak kepada institusi yang menaunginya. Jika freelancer bekerja secara bebas, bebas menentukan kontrak dengan klien dan konsumen. Sementara part time sendiri mengikut kontrak yang diberikan sebuah lembaga institusi.

Misalnya begini, jika anda bekerja secara sistem shift di sebuah lembaga pendidikan belajar, maka bisa disebut dengan part time. Begitu juga saat anda bekerja menjadi guru honorer yang mengajar satu mata pelajaran saja maka bisa disebut dengan part time. Nah, biasanya part time seperti ini terikat dengan kontrak yang sepenuhnya diatur oleh lembaga / institusinya kan ya?

Kemudian perbedaan dengan apa itu freelancer terletak pada kebabasan untuk menentukan kontrak dengan klien atau konsumen. Jadi anda masih bisa menawar pekerjaan pekerjaan yang disodorkan klien, baik itu tawaran menyesuaikan honor yang diberikan, pekerjaan berapa kali revisi yang disetujui hingga pembatalan kontrak.

Sebagai freelancer anda juga bebas menentukan besaran honor sesuai dengan jam kerja yang anda tawarkan. Tentu saja ada baiknya anda harus bersikap rasional, jika masih berstatus freelancer junior pasanglah biaya yang sewajarnya atau ikut tarif yang disodorkan klien. Bagi beberapa freelancer senior dan profesioanal biasanya sudah memasang tarif yang lumayan tinggi, tinggi harganya tinggi juga kualitas mutu pekerjaan yang dihasilkan.

Kenapa anak anak muda menyukai bekerja menjadi freelancer?

apa itu freelancer

Jawaban utama yang mesti diajukan terkait apa itu freelancer yang diminati anak muda adalah soal jam kerja yang fleksibel, bahkan bebas menentukan jam kerja. Sesuai dengan moto dan slogan anak muda generasi milenial untuk bekerja secara independen. Secara detail akan dipaparka kenapa pekerjaan freelancer menjadi pekerjaan favorit anak muda:

1.Pekerjaan freelancer mayoritas terhubung dengan internet. Anak muda dan generasi milenial saat ini tentunya sangat akrab dengan internet bukan? Nah, inilah mengapa alasan utama anak anak muda menggemari apa itu freelancer, karena sambil berselancar di internet mereka bisa sambil bekerja.

2.Pekerjaan freelancer sangat fleksibel, bisa dijadikan pekerjaan utama maupun pekerjaan sampingan. Bagi anda yang ingin menjadikan freelancer sebagai pekerjaan sampingan, maka pastikan tidak diiringi dengan kebiasaan rebahan di kasur karena nantinya lama selesainya dan bisa mengecewakan klien anda. Sementara bagi anak muda yang memilih apa itu freelancer sebagai pekerjaan utama, biasanya sudah memiliki jadwal yang ketat untuk bekerja.

3.Pekerjaan freelancer tidak membutuhkan banyak usaha untuk kemampuan tertentu. Pada jasa jasa menulis, desain dan ilustrasi, jika itu merupakan keahlian utama anda. Bisa dibayangkan anda bisa bekerja sambil mendengarkan musik, meminum teh manis atau kopi manis. Begitu mudah kan? Karena keahlian itu adalah keahlian yang sudah anda sering pakai jadi bisa dijalankan dengan mudah.

Lihat Juga: Coworking Space Surabaya

4.Pekerjaan freelancer membuat anak mudah dalam mengatur banyak pekerjaan sampingan, freelance atau part time. Seorang honorer pemerintah daerah bahkan bisa merangkap menjadi freelancer desainer, ini sungguhan. Karena freelancer sendiri fleksibel dan mudah, maka anak anak muda bisa bekerja merangkap tiga sampai empat pekerjaan sampingan, jangan kaget ya…

Baca Juga  Syarat Pendaftaran CPNS Secara Umum dan Khusus

Bagaimana struktur gaji pekerja freelancer?

Nah, ini adalah bagian paling menarik dari pembahasan apa itu freelancer. Biasanya banyak yang khawatir gaji dan honor pekerjaan seorang freelancer jauh lebih rendah dari pekerjaan pekerjaan lainnya. Eits, tenang aja, di kehidupan yang serba cepat, digital dan berbasis kepada internet ini jangan sampai membuat anda merasa pesimis. Berikut penjelasan struktur gaji seorang pekerjaan freelancer:

1.Secara teori, pekerjaan freelancer bisa melebihi dan bahkan melebihi gaji pegawai tetap sebuah perusahaan. Kenapa disebut secara teori? Karena freelancer berbasis kepada jasa dan bisa dikerjakan secara bebas, maka potensi peluangnya biasanya jauh lebih besar.

2.Gaji seorang freelancer ditentukan seberapa banyak dia mengerjakan kontrak dengan klien dan seberapa banyak kemampuan softskill yang bisa ditawarkan kepada kliennya. Seorang freelancer yang mendesain satu gambar satu minggu dibandingkan dengan seorang freelancer yang mendesain gambar dan menulis artikel dalam satu minggu yang sama tentunya bergaji berbeda.

3.Gaji seorang pekerja freelancer juga ditentukan seberapa sulit pekerjannya dan seberapa besar tarif yang disepakati. Jadi, tidak bisa dipukul rata, seorang desainer logo mengerjakan satu logo selama seminggu bisa dibayar Rp.500.000, setara dengan seorang freelancer menulis 10-20 artikel dalam seminggu yang sama. Tentunya karena desain logo biasanya jauh lebih susah.

apa itu freelancer

4.Rentang gaji dan honor seorang freelancer juga mengikuti kontrak umum yang berlaku di komunitas freelancer. Tapi jangan khawatir, sekali lagi ini tergantung dengan seberapa bagus kualitas yang kita tawarkan. Jadi jika ingin menghitung rentang honor freelancer kita bisa pakai simulasi satu jasa yang dipakai. Jika lima artikel dihargai Rp.100.000 dalam seminggu, maka sebulan hanya mendapat Rp.500.000.

5.Honor 500.000 ini bisa dikerjakan sampingan atau bisa juga dirangkap dengan jasa lain yang kita tawarkan. Misalnya anda menawarkan jasa ilustrasi gambar dalam 1x sebulan seharga 500.000. maka dalam satu bulan saja anda mendapat: jasa artikel 500.000 plus jasa ilustrasi Rp.500.000= total Rp.1.000.000. ini bisa menjadi uang jajan yang lumayan bukan?

6.Nah, bayangkan jika anda menawarkan banyak jasa softskill kepada klien dan banyak sekali kontrak yang anda kerjakan. Jika diasumikan ada dua kali lipat jasa yang anda kerjakan, maka dalam sebulan saja anda bisa mendapat 2.000.000. ini sudah setara dengan gaji pokok PNS lulusan sarjana di daerah-daerah Indonesia.

Contoh Tempat-Tempat Freelancer Bekerja

Bagaimana? Sudah tertarik untuk bergabung menjadi apa itu freelancer? Sekarang di internet sudah banyak vendor vendor tempat tempat freelancer bekerja yang menemukan antara pekerja freelance dan klien yang memberikan pekerjaan, diantaranya adalah:

1.Situs sribulancer, khusus berbahasa indonesia yang menawarkan fasilitas para freelancer menawarkan jasanya dan juga para klien yang menawarkan kontrak pekerjaan bagi para freelancer. Di web sribulancer terdapat banyak pekerjaan yang bisa anda ambil seperti desain, digital marketing, menulis artikel hingga SEO.

2.Situs freelancer.com, khusus berbahasa inggris bagi anda yang ingin mengembangkan kemampuan pekerjaan freelance dalam dunia bahasa inggris seperti copywriting, desain animasi, gambar dan juga pekerjaan kantor dari seluruh Indonesia dan penjuru dunia.

Leave a comment