Apa itu Digital Marketing dan Tips Belajar Digital Marketing

Apa Itu Digital Marketing – Digital marketing kini menjadi tren baru dalam dunia bisnis. Berbeda dengan revolusi industri sebelumnya yang sangat bergantung pada modal dan lokasi usaha untuk memulai bisnis.
Kini siapa saja bisa berbisnis dan memiliki peluang sukses yang sama meskipun tanpa modal produk di tangan. Perkembangan dunia digital marketing pun semakin pesat seiring pesatnya pertumbuhan teknologi.

Peluang pun semakin besar bagi generasi milenial dalam mengembangkan bisnis dan usahanya. Hal ini mengingat jumlah pengguna smartphone khususnya media sosial dan internet pun semakin meningkat.
Kini menjual produk dapat dilakukan dengan sangat mudah, dengan target konsumen yang cakupannya lebih luas dan bisa tersebar ke seluruh dunia. Tentu saja hal ini lebih menguntungkan dibandingkan toko offline yang hanya bergantung pada orang-orang di daerahnya saja.

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah kegiatan mempromosikan produk barang maupun jasa yang dijual dengan menggunakan media elektronik. Dalam hal ini termasuk iklan atau promosi yang ditayangkan melalui televisi, radio, dan smartphone.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Sehingga bisa dikatakan bahwa digital marketing sendiri sudah dipraktekkan sejak dulu meskipun baru booming sekarang. Adanya digital marketing ini memberikan peluang yang lebih luas untuk meningkatkan strategi marketing.

Komunikasi dan kontak antara pengguna atau pelaku digital marketing dengan target pasar menjadi sangat mudah untuk dilakukan. Peningkatan omzet pun bukan sesuatu yang mustahil lagi karena internet sendiri dapat mencapai cakupan yang sangat luas hingga mendunia.

Keunggulan Belajar Digital Marketing

Saat ini, digital marketing lebih banyak diminati para pelaku bisnis karena dinilai lebih efektif dibandingkan strategi marketing cara lama. Berikut ini beberapa keunggulan digital marketing yang bisa Anda dapatkan jika Anda belajar digital marketing, diantaranya:

1. Biaya yang lebih murah

Anda hampir tidak mengeluarkan modal untuk melakukan promosi di media sosial jika menggunakan cara organik (tanpa iklan berbayar). Smartphone dan kuota internet cukup menjadi modal utama Anda untuk melakukan promosi terhadap barang atau jasa yang Anda jual. Bahkan dengan menggunakan iklan berbayar pun akan jauh lebih murah dibandingkan dengan memasang iklan baik di billboard, majalah, maupun koran.

Baca Juga  Rekomendasi 4 Aplikasi Edit Video Youtubers Terbaik

2. Dapat menjangkau target pasar yang ideal

Dengan menggunakan digital marketing, Anda bisa dengan mudah menjangkau target pasar yang Anda inginkan. Sehingga promosi yang Anda lakukan pun akan lebih tepat sasaran. Hal ini dikarenakan terdapat alat analisa seperti SEO untuk menemukan konsumen dengan topik yang berkaitan dengan bisnis yang Anda jalankan.

Ketika Anda menggunakan instagram maupun facebook Ads terdapat pilihan target demografi market yang akan Anda tuju. Mulai dari jenis kelamin, usia, dan lokasi pisa Anda pilih sehingga promosi yang dilakukan bisa tersegmentasi dengan jelas untuk menghemat biaya. Kemampuan seperti ini tentu cukup sulit dilakukan media lainnya.

3. Kemudahan melakukan improvisasi terhadap taktik dan strategi marketing

Dengan menggunakan digital marketing, Anda akan dengan sangat mudah melihat jumlah pengunjung dan interaksi yang ada di media sosial. Sehingga Anda pun dapat dengan mudah melakukan perbaikan dan improvisasi agar promosi yang dilakukan bisa sesuai dengan yang diharapkan. Karena bagaimanapun juga algoritme di media sosial terus berkembang dan selalu berubah sehingga sebagai Anda pun harus lebih jeli dan selalu upgrade.

Tips Belajar Digital Marketing dengan Mudah

Praktek tanpa ilmu tentang digital marketing adalah omong kosong, sehingga sangat penting untuk belajar digital marketing terlebih dahulu sebelum Anda melakukan promosi. Tidaklah sulit untuk belajar digital marketing karena Anda cukup memiliki kemauan keras dan mempelajari poin-poin penting berikut ini:

1. Search Engine Optimizer (SEO)

SEO sangat erat kaitannya dengan keyword yang kita tuliskan pada form mesin pencari Google. SEO harus dihadirkan dalam sebuah konten promosi baik itu hard selling maupun soft selling agar bisa masuk SERP (Search Engine Result Page). Konten yang mengandung SEO akan dengan sangat mudah masuk ke peringkat teratas pada halaman pertama pencarian.

Tips belajar SEO adalah sebagai berikut:

• Melakukan riset kata kunci terlebih dahulu dengan menggunakan Google Trends atau Google Keyword Planner.
• Pelajari bagaimana menentukan keyword utama dan LSI keyword untuk dimasukkan ke dalam sebuah konten.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Sekilas SEO dan SEM memang terdengar mirip, namun jika Anda ingin lebih hemat maka maksimalkan di SEO karena gratis. Sedangkan SEM merupakan sistem optimasi yang berbayar. Fitur untuk SEM sendiri tersedia dalam bentuk Adwords yang disediakan untuk para pengiklan yang ingin menampilkan produknya dalam SERP.

Baca Juga  Kursus Digital Marketing dan Pelatihan Digital Marketing

Tips belajar SEM adalah sebagai berikut:

• Pahami tentang Adwords tentang bagaimana menentukan target market agar biaya yang dikeluarkan untuk optimasi bisa maksimal dan efektif.
• Mulai pelajari dari media sosial Ads terlebih dahulu seperti Facebook Ads maupun Instagram Ads.

3. Konten

Setelah memahami bagaimana mengoptimalkan SEO dan SEM, langkah berikutnya adalah menggunakan konten yang menarik. Konten menjadi isi atau daging dari sebuah promosi untuk menarik perhatian yang melihat atau membaca konten tersebut. Ada beberapa strategi untuk membuat konten marketing yang menarik, di antaranya:

• Storytelling dengan memberikan cerita yang menarik dan memiliki potensi viral sehingga konten tersebut menjadi atensi publik dan brand Anda pun menjadi pusat perhatian.

• Video dengan membuat video promosi baik berupa live, rekaman, maupun campuran karena video dinilai menjadi media yang paling mudah dan disukai oleh pengguna internet untuk dilihat.

4. E-mail Marketing

Jika Anda sering mendapat e-mail newsletter dari brand-brand tertentu, maka hal tersebut merupakan salah satu trik digital marketing yang mereka lakukan. Tujuannya agar brand tersebut tetap bisa keep in touch dengan calon konsumennya setiap waktu. E-mail marketing sendiri banyak digunakan untuk personal branding dan e-commerce.

5. Social Media Marketing

Hampir semua pengguna internet memiliki media sosial dan bahkan sekitar 49% – 90% orang membeli produk melalui media sosial. Tak heran jika saat ini instagram dan facebook menjadi media sosial yang paling ampuh sebagai media promosi. Hal tersebut didukung dengan public figure dan selebgram atau influencer yang membuka jasa endorse untuk mempromosikan produk penjual.

Iklan berbayar seperti paid promote pun juga banyak ditawarkan akun-akun publik. Bahkan kini instagram dan facebook sudah semakin memperluas target market dengan menyediakan fitur iklan berbayar Ads. Promosi melalui media sosial pun dinilai sangat efektif karena sebagian besar pengguna internet tidak terlepas dari media sosial setiap harinya.

Peluang untuk sukses berbisnis pun semakin terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin belajar dan memiliki kemauan kuat untuk selalu upgrade ilmu. Tinggal bagaimana Anda apakah akan memilih menjadi pelaku atau penonton. Tidak hanya aset seperti tanah atau bangunan saja yang harus diinvestasikan. Ilmu pun menjadi aset paling berharga yang harus selalu dipelajari dan di-upgrade agar tidak ketinggalan perkembangan.

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"