Apa Itu Copywriter? Inilah Pengertian dan Tugas-Tugas Copywriter

Apa Itu Copywriter – Dewasa ini, bekerja di dunia industri kreatif semakin banyak digandrungi, terutama oleh generasi muda yang baru saja mulai bekerja. Banyak perusahaan-perusahaan besar juga yang ingin mengembangkan industri kreatif ini, salah satunya adalah dalam tulisan yaitu melalui seorang copywriter.

Seperti yang bisa diperhatikan, banyak pelaku usaha yang mulai melirik pada profesi copywriter untuk meningkatkan brand nya tersendiri. Kini keberadaan copywriter sangat krusial, mengingat banyak aktivitas manusia yang berbasis digital dan internet.

Ilmu copywriter ini terbilang baru, oleh karena itu banyak perusahaan harus cukup selektif untuk memilih copywriter yang benar-benar handal dan berpengalaman. Namun kini sudah banyak perusahaan iklan yang menyediakan jasa copywriter, tentu saja yang sudah berpengalaman dan handal.
Orang awam mungkin akan memandang jika pekerjaan copywriter itu mudah dan mengira copywriter sama saja seperti penulis biasa. Namun pekerjaan yang dilakukan copywriter cukup menantang dan tentu saja berbeda dengan penulis biasa. Jadi sebenarnya apa itu copywriter? Dibawah ini kita akan mengulik tentang pengertian copywriter, tugas copywriter hingga gaji copywriter, sebagai berikut.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Baca Juga : Pengertian Kata Kunci

Apa Itu Copywriter ?

Apa Itu Copywriter , Pengertian dari copywriter sendiri merupakan sebutan untuk seseorang yang bekerja menulis konten kreatif untuk tujuan mempromosikan atau menginformasikan. Intinya, seorang copywriter menjual sesuatu menggunakan kata-kata yang mereka buat dan memiliki makna persuasif sehingga orang lain menjadi tertarik.

Oleh karena itu, banyak copywriter yang dibutuhkan dalam dunia iklan, khususnya digunakan untuk konten marketing. Seorang copywriter membuat tulisan dengan harapan tulisan yang dibuatnya dapat membuat pembaca membeli dan tertarik, jadi berbeda dengan content writer yang dikenal menulis hal yang informatif, edukatif dan menarik.

Terlihat mudah? Tidak juga. Karena tidak semua orang bisa melakukan pekerjaan seperti copywriter dan berhasil. Menjadi copywriter memiliki banyak sekali tanggung jawab, karena tulisan yang dibuat akan menentukan citra perusahaan atau brand tertentu. Sehingga harus paham betul dengan apa yang akan ditulis.

Baca Juga  Pemanfaatan Teknologi Dalam Bidang Pemasaran

Bekerja sebagai copywriter juga membutuhkan skill dan kemampuan khusus dalam memasarkan sesuatu. Copywriter tidak hanya bekerja pada perusahaan iklan saja, tetapi juga bisa bekerja di media cetak seperti koran, majalah bahkan media online seperti TV atau radio.

Apa Sajakah Tugas Copywriter?

Jika Anda berpikir pekerjaan seorang copywriter itu sangatlah mudah hanya membuat tulisan yang menjual saja, Anda salah besar. Banyak hal yang perlu dilakukan sebelum copywriter membuat tulisan. Oleh karena itu, dibawah ini ada beberapa tugas dasar dari seorang copywriter, diantaranya yaitu:

  • 1. Seorang Copywriter Harus Berpikir Kreatif

Seorang copywriter dituntut harus kreatif. Tentu saja, karena mereka harus memiliki banyak ide agar bisa membuat tulisan yang menarik. Maka dari itu banyak copywriter handal yang memilki tingkat kreativitas yang tinggi dan selalu berpikir out of the box.

Jika Anda suka bekerja sambil berkreasi apalagi jika suka menulis, maka pekerjaan ini mungkin saja bisa cocok untuk Anda. Untuk membuat iklan, Anda harus selalu memiliki ide baru agar bisa memasarkan produk dan berhasil menarik hati calon pembeli.

Sebuah konten yang Anda suguhkan akan membuat pandangan masyarakat berubah menjadi negatif atau positif, oleh karena itu harus sajikan konten berbobot dan menarik. Selain itu kata-kata yang Anda buat bisa dilihat bagus atau tidaknya melalui rangkaian kata yang Anda pilih.

Seorang copywriter harus bisa memilih kata-kata yang layak atau tidak, karena kata-kata yang tidak menarik malah akan menghilangkan minat calon pembeli. Copywriter juga harus membuat tulisan yang seolah-olah ‘bicara’ dan ‘menghipnotis’ orang-orang yang melihat iklan.

  • 2. Melakukan Observasi atau Pengamatan Sebelum Membuat Konten

Hal terpenting sebelum membuat konten atau tulisan yaitu melakukan observasi atau pengamatan terlebih dahulu. Hal ini berfungsi untuk membandingkan konten yang ingin Anda buat dengan konten lainnya. Selain itu Anda juga bisa mengetahui konten seperti apa yang sedang booming saat ini, sehingga sesuai dengan target sasaran yang Anda buat.

Misalnya saja saat ini sedang booming tentang hal tertentu, maka Anda harus mencari tahu apakah konten yang Anda buat nantinya bisa berkesinambungan dengan hal tersebut. Jika bisa maka Anda bisa menyisipkan hal yang sedang booming tersebut supaya konten iklan yang Anda buat dilirik banyak orang.

Maka dari itu tidak hanya kreatif, Anda juga harus pintar dalam melakukan pertimbangan saat membuat konten agar yang dihasilkan dapat maksimal. Anda juga perlu melakukan perencanaan yang tepat atau bahkan wawancara dan penelitian kepada beberapa orang.

  • 3. Memiliki Sudut Pandang yang Luas
Baca Juga  Apa Itu Copywriting? Copywriting Adalah Teknik Menulis yang Harus Kamu Tahu

Karena copywriter berhubungan dengan target sasaran dan klien, maka Anda harus memiliki banyak sudut pandang. Jika Anda membuat konten untuk orang dewasa, Anda harus mengambil peran sebagai orang dewasa, apakah mereka akan menyukai iklan yang Anda buat.

Begitupun jika Anda membuat iklan untuk anak kecil, Anda harus mengambil peran juga sebagai anak kecil, atau bahkan mengambil penelitian kepada anak kecil di sekitar Anda. Sehingga Anda bisa pastikan iklan yang Anda buat sudah benar dan menarik.

Disini Anda akan belajar memahami ketentuan dan keinginan klien yang berbeda-beda sesuai permintaan mereka. Tentu saja menyesuaikan antara keinginan klien dan konsep Anda serta ketentuan dari biro atau agensi iklan Anda bukanlah hal yang mudah.

Apa Itu Copywriter

  • 4. Aktif di Berbagai Media dan Paham Peraturan-Peraturannya

Seorang copywriter haruslah aktif dalam berbagai media, misalnya saja di media sosial. Anda harus paham betul dengan berbagai peraturan dari media tersebut yang tentu saja berbeda-beda.

Misalnya saja antara instagram dan twitter. Di instagram terdapat story, namun berbeda dengan twitter. Di twitter terdapat pembatasan penulisan karakter, namun tidak dengan instagram. Dengan memahami hal tersebut Anda jadi bisa berselancar bebas ketika melakukan tugas Anda di sosial media.

Selain itu, di sosial media terdapat tagar yang bisa menciptakan tagline untuk konten yang ingin Anda buat. Tagline ini harus menarik sehingga bisa membuat pelanggan ingat dengan brand Anda.

  • 5. Bisa Meningkat Traffic Website/Blog dengan SEO

Dimanakah copywriter bermunculan? Jawabannya tentu saja dominan di website atau blog. Banyak perusahaan yang merekrut copywriter untuk bisa meningkatkan traffic di website atau blog mereka.
Disini copywriter harus paham dengan yang namanya SEO atau Search Engine Optimization. SEO ini akan menentukan bagaimana traffic dari website atau blog yang Anda kelola. Oleh karena itu pemilihan SEO juga terdapat tekniknya.

Berapakah Gaji Copywriter?

Gaji Copywriter di Indonesia berkisar dari Rp750.000 hingga Rp12.500.000, tergantung dari kehandalan dan pengalaman copywriter tersebut. Jika dirata-ratakan, maka gaji copywriter adalah Rp4.700.000 atau tergantung pada UMK / UMP di masing masing daerah.

Itulah dia beberapa pembahasan singkat mengenai apa itu copywriter, tugas copywriter, serta gajinya. Untuk kalian yang berminat menjadi copywriter, semoga bisa terbantu dengan membaca artikel ini ya.

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"