5 Universitas Terbaik di Australia 2019

Universitas Terbaik di Australia – Beragam pilihan studi ditawarkan Australia bagi siswa internasional, dengan lebih dari 1.200 institusi dan lebih dari 22.000 program yang dapat dipilih. Sistem pendidikan kelas dunia yang mereka miliki menarik siswa internasional ke negara ini dalam jumlah yang cukup besar.
Jika kamu ingin belajar di Australia, tentu kamu akan memerlukan informasi tentang pilihan universitas terbaik di Australia. Kampus mana saja yang terbaik di Australia? Simak daftar universitas terbaik di Australia berikut ini.

6 Universitas Terbaik di Australia 2019

Menurut peringkat Times Higher Education 2019, universitas terbaik di Australia yaitu:

1. Universitas Melbourne (UNIMELB)

Universitas Melbourne merupakan salah satu universitas tertua di Australia yang didirikan pada tahun 1853. Universitas Melbourne menampung lebih dari 42.000 siswa dan 6.500 anggota staf, dan memiliki 280.000 alumni di seluruh dunia.

Siswa internasional yang terdaftar di universitas ini ada lebih dari 12.000 yang berasal dari 130 negara yang berbeda. Universitas terbaik di Australia ini menawarkan kursus dan program yang mengarah ke gelar pendidikan tinggi yang diakui secara resmi seperti gelar pra-sarjana (yaitu sertifikat, gelar associate atau foundation, diploma), gelar sarjana, gelar master, gelar doktor di beberapa bidang studi.

Universitas Melbourne merupakan salah satu universitas riset paling progresif yang memiliki 11 lembaga akademik yang terpisah, yang meliputi lembaga penelitian seperti Walter dan Eliza Institute of Medical Research, Neuroscience dan Mental Health, dan Grattan Institute.

Universitas terbaik di Australia ini secara konsisten menempati peringkat 50 dunia. Selain menawarkan program sarjana dan pascasarjana, Universitas Melbourne juga menawarkan gelar penelitian termasuk penelitian fisioterapi, kedokteran, ilmu kesehatan, ilmu kedokteran hewan, seni rupa dan arsitektur.

2. Universitas Nasional Australia (ANU)

Australian National University (ANU) merupakan universitas terkemuka yang berada di Canberra. Pada awalnya universitas terbaik di Australia ini didirikan sebagai universitas pascasarjana pada tahun 1946 oleh Parlemen Australia.

Universitas Nasional Australia ini secara konsisten diperingkatkan di antara universitas – universitas terbaik di dunia. Universitas Nasional Australia menarik siswa – siswa dari seluruh dunia, dengan sekitar seperempat siswanya datang dari berbagai negara di luar Australia.

Universitas terbaik di Australia ini menampung lebih dari 25.000 mahasiswa, hampir setengahnya belajar di tingkat pascasarjana. Universitas ini merupakan satu – satunya anggota Australia di International Alliance of Research Universities (IARU).

IARU adalah Aliansi lembaga penelitian dan pengajaran terkemuka berbagi visi global, dengan fokus pada pengajaran yang dipimpin penelitian, mendidik para pemimpin masa depan dan mengatasi beberapa tantangan terbesar abad ini.

3. Universitas Sydney

Universita Sydney adalah universitas tertua di Australia yang didirikan pada tahun 1851. Universitas Sydney secara konsisten masuk dalam peringkat 50 universitas top dunia. Universitas terbaik di Australia ini memiliki standar penelitian dan pengajaran yang dimiliki universitas – universitas terbaik dunia.

Sekitar 42.000 mahasiswa melanjutkan studi di Universitas Sydney. Para siswa tersebut mewakili sekitar 134 negara. Universitas ini menawarkan sekitar 280 program pertukaran luar negeri yang dijalankan dengan lebih dari 30 negara.

Tidak kurang dari lima perdana menteri Australia pernah berkuliah di universitas terbaik di Australia ini, termasuk Edmund Barton, yang pada tahun 1901 memenangkan pemilihan federal pertama di Australia.

4. Universitas Queensland (UQ)

Universitas Queensland memiliki kampus utama di ibukota negara bagian Brisbane. Universitas ini telah menghasilkan sejumlah inovasi penelitian terbaru. Universitas Queensland adalah satu dari tiga anggota Australia di Universitas 21 global, anggota pendiri Universitas Kelompok Delapan (Go8), dan anggota Universitas Australia.
Universitas Queensland memiliki fokus yang kuat pada keunggulan mengajar, setelah memenangkan lebih banyak Penghargaan Australia untuk Pengajaran Universitas (AAUT) dan menarik sebagian besar siswa berprestasi akademik tertinggi di Queensland, serta siswa internasional terbaik.

Universitas Queensland menampung lebih dari 52.000 siswa yang belajar di tiga kampus UQ yang indah di Queensland Tenggara. Jumlah tersebut termasuk sekitar 15.400 siswa internasional yang berkontribusi pada komunitas kampus UQ yang beragam, mendukung dan inklusif.

5. Universitas Monash

Universitas Monash merupakan universitas terbesar di Australia yang didirikan pada tahun 1958. Universitas terbaik di Australia ini memiliki kampus utama di Melbourne tetapi juga memiliki lima kampus di negara bagian Victoria dan dua di luar negeri, di Malaysia dan Afrika Selatan.

Universitas Monash juga memiliki pusat penelitian dan pengajaran di kota Prato, Italia, sebuah sekolah penelitian di Mumbai, India, dan sekolah pascasarjana di Provinsi Jiangsu, Cina.

Universitas Monash menawarkan kursus dan program yang mengarah ke gelar pendidikan tinggi yang diakui secara resmi seperti gelar pra-sarjana (yaitu sertifikat, diploma, gelar associate atau foundation), gelar sarjana, magister, gelar doktor di beberapa bidang studi.

Universitas Monash menawarkan 219 program studi di 24 bidang studi dan aktif di lebih dari 150 bidang penelitian, serta bekerja erat dengan pemerintah dan industri. Universitas ini masuk 50 besar di dunia untuk banyak disiplin ilmu: hukum, bisnis, farmasi dan farmakologi, teknik kimia, kedokteran, dan akuntansi dan keuangan

Universitas Monash memiliki sekitar 44.000 mahasiswa sarjana dan 20.000 mahasiswa pascasarjana. Alumni terkemuka universitas ini termasuk musisi Nick Cave, novelis pemenang Booker Prize Peter Carey, dan penulis naskah drama David Williamson.

6. Universitas New South Wales

Universitas New South Wales merupakan universitas penelitian dan pengajaran terkemuka di dunia yang didirikan pada tahun 1949. Universitas ini menampung lebih dari 59.000 siswa dari lebih 130 negara dan komunitas alumni yang terdiri dari 300.000 yang tersebar di dunia.

Kampus utama Universitas New South Wales terletak di lokasi 38 hektar di Kensington, tujuh kilometer dari pusat Sydney. Kampus lainnya yaitu UNSW Art & Design (Paddington) dan UNSW Canberra di ADFA (Australian Defense Force Academy).

Universitas terbaik di Australia ini memiliki salah satu komunitas riset terbesar di negara ini dengan lebih dari 4.300 peneliti. Universitas New South Wales adalah pemimpin dunia yang diakui dalam fotovoltaik, penelitian HIV / AIDS dan komputasi kuantum, dan memiliki reputasi internasional di banyak bidang lainnya.

Leave a comment