Universitas Oxford:Profil, Biaya, Beasiswa, dan Pendaftaran

Universitas Oxford – Apakah kamu ingin kuliah di Universitas Oxford seperti Maudy Ayunda? Universitas Oxford memang dikenal sebagai Universitas bergengsi di dunia. Menempuh pendidikan di Universitas Oxford yang juga merupakan salah satu universitas terbaik di dunia, tentu sangatlah membanggakan.

Nah, jika kamu tertarik untuk berkuliah di Universitas Oxford London, kamu bisa menyimak informasi mengenai profil Universitas Oxford, jurusan, pendaftaran, beasiswa, dan cara masuk Universitas Oxford Inggris berikut ini.

Profil Universitas Oxford

Universitas Oxford dikenal sebagai Universitas pertama di dunia yang berbahasa Inggris. Universitas Oxford juga dikenal sebagai universitas tertua di Inggis yang telah berumur lebih dari 800 tahun sejak Universitas Oxford di London didirikan pada tahun 1096.

Universitas Oxford telah membangun reputasi untuk prestasi dan keunggulan di bidang akademik. Oxford berada di peringkat di antara lembaga pendidikan tinggi terbaik untuk kualitas pengajaran, dan untuk berbagai penemuan, proyek penelitian, dan inovasi yang mengubah dunia.

Menurut Kerangka Penelitian Keunggulan 2014, penilaian resmi seluruh penelitian universitas di Inggris, Universitas Oxford memiliki volume terbesar penelitian terkemuka di dunia yang berasal dari negara itu.
Universitas Oxford di London adalah anggota Grup Russell dari universitas – universitas Inggris yang dipimpin oleh penelitian, juga tergabung dalam Grup Coimbra (jaringan universitas – universitas Eropa terkemuka), dan Liga Universitas – Universitas Riset Eropa, serta menjadi anggota inti dari Europaeum.

Universitas Oxford secara konsisten masuk dalam ranking 10 universitas top dunia. Universitas Oxford di London menempati peringkat pertama di dunia dalam Times University of Times, Higher Higher Education (THE) untuk 2017, 2018 dan 2019.

Persaingan untuk masuk ke Universitas Oxford sangat kompetitif, dengan lebih dari 21.500 orang mendaftar untuk sekitar 3.300 tempat sarjana untuk masuk pada tahun 2018. Universitas ini menawarkan lebih dari 350 program sarjana.

Ada hampir 24.000 siswa di Oxford, termasuk 11.747 sarjana dan 11.687 pascasarjana. Siswa internasional membentuk hampir 43% dari total siswa di Universitas Oxford, dengan lebih dari 10.000 siswa. Para siswa yang datang ke Oxford berasal dari lebih dari 150 negara dan wilayah.

Tahukah Kamu Universitas Oxford Dimana?

Universitas Oxford berada di kota Oxford, yang terletak sekitar 60 mil (90 km) barat laut London. Kota ini berpenduduk sekitar 150.000 jiwa. Oxford dikenal sebagai “kota menara mimpi”, sebuah istilah yang diciptakan oleh penyair Matius Arnold mengacu pada arsitektur yang harmonis dari bangunan Universitas Oxford.

Inilah Fakta Universitas Oxford yang Perlu Kamu Tahu

1. Bangunan – bangunan di Oxford mencerminkan setiap periode arsitektur Inggris sejak kedatangan Saxon, termasuk Radcliffe Camera abad ke-18.

2. Universitas Oxford mendapat peringkat Emas dalam 2017 Teaching Excellence Framework dan prospek karir bagi lulusan tetap beberapa yang terbaik di Inggris.

3. Universitas Oxford London, termasuk perguruan tinggi dan Oxford University Press merupakan pemberi kerja terbesar di Oxfordshire, yang mendukung sekitar lebih dari 30.000 pekerjaan di county dan menyuntikkan lebih dari £ 2,3 miliar setiap tahun ke dalam ekonomi regional.

4. Oxford telah mendefinisikan bahasa Inggris untuk banyak orang di seluruh dunia melalui kamus dan buku – buku lain dari Oxford University Press (OUP). OUP merupakan pers universitas terbesar di dunia, yang ada di 50 negara.

5. Alumni Universitas Oxford London lebih dari 275.000 yang tersebar di hampir setiap negara di dunia, ermasuk lebih dari 120 peraih medali Olimpiade, 26 pemenang Hadiah Nobel, tujuh penyair pemenang penghargaan, dan lebih dari 30 pemimpin dunia modern.

6. Universitas Oxford memiliki perpustakaan terbesar di Britania Raya dengan lebih dari 100 perpustakaan dan koleksi buku yang mencapai 11 juta eksemplar.

Universitas Oxford Jurusan

Setiap jurusan Universitas Oxford memiliki persyaratan dan tahapan seleksi yang berbeda. Jurusan Universitas Oxford yang populer diantaranya kedokteran, hukum, sejarah, literatur Inggris, filsafat, politik, dan ekonomi.
Berikut ini fakultas Universitas Oxford dan Jurusannya:

• Seni & Humaniora
? Bahasa, Sastra & Linguistik
? Sejarah, Filsafat & Teologi
? Seni, Seni Pertunjukan & Desain

• Klinis, pra-klinis & kesehatan
? Kedokteran & Kedokteran Gigi
? Kesehatan Lainnya

• Bisnis & Ekonomi
? Ekonomi & Ekonometrika

• Teknik & Teknologi
? Teknik Listrik & Elektronik
? Teknik Mesin & Dirgantara
? Teknik Kimia
? Teknik Sipil
? Teknik Umum

• Ilmu Fisika
? Matematika & Statistik
? Fisika & Astronomi
? Kimia
? Ilmu Geologi, Lingkungan, Bumi & Kelautan

• Hukum
? Hukum

• Ilmu Sosial
? Sosiologi
? Geografi
? Politik & Studi Internasional (termasuk Studi Pembangunan)

• Psikologi
? Psikologi

• Ilmu kehidupan
? Ilmu biologi

• Ilmu Komputer
? Ilmu Komputer

Universitas Oxford Biaya

Berapa sih biaya kuliah di Universitas Oxford? Biaya kuliah sarjana untuk siswa Inggris dan Uni Eropa berkisar antara £ 9,000 – £ 9,250 per tahun. Sementara biaya untuk siswa internasional biasanya lebih mahal dibandingkan dengan Universitas Oxford biaya untuk siswa Inggris/Uni Eropa.

Biaya untuk siswa asing yang berasal dari luar Uni Eropa berkisar antara £ 24.750 – £ 34.678. Biaya untuk kuliah kedokteran di Universitas Oxford biasanya lebih tinggi dari biaya tersebut. Untuk mengetahui biaya kuliah di Universitas Oxford yang lebih lengkap, kamu bisa mengakses melalui situs resmi Universitas Oxford.

Universitas Oxford Beasiswa

Salah satu cara untuk membiayai kuliah di Universitas Oxford London yaitu dengan Universitas Oxford beasiswa. Ada lebih dari 1.000 beasiswa lulusan penuh yang tersedia untuk kursus mulai tahun 2019/2020.

Beasiswa full akan menanggung biaya kuliah dan biaya hidup kamu. Namun, beasiswa Universitas Oxford hanya bisa didapatkan oleh pelamar yang memenuhi kriteria kelayakan. Sebagian besar beasiswa Oxford bernilai lebih dari £ 1.000 diiklankan melalui Biaya, Pendanaan, dan Pencarian Beasiswa.

Sebagian besar beasiswa Oxford diberikan antara akhir Februari dan Juni. Tanggal perkiraan pengambilan keputusan biasanya akan diberikan dalam informasi beasiswa yang tersedia dari daftar Beasiswa A-Z. Kamu bisa melihat informasi lebih lanjut mengenai Universitas Oxford beasiswa di situs web http://www.ox.ac.uk/admissions/graduate/fees-and-funding/fees-funding-and-scholarship-search.

Pendaftaran Universitas Oxford

Jika kamu ingin belajar di Universitas Oxfoed, kamu bisa melakukan pendaftaran Universitas Oxford melalui UCAS. Kamu bisa mengisi aplikasi UCAS untuk Universitas Oxford dan mengikuti proses pendaftaran dengan mempersiapkan:

– Data – data pribadi
– Data keuangan
– Pendidikan terakhir
– Jurusan yang dipilih
– Pernyataan pribadi yang berisi tentang alasan memilih Universitas Oxford dan jurusan
– Referensi akademik
– Pengalaman kerja
– Deklarasi final

Cara Masuk Universitas Oxford Inggris

Berikut ini tahapan dan cara masuk Universitas Oxford Inggris:
1. Melengkapi aplikasi UCAS untuk Universitas Oxford
2. Mengikuti tes tertulis untuk beberapa jurusan
3. Written work untuk sebagian jurusan
4. Tes wawancara

Leave a comment