Profil Universitas Melbourne: Letak, Fasilitas, Biaya, dan Jurusan

Universitas Melbourne – Apakah kamu ingin kuliah di Australia? Universitas Melbourne bisa menjadi pilihan karena universitas ini memiliki kualitas pendidikan yang berstandar internasional dan diakui secara global. Simak profil tentang Universitas Melbourne berikut ini.

Profil Universitas Melbourne

Universitas Melbourne adalah universitas penelitian yang memiliki tradisi keunggulan dalam pengajaran, penelitian, serta keterlibatan masyarakat. Universitas Melbourne yang didirikan pada tahun 1853 ini merupakan salah satu univeritas tertua di Australia.

Pada awalnya, universitas ini hanyalah sekelompok bangunan di taman besar pinggiran kota dengan 4 profesor dan 16 mahasiswa. Namun, Universitas Melbourne semakin berkembang bukan hanya menjadi yang terbaik di Australia, tetapi juga salah satu yang terbaik di dunia. Universitas ini diakui secara internasional karena kinerjanya yang luar biasa.

Universitas Melbourne merupakan salah satu universitas riset paling progresif, universitas ini memiliki staf yang sangat baik yang membuat penemuan dan penelitian baru.

Universitas Melbourne didukung oleh lebih dari 8.000 staf akademik dan profesional mendukung badan siswa yang dinamis lebih dari 48.000, termasuk 13.000 siswa internasional dari lebih dari 130 negara di seluruh dunia.
Universitas ini memiliki 11 lembaga akademik yang terpisah, yang meliputi lembaga penelitian seperti Walter dan Eliza Institute of Medical Research, Neuroscience dan Mental Health, dan Grattan Institute.

Para mahasiswa yang kuliah di universitas ini memiliki kesempatan untuk mempelajari semua mata pelajaran sebelum memilih mata pelajaran tertentu dari bidang minat mereka.

Universitas Melbourne menyelenggarakan kegiatan budaya seperti teater, film, komedi dan kuliah umum. Selain itu, universitas ini berafiliasi dengan lebih dari 200 klub dan perkumpulan yang melibatkan klub Catur, masyarakat Chocolate Lover, dan juga Wanita dalam Sains dan Teknik.

Di kampus ini terdapat Asosiasi Olahraga Universitas Melbourne yang menjadi penerus Melbourne Sports Union sebelumnya. Univeritas ini juga telah berpartisipasi dalam berbagai program olahraga juga termasuk kompetisi Bersepeda Nasional.

Letak Universitas Melbourne

Kampus utama Universitas Melbourne berlokasi di Parkville di kota Melbourne, sementara kampus lainnya berlokasi di Dookie, Southbank, Burnley, Cresswick dan Werribee di wilayah Victoria.

• Kampus Parkville
1—100 Grattan Street, Parkville, Victoria, 3010
http://www.unimelb.edu.au/

• Kampus Dookie
940 Dookie-Nalinga Road, Dookie College VIC 3647, Australia
http://www.dookie.unimelb.edu.au/

• Kampus Southbank
234 St. Kilda Road, Southbank, Victoria, 3006

• Kampus Burnley
500 Yarra Boulevard, Richmond VIC 3121

• Kampus Creswick
Water street, Creswick VIC 3363, Australia

• Kampus Shepparton
49 Graham Street, Shepparton, Victoria, 3630

• Kampus Werribee
250 Princes Highway, Werribee, Victoria, 3030
Untuk menemukan alamat fakultas tertentu, kunjungi situs web fakultas Universitas Melbourne.

Ranking Universitas Melbourne

Universitas Melboourne menempati urutan ke-1 ranking universitas terbaik di Australia menurut Times Higher Education 2019, US News Best Global Universities 2019, dan QS World University Rankings 2019. Sementara untuk ranking global, yaitu:

• Peringkat ke-32 dunia menurut Times Higher Education World University Rankings 2019
• Peringkat ke-38 dunia menurut Academic Ranking of World Universities 2018
• Peringkat ke-47 dunia menurut Times Higher Education World Reputation Rankings 2018
• Peringkat ke-26 menurut US News Best Global Universities 2019

Program untuk Siswa Internasional

Universitas Melbourne telah merancang program dukungan siswa internasional untuk memenuhi kebutuhan para siswa internasional, diantaranya yaitu panduan pra-keberangkatan mencakup diskusi khusus tentang pemrosesan visa pelajar, dokumen yang diperlukan yang harus dibawa oleh siswa, perumahan siswa, asuransi, tujuan dan keselamatan di Australia.

Bahkan, universitas ini juga menawarkan penjemputan bandara gratis sehingga siswa tidak perlu khawatir bagaimana untuk sampai ke akomodasi mereka. Universitas menyediakan jaminan akomodasi untuk semua mahasiswa sarjana yang mendaftar untuk tinggal di Akomodasi Universitas.

Selain itu, ada juga berbagai pilihan akomodasi lainnya termasuk Residential Colleges dan Student Village Melbourne. Siswa internasional bisa memilih akomodasi, termasuk asrama universitas, apartemen siswa, homestay, penyewaan pribadi dan berbagi perumahan.

Program pendukung lainnya yang disediakan universitas ini yaitu layanan konseling, layanan siswa internasional, serta layanan bahasa dan akademik.

Fasilitas Universitas Melbourne

Fasilitas olahraga di Universitas Melbourne, termasuk kolam renang indoor berpemanas, jalur atletik, lapangan olahraga, pusat kebugaran, studio kebugaran kelompok dan lapangan squash dan tenis.

Siswa didorong untuk berpartisipasi dalam acara dan kegiatan sosial serta program kepemimpinan dan sukarela.
Program dukungan seperti layanan medis dan gigi, bimbingan dan konseling, bantuan keuangan dan dukungan disabilitas juga tersedia.

Biaya Kuliah di Universitas Melbourne

Biaya kuliah di University of Melbourne bervariasi berdasarkan mata pelajaran dan lebih tinggi untuk siswa internasional. Kedokteran, ilmu kedokteran hewan dan kedokteran gigi adalah salah satu program universitas yang lebih mahal.

Rata – rata biaya kuliah jenjang S1 di Universitas Melbourne sekitar AUD 38.600 per tahun. Sementara untuk jenjang S2 dan S3 sekitar AUD 32.710 pertahun. Untuk kejuruan, biayanya sekitar AUD 32.910 per tahun.

Beasiswa di Universitas Melbourne

Universitas Melbourne menawarkan program beasiswa komprehensif yang mengakui prestasi akademik luar biasa siswa dari Australia dan siswa internasional. Beasiswa dan bantuan keuangan yang diberikan kepada siswa yang memenuhi kualifikasi kelayakan.

Beasiswa yang ditawarkan Universitas Melbourne untuk siswa internasional, salah satunya adalah The Melbourne International Research Scholarships (MIRS). Beasiswa ini diberikan pada siswa internasional yang ingin menempuh studi gelar sarjana penelitian di Universitas Melbourne.

Durasi MIRS hingga dua tahun bagi siswa yang mengambil gelar master berdasarkan gelar penelitian dan hingga tiga tahun, dengan kemungkinan perpanjangan enam bulan, untuk siswa yang mengambil gelar doktor berdasarkan gelar penelitian.

Jurusan di Universitas Melbourne

Universitas Melbourne memberikan kesempatan pada siswa untuk menghabiskan satu tahun menjelajahi berbagai bidang studi sebelum memilih jurusan. Mereka juga mempelajari mata pelajaran di luar maupun di dalam disiplin pilihan mereka, sehingga siswa Melbourne memiliki pengetahuan luas yang membedakan mereka.
Sarjana

Program studi jenjang sarjana yang ditawarkan Universitas Melbourne antara lain:

• Arsitektur
• Seni
• Ekonomi dan Perdagangan
• Pendidikan
• Teknik
• Hukum
• Kedokteran
• Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan
• Musik
• Sains
• Kedokteran Hewan
• Bisnis

Pascasarjana

Selain menawarkan program sarjana, Universitas Melbourne juga menawarkan banyak program pascasarjana. Mahasiswa pascasarjana dapat memperoleh kualifikasi master profesional, mengembangkan pengetahuan spesialis, atau melakukan penelitian pascasarjana.

Beberapa jurusan yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa pascasarjana diantaranya termasuk bisnis, desain, pendidikan, kedokteran gigi, seni, teknik, ilmu lingkungan, ilmu kesehatan, humaniora dan ilmu sosial, hukum, kedokteran dan teknologi informasi.

Universitas Melbourne juga menawarkan gelar penelitian, beberapa bidang penelitian yang bisa dipilih mahasiswa meliputi penelitian fisioterapi, kedokteran, ilmu kesehatan, ilmu kedokteran hewan, arsitektur, dan seni rupa.
Gelar master yang diberikan oleh Universitas Melbourne dapat mengarah ke-2 kuaifikasi, yaitu doktor dan master melalui penelitian.

Alumni Universitas Melbourne

Beberapa alumni Universitas Melbourne yang terkemuka diantaranya:

• Julia Gillard (Mantan Perdana Menteri AS)
• Profesor Ian H Frazer (Pemimpin vaksin Gardasil yang inovatif)
• Profesor Emeritus Gillian Triggs (Komisaris Hak Asasi Manusia),
• George Megalogenis (Komentator Politik)

Leave a comment