Universitas Durham: Profil, Akomodasi, Jurusan, Beasiswa

Universitas Durham – Universitas Durham merupakan salah satu universitas tertua di Inggris yang didirikan pada tahun 1832. Universitas riset publik ini universitas berlokasi di North East of England, Inggris. Universitas ini dibangun di samping situs warisan dunia abad pertengahan seperti katedral dan kastil.

Universitas Durham Inggris memiliki perkebunan seluas 563 hektar yang meliputi sebuah monumen kuno, bagian dari situs warisan dunia UNESCO, lima bangunan terdaftar kelas-1, 68 bangunan terdaftar kelas-2 bersama dengan 111 hektar hutan. Durham City dan Queen’s Campus di Stockton adalah dua lokasi di mana seluruh warisan universitas terbagi.

Menurut peringkat dari Times University Guide 2019, universitas ini menempati urutan ke-7 dan menurut peringkat dari Guardian University Guide 2020 menempati urutan ke-5 di Inggris. Universitas Durham juga menempati peringkat 78 di QS World University Rankings 2020.

Sebagai universitas perguruan tinggi, fungsi – fungsi utama di sini dipisahkan antara 16 perguruan tinggi dan departemen akademik.

Departemen universitas melakukan penelitian dan mengajar siswa sedangkan perguruan tinggi masing-masing menjaga pengaturan domestik dan kesejahteraan siswa. Universitas Durham di Inggris secara konsisten menempati peringkat sebagai universitas terbaik di Inggris dan di dunia.

Durham memiliki 26 departemen yang menawarkan lebih dari 200 program S1, S2, dan S3. Banyak dosen di Universitas Durham Inggris merupakan para ahli yang terdepan di bidangnya. Dengan memanfaatkan penelitian terkemuka dan keahlian bidang, dosen – dosen di Durham memberikan pengajaran dengan kualitas yang luar biasa bagi seluruh mahasiswa.

Badan mahasiswa Universitas Durham di Inggris terdiri dari 13.665 mahasiswa tingkat sarjana dan 4.720 mahasiswa magister. Pada penerimaan Sarjana di sesi 2013 – 2014, sekitar 26.030 aplikasi diterima oleh universitas untuk 4.200 kursi.

Pada tahun 2017, universitas melaporkan tingkat pekerjaan lulusan tertinggi dari universitas mana pun di Inggris. Dengan skor poin UCAS rata-rata 197 poin untuk pendatang baru di tahun 2016 – 2017, Universitas Durham Inggris ini berada di urutan kedelapan di negara itu berdasarkan poin pendatang.

Jurusan di Universitas Durham

Universitas Durham di Inggris menawarkan lebih dari 200 program S1, 130 program S2 dan S3 dengan pengajaran dan penelitian. Universitas Durham menyediakan banyak pilihan jurusan dengan program – program dirancang berdasarkan penelitian terkemuka di dunia.

Bagi banyak departemen, para dosen telah bekerja sama dengan para mahasiswa S2 dan S3 untuk mendapatkan umpan balik dan merancang kurikulum yang edukatif dan menantang. Dari penilaian Teaching Excellence Framework (TEF), yang menilai kualitas pengajaran di universitas – universitas di Inggris, Skotlandia, dan Wales, Universitas Durham di Inggris telah meraih nilai ‘Emas’ di TEF untuk standar pengajaran.

Ini berarti Durham telah menyelenggarakan pengajaran dan hasil belajar yang luar biasa bagi para mahasiswanya. Sekitar 83% penelitian yang diajukan Universitas Durham Inggris, diklasifikasikan sebagai “sangat baik secara internasional” atau “terdepan di dunia” dalam Kerangka Keunggulan Penelitian 2014.

Struktur departemen di Durham University terbagi menjadi tiga fakultas, yaitu:

• Fakultas Seni dan Ilmu Budaya

Ada tujuh departemen di Fakultas Seni dan Ilmu Budaya, antara lain Ilmu Sejarah Klasik dan Kuno, Teologi dan Ilmu Agama, Seni Musik, Filsafat, Sastra Inggris, Seni Liberal, dan Ilmu Sejarah. Fakultas ini juga termasuk Departemen Bahasa dan Kebudayaan Modern, yang mengkhususkan diri dalam beberapa bahasa berbeda yang dapat dipelajari.

• Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam menawarkan program – program tingkat S1, S2, dan S3 di delapan departemen, termasuk program gelar penelitian. Departemen di fakultas ini, yaitu Ilmu Hayati, Ilmu Kimia, Ilmu Komputer, Matematika, Fisika, Ilmu Kebumian, Teknik, dan Psikologi.

• Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Kesehatan

Ada 10 departemen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Kesehatan untuk program S1, S2, dan S3. Bidang studi yang tersedia, antara lain Antropologi, Arkeologi, Bisnis, Ilmu Pendidikan, Geografi, Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Hubungan Internasional, Sosiologi, Ilmu Hukum, dan Ilmu Keolahragaan.

Jurusan – jurusan Universitas Durham yang populer diantaranya Antropologi, Arkeologi, Kimia, Klasik, Pendidikan, Musik, Fisika, Bahasa Inggris, Hukum, dan Teologi.

Lokasi dan Akomodasi

Durham terletak di timur laut Inggris, dan merupakan salah satu kota paling indah di Inggris. Universitas Durham relatif kecil dan semua departemen, perguruan tinggi, dan fasilitas universitas berada dalam jarak dekat satu sama lain.

Demikian juga jika siswa tinggal di akomodasi universitas di Queen’s Campus, gedung akademik berjarak lima menit berjalan kaki. Queen’s Campus terletak 32 km dari Durham, di Stockton. Layanan bus gratis beroperasi setiap hari antara kedua kampus.

Universitas Durham menawarkan berbagai pilihan akomodasi untuk mahasiswa sarjana maupun pascasarjana. Universitas ini menyediakan kegiatan dan fasilitas untuk belajar, olahraga, seni, bersosialisasi, relaksasi, dan kesejahteraan.

Secara umum, siswa dapat tinggal di perguruan tinggi mereka di tahun pertama, kemudian siswa dapat pindah ke akomodasi pribadi di tahun kedua mereka dan memiliki pilihan untuk kembali ke ruang kuliah untuk tahun terakhir studi mereka.

Layanan untuk Siswa Internasional

Ada berbagai layanan dukungan umum, termasuk dukungan keuangan siswa, Layanan Penasihat Karir, Layanan Universitas Durham untuk Siswa dengan Disabilitas dan pembibitan Universitas.

Perpustakaan terletak di seluruh universitas dengan jam buka tujuh hari seminggu. Layanan Teknologi Informasi menawarkan layanan jaringan di kedua kampus, dengan lebih dari 1.200 komputer pribadi di ruang kelas dan lokasi akses terbuka.

Beasiswa untuk Siswa Internasional di Universitas Durham Inggris

Universitas Durham berkomitmen untuk mendukung siswa internasional terbaik. Beasiswa yang ditawarkan didanai oleh universitas, melalui kemitraan dengan organisasi eksternal atau melalui sumbangan dermawan dari alumni dan rekanan universitas.

Beberapa beasiswa Universitas Durham diantaranya:

• Chevening Open Awards
• Chevening Partnership Awards
• Civil Society Leadership Awards
• Commonwealth Open Awards
• Commonwealth Shared
• Commonwealth Split-site Scholarships
• Fullbright-Durham University PG Award
• Ruth First Scholarship
• SAID Foundation Scholarships
• Santander Universities Scholarships

Alumni Penting Universitas Durham di Inggris

Alumni Durham terkenal karena kontribusinya yang signifikan di bidang akademik, jurnalisme, bisnis, pemerintah, seni, hukum, atletik, sains, dan lainnya. Ada sekitar 67 asosiasi Durham yang melayani lebih dari 109.000 alumni yang masih hidup, mulai dari internasional hingga perguruan tinggi dan grup yang berafiliasi dengan olahraga.
Alumni universitas saat ini, termasuk 17 rekan British Academy, masing – masing 14 orang dari Akademi Ilmu Sosial dan Royal Society, masing-masing dua orang dari Royal Society of Arts dan Academy of Medical Sciences bersama dengan lima orang Royal Society of Edinburgh fellows .

Alumni universitas tetap aktif mengadakan acara – acara seperti reuni tahunan, pesta dan makan malam. Beberapa alumni dari Universitas Durham yang terkenal diantaranya:

• Sir George Malcolm Brown (Ahli Geologi)
• Andrew Strauss (Cricketer)
• David Sproxton (Pendiri Aardman Animations)
• Justin Welby (Uskup Agung Canterbury)
• Tim Smit (Pendiri Proyek Eden)

Leave a comment