Apa Saja Perbedaan Antara TOEFL ITP dan TOEFL iBT Jakarta?

TOEFL iBT Jakarta – Pastinya kamu sudah pernah dengan bukan tentang TOEFL? Tes bahasa inggris yang memiliki kepanjangan Test Of English as a Foreign Language memang paling dikenal di Indonesia.

Selain sering dijadikan sebagai kriteria penilaian kemampuan bahasa inggris seseorang, tes ini juga seringkali menjadi kriteria untuk mausk universitas. Nah, TOEFL ini terbagi menjadi beberapa macam diantaranya adalah TOEFL ITP dan juga TOEFL iBT. Sekarang mari kita kenal satu persatu jenis TOEFL ini.

Yang pertama ada TOEFL ITP atau Institutional Testing Program yaitu sebuah tes tang dikeluarkan oleh ETS untuk wilayah Asia. nah tes TOEFL yang satu ini nilainya hanya berlaku untuk isntitusi tertentu yaitu hanya untuk wilayah Asia saja. Kalau kamu mau yang berstandar internatinal atau dunia, maka yang harus kamu ikuti adalah TOEFL iBT Jakarta.

Tentang TOEFL iBT Jakarta

Untuk TOEFL ITP biasanya terdiri dari 50 soal listening, 40 soal writing dan structure, serta 50 soal reading. di TOEFL ITP skor kamu tidak akan dikurangi meski jawabannya salah, dimana kisaran skornya adalah 310-677.

Sekarang ini standar minimum skor yang harus kamu capai salam tes TOEFL adalah 550. Untuk itu jika kamu ingin mengikuti tesnya maka sebaiknya kamu persiapkan baik-baik.

Setelah mengikuti tes ini, kamu akna mendapatkan sertifikat yang memiliki masa berlaku selama 2 tahun. itu dia tadi penjelasan tentang TOEFL ITP, sedangkan jenis yang kedua adalah TOEFL iBT Jakarta yang merupakan TOFL berstandar dunia.

Jika tes TOEFL ITP dikerjakan lewat kertas maupun komputer, beda dengan TOEFL yang dikerjakan melalui internet dan dikirim langsung ke ETS.

Hampir sama dengan TOEFL ITP, tes yang stau ini juga memiliki ebebrapa komponen soal yaitu reading, listening, writing, dan juga speaking. Keempat komponen tersebut akan dibagi menjadi 4 sesi dimana sesi yang pertama dalah reading. kamu harus mengerjakan sekitar 12-14 soal dengan jumlah bacaan 3-5.

Dan tentu saja dengan batas waktu yang telah ditentukan yaitu 60-100 menit untuk sesi reading. sedangkan untuk sesi listeningnya akan dibagia menjadi 2 bagian. Di bagian pertama, kamu akan diberikan percakapan sebanyak 2-3 dengan soal sekitar 5 soal.

Sedangkan di bagian kedua akan ada 4-6 materi yang emncakup materi kuliah dengan jumlah soal sebanyak 6 soal di tipa materi yang diberikan.
Waktu yang disediakan untuk mengerjakan part ini adalah 60-9- menit. Jika sudah selesai, maka kamu akan dialihkan ke bagian speaking test dimana jumlah soalnya ada 6.

Soal speaking dibagia menjadi 2 jenis yaitu soal terintegrasi dan harus diselesaikan dalam waktu 20 menit. Sedangkan yang terakhir ada bagian writing dimana kamu akan diberi 2 soal yang juga dibagi menjadi soal independen dan terintegrasi dengan masing-maisng waktu 20 menit dan 30 menit.

Tenang saja, kamu akan diberikan waktu istirahat sebentar diantara sesi listening dan speaking.

TOEFL iBT Jakarta ini dilakukan melalui internet, jadi bagaimanakan kamu mendapatkan hasil skor dan juga sertitikatnya? Jawabannya adalah kamu akan mendapatkan pengumuman hasil skornya melalui website resmi ETS sekitar 2 minggu setelah kamu melakukan tes.

Sedangkan untuk masalah sertifikatnya akan dikirim ke alamat yang kamu cantumkan sebelumnya dalam waktu sekitar 1,5 bulan dari waktu pengumuman hasil skor. Berbeda dengan TOEFL ITP, TOEFL iBT ini biaya tesnya lebih mahal dan kisaran skornya 0-120.

Leave a comment