Pengertian TOEIC Test, Format Tes, Serta Sistem Penilaian TOEIC Score

TOEIC Test – Mungkin kamu sudah sangat familiar dengan TOEFL dan IELTS, namun apakah kamu juga familiar dengan TOEIC test? Saat ini TOEIC test menjadi salah satu standar penilaian bahasa Inggris untuk memasuki dunia kerja. Apa sih TOEIC test itu dan bagaimana bentuk tes TOEIC bisa kamu simak berikut ini.

Apa Itu TOEIC Test?

TOEIC (Test of English for International Communication) merupakan tes yang diperlukan untuk mengetahui tingkat kemahiran bahasa Inggris seseorang di dunia kerja. Walaupun TOEFL dan TOEIC sama-sama diperlukan oleh orang yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, lalu apa perbedaannya?

TOEFL umumnya ditujukan untuk siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri atau lebih ke arah akademis. Sedangkan tes TOEIC lebih mengarah pada kemampuan bahasa Inggris seseorang untuk masuk dunia kerja.

Bagaimana Bentuk TOEIC Test?

Test TOEIC terdiri dari Reading dan Listening yang masing-masing memiliki beberapa bagian. Tes TOEIC berbentuk pilihan ganda yang dikerjakan dengan menggunakan pensil dan kertas (paper based test). Untuk mengerjakan 200 soal yang mencakup Reading dan Listening ini diberikan waktu 2 jam. Nah, format tes TOEIC ini yaitu:

• Tes TOEIC Listening

TOEIC Listening terdiri dari empat bagian yang berbeda yang dikerjakan dalam waktu 45 menit. Bagian-bagian tes ini mencakup:

– Part 1 Photographs

Pada bagian tes ini akan ada 10 soal yang berisi serangkaian foto dan serangkaian deskripsi yang menjelaskan apa yang terjadi dari foto-foto tersebut. Peserta tes harus memilih deskripsi yang paling sesuai yang menggambarkan apa yang terjadi di foto tersebut.

– Part 2 Question Response

Bagian tes ini berisi 30 soal yang harus dikerjakan. Peserta akan mendengarkan setiap pertanyaan dan tanggapan verbal. Peserta TOEIC test harus memilih jawaban yang paling tapat untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut.

– Part 3 Short Conversation

Pada bagian tes ini ada 30 soal dan peserta diminta mendengarkan percakapan singkat dalam 10 percakapan. Pada setiap percakapan, akan ada 3 pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta tes ini.

– Part 4 Short Talks

TOEIC Listening yang terakhir ini terdiri dari 30 pertanyaan dalam 10 dialog singkat. Setiap akhir dialog, peserta tes harus menjawab 3 pertanyaan dengan memilih jawaban yang paling cocok.

• Tes TOEIC Reading

TOEIC Reading terdiri dari 3 bagian dengan waktu pengerjaan 75 menit. Bagian-bagian tes ini mencakup:

– Part 1 Incomplete Sentence
Pada bagian tes ini ada 40 kalimat yang masing-masing kalimat memiliki kata yang hilang. Peserta akan diminta untuk memilih kata yang cocok untuk melengkapi kalimat tersebut.

– Part 2 Text Completion

Di bagian ini akan ada beberapa teks yang diberikan untuk menjawab 12 pertanyaan. Dari teks tersebut akan ada teks yang hilang. Peserta diminta untuk melengkapi informasi yang hilang tersebut.

– Part 3 Reading Comprehension

Bagian terakhir dari sesi Reading ini berisi 48 pertanyaan. Peserta tes akan diminta untuk membaca satu bagian teks dan kemudian menjawab pertanyaan berdasarkan apa yang telah dibaca.

Bagaimana Penilaian TOEIC Score?

TOEIC dinilai berdasarkan jumlah jawaban benar yang dikonversikan ke skala penilaian TOEIC. Skala TOEIC score untuk Listening dan Reading antara skala 400 hingga 990. Skor skala TOEIC untuk setiap kategori digabungkan dan menghasilkan skor tunggal yang menunjukkan tingkat kemampuan bahasa Inggris kamu.

Tingkat kemahiran tertinggi untuk bagian TOEIC Listening adalah 400. Skor 300 menunjukkan kamu memiliki pemahaman yang baik tentang bahasa Inggris, namun mungkin kesulitan memahami bagian-bagian tertentu dari tes. Sementara kisaran TOEIC score Listening terendah adalah 200.

TOEIC score tertinggi pada bagian Reading adalah 450, skor ini menunjukkan tingkat kompetensi yang tinggi. Jika kamu mendapatkan skor 350, kamu memiliki pemahaman yang baik, namun perlu memahami unsur-unsur tertentu seperti kata-kata kompleks. Skor Reading terendah adalah 150, yang menunjukkan peserta tes hanya mampu mengenali beberapa ucapan dasar.

Pada lembar TOEIC score akan ada skor bagian Listening, skor bagian Reading, dan skor secara keseluruhan. Hasil skor TOEIC ini berlaku selama 2 tahun. Jika kamu ingin mengukur kemampuan bahasa Inggris untuk berkomunikasi sehari-hari atau ingin mengetahui kemampuan bahasa Inggris kamu untuk memasuki dunia kerja, lakukanlah TOEIC test terlebih dulu. Agar bisa mendapatkan skor yang tinggi dalam tes TOEIC, kamu bisa mengikuti program persiapan TOEIC di WestwoodPrep.

WestwoodPrep dapat membantu kamu mengembangkan keterampilan pemahaman bahasa Inggris yang khusus untuk menghadapi tes TOEIC, terutama berfokus pada perluasan kemampuan kamu untuk belajar menggunakan kosakata akademik yang kompleks dan konstruksi kalimat.

Leave a comment