Inilah Kegunaan Tes Minat Bakat untuk Masa Depan Anda

Tes Minat Bakat – Apakah Anda seorang lulusan baru atau seorang yang sedang bingung menentukan perubahan karir? Sebagian orang mungkin pernah merasa ‘salah jurusan’ ketika menjalani perkuliahan yang tidak sesuai dengan minat dan bakatnya. Ada juga yang merasa tidak cocok dalam suatu pekerjaan yang sedang dijalaninya.
Salah jurusan ini dapat menghambat pendidikan maupun karir Anda di masa depan. Sebelum Anda menentukan jurusan atau menentukan karir yang cocok untuk Anda, sebaiknya Anda mengetahui tentang tes minat bakat.

Kegunaan Tes Minat Bakat

Setiap orang memiliki bakat yang berbeda-beda. Bakat dianggap menjadi salah satu faktor penting yang dapat memprediksi keberhasilan seseorang dalam suatu program studi atau karir. Tes psikologi bakat seringkali digunakan untuk mengukur kemampuan nalar seseorang, termasuk kemampuan penalaran verbal, pemahaman, numerik, dan abstrak.

Tes psikologi bakat dan minat dirancang untuk menilai minat, nilai, dan preferensi Anda seputar karir Anda. Tes minat dan bakat dapat mengungkapkan apa yang paling Anda minati dan bidang apa yang kemungkinan sesuai dengan kemampuan potensial Anda.

Tes minat bakat ini dapat membantu menentukan arah pendidikan atau karir Anda dengan memberi Anda pandangan yang menarik pada diri sendiri, memberikan informasi tentang apa yang memotivasi dan menarik minat Anda.

Sehingga siapapun Anda yang sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi atau yang ingin mempertimbangkan untuk melakukan perubahan karir, Anda bisa melakukan tes minat bakat dan mengambil manfaat dari tes ini.

4 Tes Minat Bakat yang Bisa Anda Coba

Ada banyak tes minat bakat yang bisa Anda lakukan secara offline maupun online. Jika Anda ingin mengikuti tes minat bakat secara offline, tentu Anda harus datang ke tempat tes secara langsung. Namun, saat ini ada banyak tes minat bakat online yang bisa Anda coba secara gratis dan berbayar. Nah, beberapa tes minat bakat online diantaranya:

1. Tes Bakat Indonesia

Tes Bakat Indonesia merupakan tes psikologi bakat dan minat yang menawarkan beragam paket tes bakat. Beberapa tes bakat yang bisa Anda pilih diantaranya 3P Test (Potential, Passion & Personality), 2P Test (Potential & Passion Test With Majors), 4P Test for Kids, dan Passionet.

Tes 3P merupakan tes bakat, minat, dan kepribadian yang disertai konseling dengan psikolog. Tes ini bisa diambil oleh para pelajar SMP untuk memberikan rekomendasi penjurusan SMA/SMK atau bisa juga diambil para pelajar SMA untuk memilih jurusan kuliah.

Tes 2P hanya sebatas tes bakat dan minat tanpa disertai konseling, yang diperuntukkan untuk siswa SMP atau SMA/SMK. Sementara tes bakat 4P Tes for Kids ditujukan untuk mengukur kemampuan, minat, serta kepribadian anak-anak yang berumur 4 hingga 12 tahun. Paket tes terakhir yang ditawarkan oleh Tes Bakat Indonesia adalah tes Passionet yang digunakan untuk mengukur 21 jurusan secara akurat dan real time.

2. Rencanamu

Rencanamu merupakan tes minat bakat online yang ditawarkan bukan hanya untuk para pelajar SMP dan SMA/SMK, tetapi juga untuk Anda yang sudah bekerja. Program tes psikologi bakat dan minat ini ditawarkan secara gratis dan berbayar. Layanan gratis bisa Anda dapatkan dengan fitur referral, namun tentu saja layanan gratis memiliki fitur yang terbatas.

Sedangkan layanan premium yang berbayar menawarkan fitur lengkap, mulai dari konsultasi dengan mentor hingga pengingat kelengkapan administratif pendaftaran kampus. Dengan mengikuti tes bakat di Rencanamu, Anda dapat mengetahui kepribadian, minat, gaya belajar, 5 kemampuan kognitif, serta personal values.

3. Temu Bakat

Temu Bakat menawarkan tes bakat dan minat online yang bisa Anda coba dengan memilih pernyataan-pernyataan yang tersedia. Anda cukup memilih pernyataan yang sesuai dengan diri Anda. Dari hasil tersebut, Anda akan mengetahui karakter Anda yang sebenarnya. Selain itu, Anda juga akan mengetahui kelemahan dan kelebihan Anda sehingga Anda bisa menentukan bidang apa yang cocok dengan kemampuan Anda.

4. 123 Career Test

123 Career Test merupakan tes bakat, minat, dan kepribadian sederhana yang bisa Anda coba secara gratis. Tes ini hanya memakan waktu sekitar 5 – 15 menit saja. Anda hanya cukup melihat gambar-gambar orang yang melakukan tugas yang terkait dengan pekerjaan, selanjutnya Anda perlu memilih ‘ya’ atau ‘tidak’ berdasarkan apakah Anda menikmati kegiatan yang ada pada gambar tersebut.

Tes psikologi bakat dan minat ini akan menunjukkan tipe kepribadian Anda yang didasarkan pada “Kode Holland”, dimana tes kepribadian ini memiliki 6 tipe kepribadian, yaitu Realistis, Investigatif, Artistik, Sosial, Enterprising, dan Konvensional (RIASEC). Dari hasil tes tersebut, Anda akan mengetahui pekerjaan mana yang paling sesuai dengan kepribadian karir Anda.

Dari hasil tes minat bakat yang Anda lakukan, Anda akan mengetahui di bidang mana Anda cocok bekerja berdasarkan kepribadian, pola pikir, dan bakat Anda. Ada baiknya Anda mengambil tes psikologi bakat dan minat ini setiap tahun. Hal ini dikarenakan seiring bertumbuhnya Anda, pengalaman yang Anda lalui dapat membentuk pola pikir dan kepribadian Anda, sehingga minat Anda pada suatu hal pun juga bisa berubah.

Leave a comment