Fakta Unik dan Menarik Sekolah Jepang yang Perlu Diketahui

Sekolah Jepang – Negara maju yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi di berbagai bidang industri maju seperti elektronik, otomotif, hiburan, fashion, dan masih banyak lagi. Faktanya, Jepang dulunya merupakan negara yang pernah terpuruk setelah Hirosima dan Nagasaki dibom pada waktu Perang Dunia.
Kini negara ini telah bertransformasi menjadi negara yang sangat maju dan bahkan disegani di seluruh dunia. Tentu hal ini tidak terlepas dari peran pendidikan di sekolah Jepang yang terkenal dengan kedisiplinan dan sistem pendidikannya yang sangat bagus.

Pendidikan di sekolah Jepang menjadi salah satu hal yang sangat menarik untuk diketahui. Tentu penasaran bagaimana negara yang sangat maju ini mendidik pelajarnya. Bagaimanapun juga pendidikan sekolah merupakan hal yang sangat penting dan menjadi cikal-bakal keberhasilan dalam mendidik seseorang untuk kesuksesannya di masa depan. Ada banyak fakta menarik tentang sekolah Jepang yang mungkin bisa menjadi inspirasi.

Fakta Unik dan Menarik Tentang Sekolah Jepang

Jika Anda pernah berkunjung ke Jepang atau setidaknya membaca dan menonton film tentang budaya Jepang, tentu tahu bahwa negara ini terkenal sangat sopan dan penuh hormat. Ternyata hal tersebut tidak terlepas dari sistem pendidikan yang diterapkan. Lalu, apa hal unik dan menarik tentang sekolah Jepang?

1. Selalu mengucapkan salam

Sejak usia dini anak-anak di Jepang sudah diajarkan tentang ucapan salam dan sopan-santun dasar yang tepat. Ketika guru masuk ke kelas, siswa diharuskan menyapa secara bersamaan sambil membungkuk. Hal ini harus dilakukan seluruh anak-anak di sekolah Jepang baik ketika pagi hari maupun saat sebelum pulang sekolah.

2. Siswa-siswi harus membersihkan lingkungan sekolahnya sendiri

Anak-anak di sekolah Jepang tidak dibiarkan untuk manja sehingga pihak sekolah tidak menyediakan petugas kebersihan di sekolahnya. Seluruh murid diharuskan untuk membersihkan semua ruangan mulai dari ruang kelas, lorong, dan kamar mandi dengan pembagian jadwal piket. Semua pekerjaan pun bisa dilakukan secara mandiri oleh anak-anak mulai dari mengepel lantai, membuang sampah, membersihkan jendela, maupun mengatur meja. Mereka pun didorong untuk selalu berpenampilan rapi saat datang dan meninggalkan sekolah.

3. Setiap murid harus menyajikan makanannya sendiri dengan menu makanan yang sama

Ada siswa yang ditugaskan untuk bertanggung jawab mengambil makanan dari tempat makan siang di sekolah Jepang dan menyajikannya untuk teman-temannya. Setiap mengambil makanan mereka harus menggunakan masker berwarna putih, bandana, dan apron. Setelah selesai makan siang, seluruh murid harus bertanggung jawab untuk membersihkan dan mengembalikan tempat makanannya ke tempat semula. Sehingga mereka belajar bagaimana melayani orang lain dan bertanggung jawab dengan kebersihan lingkungan.

Selain itu, mereka juga harus menyelesaikan makan siang dengan waktu yang telah ditentukan untuk menanamkan kedisiplinan. Bagi siswa yang ingin membawa makanan sendiri pun diperbolehkan asal mengikuti peraturan sekolah dengan menu yang biasanya sudah ditentukan pihak sekolah. Sehingga anak-anak akan terbebas dari jajan sembarangan.

4. Sepatu di dalam sekolah dan di luar sekolah harus dibedakan

Agar kebersihan lingkungan sekolah tetap terjaga dengan baik, anak-anak diharuskan mengganti sepatu ketika tiba di sekolah. Masing-masing akan diberi loker untuk menyimpan sepatu dalam dan sepatu luarnya dan mereka bisa membawa pulang sepatu dalam saat hari Jumat untuk dicuci.

Kedisiplinan, pendidikan moral, dan kebersihan menjadi pendidikan utama yang sudah dan harus ditanamkan sejak dini di sekolah Jepang. Sehingga jangan heran jika negara ini terkenal sangat bersih, disiplin dan tepat waktu, serta sopan. Bahkan mereka pun tidak segan untuk meminta maaf jika terjadi keterlambatan meskipun hanya beda 1 detik. Betapa waktu menjadi hal yang sangat berharga untuk selalu dimanfaatkan dengan baik di Jepang.

Leave a comment