Sejarah Komputer dari Generasi Pertama Hingga Generasi Masa Depan

Sejarah Komputer – Komputer menjadi salah satu perangkat elektronik yang banyak digunakan untuk melakukan berbagai jenis pekerjaan. Mulai dari pekerjaan mengetik atau menulis, menghitung, mendesain, dan lain sebagainya. Adanya komputer dalam kehidupan kita sangat membantu memberi kemudahan untuk melakukan berbagai pekerjaan tersebut. 

Waktu yang diperlukan untuk mengerjakan di komputer pun menjadi lebih efektif, efisien, dan sistematis. Sejak pertama kali ditemukan hingga sekarang ini, komputer mengalami berbagai perkembangan baik dari segi sistem maupun bentuknya. Inovasi yang dihasilkan pun membuat segala aspek dalam kehidupan bisa tersistematisasi dengan perangkat komputer. 

Fungsi dan kegunaannya yang beragam membuat berbagai aktivitas yang kita lakukan dan butuhkan bisa selesai dalam waktu yang sebentar. Lalu, apa itu komputer dan bagaimana sejarah komputer berawal?

 Apa Itu Komputer?

Definisi komputer secara garis besar adalah suatu perangkat elektronik yang digunakan untuk mengolah data dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya sesuai dengan rumusan prosedur yang telah dibuat sebelumnya. Rangkaian komponen dalam komputer tersebut saling terhubung membentuk sistem kerja yang dapat melakukan pekerjaan secara otomatis berdasarkan perintah program. 

Sedangkan jika dilihat dari segi etimologi bahasa, komputer berasal dari bahasa latin “Computare” yang berarti menghitung. Komputer memiliki berbagai fungsi yang berkaitan dengan tugas menerima input, memproses, menyimpan, dan membuat output melalui program sistem yang telah dirancang di dalamnya. 

Data yang dihasilkan pun bisa berupa data digital maupun data analog yang dihasilkan melalui proses pengerjaan dan penghitungan data. Elemen utama yang terdapat pada komputer terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pengguna komputer (brainware). Ketiganya harus saling berkesinambungan dan bekerja sama dengan baik untuk mengerjakan fungsi-fungsi komputer yang seharusnya. 

 Apa Saja Fungsi Komputer Itu?

Dalam aktivitas sehari-hari, fungsi komputer secara umum adalah untuk bekerja, hiburan dengan menonton film, bermain game, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, fungsi komputer memiliki fungsi dasar sebagai berikut:

 

  • Data input, untuk menerima informasi atau data dari sumber lain melalui aktivitas di keyboard, mouse, atau perangkat lainnya. 

 

 

  • Data processing, untuk mengolah data yang berbentuk teks, audio, gambar, grafik, video, dan lainnya sehingga menghasilkan output berupa informasi. 

 

 

  • Data output, untuk menghasilkan output atau informasi dari hasil proses pengolahan data dan disajikan melalui printer, speaker, dan monitor. 

 

 

  • Data storage, untuk menyimpan data agar data tersebut bisa digunakan kembali dengan mudah melalui penyimpanan memori eksternal dan memori internal komputer. 

 

 

  • Data movement, untuk memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya melalui alat output seperti harddisk, flashdisk, maupun CD dan disket. 

 

 Komponen-Komponen Komputer

Agar fungsi komputer dapat berjalan dengan baik tentu tidak terlepas dari komponen dan elemen yang tersedia untuk membentuk sistem dalam komputer. Berikut ini komponen-komponen yang menunjang untuk menjalankan fungsi komputer, di antaranya adalah:

 

  • Komponen Input

 

Komponen ini memiliki fungsi untuk memberi perintah atau input dan berbagai tugas yang diperlukan untuk dikerjakan pada komputer. Komponen input terdiri dari beberapa perangkat berikut ini:

  • Mouse dan Trackpad, untuk menghubungkan brainware dengan layar monitor
  • Keyboard, untuk memberikan input dan masukan dalam bentuk alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya
  • Scanner, untuk memindai gambar manual yang ditulis di kertas untuk dimasukkan ke dalam sistem komputer
  • Pen, untuk layar sentuh dengan fungsi yang sama seperti mouse 
  • Microphone, untuk menginput data berupa audio atau suara

 

 

  • Komponen Proses

 

Komponen ini berfungsi untuk memproses perintah dan mengolah data yang diberikan oleh brainware untuk ditampilkan pada komponen output. Komponen proses terdiri dari:

  • Motherboard, sebagai penghubung komponen-komponen lain dalam komputer
  • Processor, sebagai komponen utama untuk memproses dan mengolah data
  • RAM, sebagai alat untuk menyimpan berbagai aktivitas yang dilakukan di komputer yang sifatnya sementara
  • Hard Disk, sebagai alat untuk menyimpan data yang sifatnya permanen

 

  1. Komponen Output

Komponen ini berfungis untuk menampilkan informasi dari data atau input yang telah dioleh dalam komputer. Komponen output terdiri dari:

  • Printer, untuk mencetak informasi hard copy dalam bentuk cetakan di atas kertas
  • Monitor, untuk menampilkan proses yang sedang dikerjakan komputer
  • Speaker, untuk menghasilkan output suara atau audio

Jenis-jenis Komputer

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, komputer pun kini hadir dalam bentuk dan sistem yang semakin beragam. Jenis-jenis komputer pun beraneka ragam dan dibagi ke dalam beberapa kategori. Berikut ini jenis-jenis komputer yang perlu Anda ketahui.

 

  • Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Fungsinya

 

Komputer jenis ini dirancang dengan tujuan dan fungsi yang berbeda-beda, berikut ini klasifikasinya:

  • Embedded System

Komputer jenis ini memang dirancang untuk digunakan dengan ditancapkan ke dalam mesin yang akan dikontrol. Komputer ini dibuat hanya untuk fungsi tertentu seperti instrumentasi medik, perangkat komunikasi, process control, dan automated vehicles control. 

  • IA (Information Appliance)

Komputer jenis ini memiliki sistem yang dirancang khusus untuk melakukan pekerjaan seperti fotografi, edit teks, dan memainkan musik. IA bisa diaplikasikan baik pada smartphone maupun personal digital assistant. 

 

  • Workstation

 

Workstation merupakan desktop yang dibuat dengan prosesor yang lebih kuat dan memori tambahan untuk peningkatan kemampuan kinerja komputer. Kapasitas workstation terbilang lebih bagus dibandingkan dengan komputer biasa dan cocok digunakan untuk mengerjakan tugas seperti 3D Graphics. 

  • Server

Komputer jenis server dirancang untuk dapat memberikan layanan kepada komputer lain yang lebih optimal melalui jaringan. Server memiliki memori dan hard drive yang besar serta prosesornya kuat.

 

 

  • Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Data yang Diolah

 

Komputer jenis ini dirancang untuk mengolah data-data tertentu yang berbeda-beda, klasifikasinya sebagai berikut ini:

  • Komputer Analog

Komputer analog dirancang untuk mengolah data yang bersifat kontinyu berupa angka-angka kuantitatif dan besaran fisik seperti temperatur, tekanan udara, kecepatan angin, gelombang suara, arus listrik, dan lain sebagainya. Komputer ini dapat bekerja secara paralel dalam mengolah data dan mampu mengolah data dengan lebih cepat dan tepat. 

  • Komputer Digital

Komputer digital dirancang untuk mengerjakan sistem operasi hitung dengan proses turunan matematika yaitu kuantitatif dan aritmatika. Data yang muncul pada komputer jenis ini pun berupa simbol numerik dan alfabet. 

  • Komputer Hybrid

Komputer hybrid dirancang untuk mengolah data dengan cara kualitatif dan kuantitatif serta menggabungkan sistem kerja pada komputer analog dan komputer digital. Komputer ini dapat bekerja lebih cepat dan tepat dan biasanya digunakan pada robot-robot atau mesin untuk pekerjaan suatu paabrik atau menghasilkan analisis berupa grafik, tulisan, dan gambar. 

 

 

  • Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Bentuk dan Ukurannya

 

  • PC atau Personal Computer

 

 

Seperti namanya, PC atau komputer memang didesain untuk digunakan oleh satu orang saja. PC sendiri tidak hanya menjalankan sistem operasi Windows, seperti Mac juga disebut sebagai PC. Pertama kalinya PC muncul, komputer jenis ini dikenal sebagai mikrokomputer karena komputer ini dibuat pada skala yang lebih kecil dibandingkan skala besar. 

 

  • Laptop

 

Komputer jenis ini tentu sudah tidak asing lagi dan digunakan hampir oleh setiap orang baik mahasiswa maupun pekerja. Alasannya, komputer portabel ini mudah dibawa kemana-mana dan semua sistemnya sudah terintegrasi dengan baik mulai dari layar monitor, prosesor, keyboard, trackball, hard drive, dan memori dalam satu paket yang bisa dioperasikan dengan baterai. 

 

  • Netbook

 

Netbook memiliki fungsi yang sama seperti laptop yaitu sebagai komputer portabel yang bisa dibawa kemana-mana. Perbedaannya terletak pada ukuran netbook yang lebih kecil dibandingkan dengan laptop. Karena ukurannya lebih kecil, harganya lebih murah dan komponen internalnya tidak sekuat laptop.

  • Desktop

Desktop merupakan PC yang tidak bisa dibawa kemana-mana dan memang didesain untuk pemakaian di tempat yang permanen. Desktop menawarkan keuntungan lebih dalam hal kekuatan komponen internal, fleksibilitas, dan penyimpanan yang lebih bagus dibandingkan komputer portabel. 

 

  • Personal Digital Assistant (PDA)

 

Komputer jenis ini terintegrasi dengan baik semua sistemnya dan lebih sering menggunakan flash memory dibandingkan hard drive untuk tempat penyimpanan datanya. PDA mengandalkan teknologi layar sentuh untuk input pengguna dan biasanya tidak memiliki keyboard. 

 

  • Mainframe

 

Mainframe kini hanya digunakan sebagai istilah di dalam perusahaan besar untuk menggambarkan mesin besar yang mengolah jutaan transaksi setiap hari. Namun, komputer jenis ini sebenarnya merupakan komputer yang ditemukan saat awal-awal yang ukurannya sangat besar dan bisa mengisi seluruh ruangan. 

 

  • Wearable Computer

 

Komputer jenis ini dapat mengintegrasikan fungsi komputer umum mulai dari database, email, multimedia, maupun kalender yang kemudian dihubungkan ke dalam ponsel, jam tangan, visor dan bahan pakaian. 

 

  • Supercomputer

 

Supercomputer terdiri dari beberapa komputer yang berkinerja tinggi dan bekerja secara paralel dalam satu sistem tunggal. 

 Sejarah Komputer dan Perkembangannya Hingga Saat Ini

Dalam perkembangannya, komputer mengalami sejarah yang panjang sejak awal ditemukan hingga sekarang. Perkembangan yang ada pun menyesuaikan dengan inovasi dan kebutuhan perkembangan zaman baik dari segi bentuk, ukuran, maupun sistem operasinya. 

Sejarah komputer terbagi ke dalam lima fase utama dengan penjelasan sebagai berikut:

 

  • Sejarah Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959)

 

Sejarah komputer generasi pertama berawal pada tahun 1946. Pada tahun tersebut, komputer dibuat dengan komponen dasar menggunakan tabung vakum. Namun, tabung vakum ini dinilai tidak efisien karena cepat sekali panas dan memerlukan daya listrik yang besar. 

Salah satu jenis komputer generasi pertama adalah ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer yang diciptakan oleh John Mauchly dan J.Presper Eckert di University of Pennsylvania. Komputer generasi pertama memiliki beberapa ciri seperti berikut ini:

  • Hardware-nya berukuran jauh lebih besar dan membutuhkan ruangan yang luas
  • Program yang dibuat menggunakan bahasa mesin
  • Fungsi yang dilakukan bersifat spesifik dan hanya tugas tertentu saja yang dapat dilakukan
  • Alat penyimpanan data berupa silinder magnetic dan kapasitasnya kecil
  • Daya listrik yang dibutuhkan sangat besar
  • Membutuhkan mesin pendingin karena sifat tabung vakum yang cepat panas
  • Kinerja komputer generasi pertama masih sangat lambat

 

 

  • Sejarah Komputer Generasi Kedua (1959 – 1965)

 

Komputer generasi kedua dirancang pada tahun 1959 dengan menggunakan teknologi transitor agar lebih efisien dibandingkan menggunakan tabung vakum. Ukuran komputer generasi kedua jauh lebih kecil dan biaya pembuatannya pun lebih terjangkau dibandingkan komputer generasi pertama. 

Komputer di masa generasi kedua sudah banyak digunakan untuk perusahaan, pemerintahan, hingga instansi kampus. Super komputer menjadi salah satu contoh jenis komputer pada generasi pertama yang dibuat dengan nama Sprery-rand, Stretch, dan LARC. 

 

Berikut ini ciri-ciri komputer generasi kedua, di antaranya:

  • Ukuran lebih kecil dan daya listrik yang diperlukan untuk pengoperasiannya tidak terlalu besar
  • Bahasa pemrograman komputer generasi kedua menggunakan bahasa simbolik dan assembly sehingga pengguna dapat memberikan instruksi dengan kata-kata
  • Alat penyimpanan memori utama menggunakan magnetic core storage sebagai memori internal dan magnetic tape/disk sebagai memori eksternal
  • Pemakaian program yang digunakan pada komputer generasi kedua dapat digunakan untuk aplikasi teknik maupun aplikasi bisnis
  • Kinerja komputer generasi kedua lebih cepat

 

 

  • Sejarah Komputer Generasi Ketiga (1965 – 1971)

 

Komputer generasi ketiga dirancang pada tahun 1965 dengan menggunakan Integrated Circuit (ICs). Meskipun sudah menggunakan ICs, komputer ini masih tetap menggunakan transistor dengan ukuran yang lebih kecil. Komputer generasi ini menjadi komputer pertama yang menggunakan keyboard dan monitor untuk tampilan sistem operasi. 

 

Bahkan bisa dibilang pada tahap ini, perkembangannya merupakan perkembanan yang paling pesat. Berikut ini ciri-ciri komputer generasi ketiga, di antaranya adalah:

  • Harga lebih terjangkau dan bisa digunakan masyarakat umum
  • Kapasitas memori lebih besar dan menggunakan memori eksternal seperti disket magnetic
  • Kinerja komputer lebih cepat hingga 10.000 kali lebih cepat dibandingkan generasi pertama karena menggunakan IC
  • Daya listrik yang dibutuhkan tidak terlalu besar sehingga lebih hemat
  • Fungsinya semakin beragam dan dapat melakukan multiprocessing, komunikasi dengan komputer lain, mampu menggunakan visual display, dan dapat mengeluarkan suara

 

 

  • Sejarah Komputer Generasi Keempat (1971 – Sekarang)

 

Komputer generasi keempat masih dipakai hingga sekarang dan dibuat menggunakan Microprosesor sebagai komponen dasarnya. Komponen dasar pada komputer generasi keempat ini memiliki beberapa macam sirkuit dan ribuan transistor yang saling terhubung menjadi satu. 

 

Salah satu perusahaan yang paling berpengaruh dalam perkembangan chip microprosesor adalah Intel karena berhasil menciptakan intel 4004 yang menjadi cikal bakal perkembangan komputer. Perkembangannya pun semakin pesat ketika IBM menciptakan komputer khusus untuk kalangan rumahan pada tahun 1971 dan Apple menciptkana Macinthos pada tahun 1984. Berikut ini ciri-ciri komputer generasi keempat, di antaranya adalah:

  • Dikembangkan dengan menggunakan microprosesor dan semikonduktor yang bentuknya seperti chip sebagai alat penyimpanan memori
  • Menggunakan large scale integration (LSI) sehingga dapat melakukan kinerja fungsinya dengan lebih cepat dan tepat
  • Dapat digunakan dan menjangkau pasar untuk semua kalangan baik perorangan maupun kelompok
  • Selalu dikembangkan dalam bentuk-bentuk terbaru hingga muncul komputer portabel seperti laptop dan netbook

 

 

  • Sejarah Komputer Generasi Kelima (Sekarang – Masa Depan)

 

Komputer generasi kelima masih dalam tahap pembangunan dan dirancang untuk teknologi yang dibuat berdasarkan artificial intelligence (kecerdasan buatan). Komputer ini diharapkan dapat menghasilkan komputer yang menggunakan bahasa manusia dan dapat mempelajari lingkungan di sekitarnya. Berikut ini beberapa ciri komputer generasi kelima, di antaranya adalah:

  • Memiliki fitur yang semakin variatif dan terus berkembang
  • Memiliki kemampuan untuk berbicara, mendengar, dan melihat dengan lebih canggih lagi 
  • Memiliki kemampuan untuk dapat mengambil kesimpulan seperti manusia
  • Memiliki kinerja yang lebih cepat dalam memproses informasi
  • Menggunakan teknologi LSI dengan banyak pengembangan

 

Sejarah komputer yang panjang membuat kita menyadari betapa proses komputer dan jaringan sangatlah rumit. Inovasi komputer yang semakin berkembang dengan sangat mudah dan cepat tentu tidak terlepas dari peran penemu komputer pertama yaitu Charles Babbage yang dikenal sebagai bapak komputer. Bahkan kini kita dapat memilih beragam jenis komputer sesuai dengan kebutuhan kita. 

 

 

Leave a comment