Sejarah Jerman dari Konfederasi hingga Republik Federal

Sejarah Jerman – Jerman yang kini dikenal sebagai negara yang memiliki perkembangan pesat di berbagai bidang memiliki sejarah panjang sebagai negara modern. Bahkan, sebelum menjadi negara modern, daratan yang kini ditempati oleh Jerman telah dicatat oleh Kekaisaran Romawi sebagai tanah yang dihuni kelompok manusia tergantung.

Secara modern, sejarah Jerman dimulai sejak adanya konfederasi atau Persatuan Jerman pada tahun 1815, yang diprakarsai oleh Kerajaan Prusia setelah perang Napoleon bergulir. Ketika itu, dasar konfederasi yang dipakai adalah persamaan bahasa oleh masyarakat yang mendiami daratan tersebut.

Sejarah Jerman menyebutkan bahwa ketika awal masa satuan politik yang diprakarsai Kerajaan Rusia bersama Kekaisaran Austria itu berdiri, Frankfurt adalah kota yang ditunjuk sebagai ibukota Jerman. Sayangnya, terlalu represifnya negara dalam mengatur urusan masyarakat, membuat konfederasi Jerman ini bubar pada tahun 1866.

Bubarnya konfederasi Jerman sedikit banyak dipengaruhi revolusi di Perancis oleh mahasiswa dan buruh pada Februari 1848. Hal itu memunculkan Parlemen Frankfurt di Jerman yang menghasilkan pematangan simbol kebangsaan seperti bendera dan lagu kebangsaan.

Beberapa hasil penting Parlemen Frankfurt itulah yang kemudian mendorong terbentuknya kekaisaran pada tahun 1871, yang kemudian bernama ke Kaisaran Jerman. Pembentukan kekaisaran Jerman itu tempatnya berdiri setelah terjadi perang antara Perancis dan Kerajaan Prusia.

Sejarah Jerman sebagai kekaisaran tidak bertahan lebih dari 100 tahun, karena faktanya pada 1918 atau setelah perang dunia pertama bergulir, Kekaisaran Jerman runtuh.

Setahun setelah Kekaisaran Jerman runtuh, muncul sebuah negara republik di daratan yang sama, yaitu Republik Weimar. Pada pendirian Republik Weimar tahun 1919, kesatuan wilayah ini berkurang karena Danzig dan Alsace Lorraine keluar. Tidak berselang lama, tepatnya pada tahun 1933, Republik Weimar runtuh.

Runtuhnya Republik Weimar diiringi oleh banyak masalah. Namun, pada intinya hal ini membuat kembalinya sejarah Jerman menggunakan nama Jerman, yaitu Jerman Nazi yang dipimpin oleh Adolf Hitler. Pemimpin otoriter yang galak ini juga menghantarkan Jerman Nazi runtuh pada tahun 1945 setelah kalah perang dunia ke-2.

Kalahnya Jerman Nazi pada perang dunia kedua juga membuat wilayah di Jerman terbagi menjadi dua blok, yaitu Blok Timur (atau Republik demokratik Jerman yang dikuasai oleh Polandia dan Rusia) dan Blok Barat (atau Republik Federal Jerman yang dikuasai oleh Perancis, Inggris, dan Amerika).

Dua wilayah Jerman tersebut mengalami nasib yang berbeda. Sejarah Jerman wilayah timur dengan komunisnya sedikit lebih buruk dibandingkan wilayah barat yang lebih bebas. Hal ini kemudian memicu banyaknya perpindahan penduduk dari wilayah timur ke barat.

Ketika masa perpindahan penduduk dari wilayah timur ke barat itulah dibuat Tembok Berlin untuk mencegah perpindahan. Namun, perpindahan masih terus berlangsung, yang membuat masyarakat dari Jerman Timur mencoba melalui Hungaria.

Ketegangan antara Jerman Timur dan Jerman Barat sebenarnya sudah mulai menurun pada tahun 1970-an. Namun keduanya kemudian benar-benar terbuka pada sekitar tahun 1990-an.

Pada tahun 1989, Hungaria yang merupakan anggota Blok Timur membuka perbatasannya dengan Austria yang merupakan anggota Blok Barat. Kejadian ini kemudian membuat Jerman Timur setuju untuk menyatukan diri dengan Jerman Barat, tepatnya pada tanggal 3 Oktober 1990.

Setelah 4 tahun, tepatnya pada tahun 1944, keduanya sepakat bahwa Berlin yang tadinya adalah Ibukota Jerman Timur dijadikan sebagai ibukota Jerman. Pemindahan pemerintahan dari Kota Bonn yang tadinya adalah ibukota Jerman Barat berlangsung hingga tahun 1999.

Sejak tahun 1999 itulah Jerman kembali memperbaiki diri sebagai negara yang satu. Kini, Jerman sudah mengalami kemajuan di berbagai bidang dan bahkan ikut mengirimkan pasukan perdamaian untuk PBB.

Itulah tadi ulasan mengenai sejarah Jerman dari waktu ke waktu dihitung sebagai negara modern. Untuk mendapatkan informasi lebih mengenai Jerman dan terutama seputar dunia pendidikannya, kamu dapat membuka website virtueducation.org

Leave a comment