Sejarah Internet dan Perkembangannya Hingga Saat Ini

Sejarah Internet – Tak bisa dipungkiri lagi bahwa internet kini layaknya kebutuhan pokok yang harus ada dan dipenuhi setiap saat. Gadget atau smartphone menjadi benda penting yang harus dibawa kemanapun dan kapanpun. Ketika bangun tidur pun gadget menjadi benda pertama yang akan dipegang dan dilihat. Baik sekedar melihat update ada chat masuk atau tidak maupun untuk berselancar di dunia maya. Untuk bisa mengakses hal tersebut, kuota internet menjadi modal utama yang harus dimiliki.

Dalam perkembangannya, sejarah internet tercatat cukup panjang hingga akhirnya mengalami peningkatan pengguna yang kini mencapai hingga 4 miliar penduduk di dunia. Internet dinilai telah banyak membantu sistem komunikasi antar manusia di seluruh dunia mulai dari antar daerah, antar pulau, hingga antar negara. Seolah tidak ada batas lagi untuk berkomunikasi dengan orang lain selama ada internet dan gadget dalam genggaman.

Pengertian Internet dan Manfaatnya

Internet tidak hanya digunakan oleh orang dewasa saja, anak-anak pun sudah banyak menggunakan internet untuk kebutuhan edukasi melalui aplikasi tertentu. Internet berperan besar dalam membantu dan memudahkan pekerjaan sehari-hari dan bahkan banyak yang mendulang sukses berbisnis dari internet. Tak heran jika tempat-tempat umum yang menyediakan Wi-Fi seperti di restoran dan kafe menjadi tempat yang banyak diminati dan digandrungi generasi milenial.

Pengertian internet sendiri merupakan singkatan dari interconnection network yaitu jaringan komunkasi yang dibuat untuk menghubungkan antar media elektronik. Jaringan internet ini didukung oleh TCP (Transmission Control Protocol) atau IP (Internet Protocol Suite) yang menjadi protokol pertukaran paket. Sedangkan internet working sendiri merupakan cara atau proses untuk menghubungkan jaringan internet berikut penerapan aturannya.

Dilihat dari pengertiannya saja internet terbukti memiliki tujuan untuk membuka akses komunikasi yang lebih luas antar penggunanya. Penemuan internet ini benar-benar memberikan pengaruh luar biasa untuk dunia saat ini. Jika dimanfaatkan dengan baik, manfaat internet pun semakin luas dan berdampak positif seperti berikut ini:

1. Memperluas wawasan

Jaringan internet yang digunakan dapat membuat penggunanya bisa membuka akses informasi seluas-luasnya baik melalui mesin pencari maupun media sosial. Tinggal ketik dan sekali klik, semua informasi yang Anda butuhkan akan muncul dan Anda tinggal membacanya. Sehingga kehadiran internet saat ini mampu membuat penggunanya menjadi berwawasan luas. Mulai dari informasi tentang kesehatan, ekonomi, politik, hingga hiburan pun tersedia dan akan dengan sangat mudah Anda temukan.

2. Memberi kemudahan dalam berkomunikasi

Jika cara komunikasi zaman dahulu harus membutuhkan waktu yang lama dengan cara berkirim surat dan menunggu balasan surat, kini komunikasi menjadi lebih mudah dan efisien. Selain murah, Anda dapat berkomunikasi dengan sangat mudah tanpa harus menunggu waktu yang lama. Bahkan hanya dalam waktu hitungan detik pesan yang ingin Anda sampaikan bisa sampai kepada orang yang akan Anda ajak untuk berkomunikasi.

3. Sarana hiburan

Untuk menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari, mencari hiburan sangat penting dilakukan agar bisa refreshing. Anda akan dengan sangat mudah menemukan berbagai jenis hiburan berupa video lucu, game online, gambar yang menarik, dan masih banyak lagi.

4. Memberi kemudahan dalam pekerjaan dan bisnis

Kemajuan teknologi dan internet yang semakin pesat juga turut berdampak pada tingkat efektivitas dan efisiensi dalam hal pekerjaan maupun bisnis. Sebagai sebuah perusahaan tentu membutuhkan surat penawaran untuk dikirim kepada pihak konsumen. Email menjadi alat yang paling banyak dimanfaatkan untuk memudahkan pekerjaan. Bahkan Anda pun bisa dengan sangat mudah menjual produk maupun jasa melalui internet untuk meningkatkan omzet penjualan.

Sejarah Perkembangan Internet

Sistem komunkasi berbasis digital sebelum sejarah internet yang lebih dulu muncul adalah sistem telegraf sehingga sistem ini sering disebut sebagai pendahulu internet. Teknologi telegraf yang berasal dari konsep pengiriman data melalui media elektromagnetik seperti radio atau kabel muncul sejak abad ke-19. Sayangnya, teknologi ini dinilai masih sangat terbatas dan hanya mampu menghubungkan maksimal dua perangkat saja.

Teori transmisi data dan informasi kemudian dikembangkan pada era selanjutnya oleh Harry Nyquist, Claude Shannon, dan Ralph Hartley. Teori ini menjadi dasar bagi banyak teori di bidang komputerisasi dan jaringan hingga akhirnya bisa membentuk jangkauan yang lebih luas dengan peningkatan kecepatan akses. Perkembangan tersebut masih mengalami kesulitan karena harus menggunakan kabel atau bentuk fisik lainnya untuk menghubungkan dua alat komunikasi. Sehingga sistem ini dinilai kurang efektif karena dapat dengan mudah putus.

Sejarah perkembangan internet berawal pada tahun 1960 ketika Departemen Pertahanan dari Amerika Serikat melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA) merintis ARPANET. ARPANET merupakan suatu sistem jaringan yang terbentuk sebelum internet. Sistem jaringan ini dibagi ke dalam dua kategori yaitu MILNET yang khusus digunakan untuk kepentingan militer dan ARPANET untuk non-militer. Kemudian pada tahun 1980-an, internet mulai muncul dan dipakai kalangan terbatas seperti kampus dan universitas tertentu di Amerika Serikat.

Pada tahun 1982, TCP/IP mulai dipublikasikan ke masyarakat luas dan pada tahun 1984 nama domain sudah mulai dipakai. ARPANET mulai digantikan oleh National Science Foundation Network (NSFNET) pada tahun 1986. Berdirinya NSFNET menjadi awal berkembangnya berbagai jaringan internasional pada banyak negara hingga ARPANET diturunkan pada tahun 1990. Layanan internet yang dulunya hanya berbasis teks semakin dikembangkan dengan layanan berbasis tampilan grafis yang disebut World Wide Web (WWW). Layanan tersebut dikembangkan oleh CERN dan InterNIC pun mulai didirikan pada tahun 1993 untuk memberi pelayanan pendaftaran nama domain dari publik.

Sejarah Internet di Indonesia

Pada tahun 1980-an jaringan komputer sudah masuk ke Indonesia dan melibatkan berbagai universitas ternama yang saling terhubung. Sayangnya, jaringan UNInet ini kurang berkembang karena infrastrukturnya masih kurang memadai. Kemudian pada tahun 1986, beberapa tokoh muda mempelajari paket radio yang didorong ke arah TCP/IP. Pada tahun inilah awal mulai dihubungkannya jaringan amatir BBS (Bulletin Board System) dengan jaringan email store and forward agar email tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Mailing list yang pertama kali muncul yaitu indonesians@janus.berkeley.edu yang merupakan forum diskusi antar mahasiswa yang sekolah di luar negeri. Mailing list ini kemudian menjadi sarana strategis untuk membangun komunitas internet di Indonesia. Internet di Indonesia pada tahun 1994 hadir dengan nama yang cukup unik yaitu Paguyuban Network.

Nama tersebut memiliki arti semangat kekeluargaan dan kerjasama yang tinggi. Hingga kini internet pun mulai banyak dikembangkan untuk tujuan komersil dalam rangka membangun ekonomi bangsa. Sejarah internet di Indonesia pada awalnya dikembangkan oleh beberapa tokoh seperti RMS Ibrahim, Robby Soebiakto, Onno Purbo, Firman Siregar, dan teman-temannya.

Sebelum dibangun pada tahun 1994, TCP/IP untuk pertama kalinya telah didaftarkan pada tanggal 24 Juni 1988 di Universitas Indonesia. Jaringan internet yang pertama kali beroperasi adalah Indonet yang dikenal sebagai ISP komersial pertama. Untuk mengakses IndoNet ini para pengguna yang waktu itu masih sangat sedikit sekali harus menggunakan mode teks dengan sheel account, email client pine, browser Lynx, dan chatting dengan conference pada server AIX.

Izin untuk ISP yang diberikan kepada IndoNet mulai diterbitkan pada tahun 1995 oleh Departemen Pos Telekomunikasi. Jasa akses Telnet mulai dikembangkan pada tahun 1995 dan para pemakai internet sudah bisa mengakses HTTP dengan menggunakan remote browser Lynx di AS. Hingga pada akhirnya akses internet terus berkembang dengan sangat pesat dan dapat digunakan hampir seluruh penduduk di Indonesia yang memiliki gadget yang bisa dihubungkan dengan koneksi internet.

Melihat sejarah perkembangan internet baik di dunia maupun di Indonesia yang begitu panjang membuat kita sadar bahwa dunia kreatif dan inovatif akan terus berkembang. Hari ini kita menggunakan internet untuk kebutuhan informasi dan media sosial. Tidak menutup kemungkinan beberapa tahun lagu internet memiliki fungsi dan manfaat yang lebih luas.

Leave a comment