Kegunaan dan Manfaat Mengikuti Les PSAT Test Prep

PSAT Test Prep – PSAT singkatan dari Preliminary Scholastic Aptitude Test, merupakan tes pendahuluan yang memberikan pengalaman dan latihan untuk SAT. Pelaksanaan tes PSAT lebih pendek dari tes SAT, hanya 2 jam dan 45 menit yang dialokasikan untuk tes, PSAT tidak termasuk bagian esai. 

PSAT bisa diambil bahkan oleh siswa pada tahun pertama di sekolah menengah pertama dan kedua sebagai tes praktik nyata untuk SAT, yang berarti bahwa skornya tidak dilaporkan ke perguruan tinggi. 

Namun, PSAT / NMSQT (National Merit Scholarship Qualifying Test) yang diambil pada tahun SMP dan SMA, memang memenuhi syarat untuk beasiswa dan dapat disimpan untuk catatan perguruan tinggi. Pelaksanaan PSAT hanya ada 2 kali dalam setahun. 

Kegunaan Skor PSAT

Skor PSAT merupakan indikasi kinerja SAT. Dengan mengetahui skor PSAT dapat memberi siswa kesempatan untuk fokus pada bidang kelemahan untuk lebih siap menghadapi SAT. Umumnya, setelah mengambil PSAT, siswa dapat mengakses semua pertanyaan pada tes dan menilai kinerja mereka pada tingkat granular.

Skor PSAT juga dapat digunakan untuk memenuhi syarat beasiswa. The National Merit Scholarship Corporation menggunakan skor PSAT untuk mempertimbangkan kandidat untuk program prestasi nasional mereka, yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan beasiswa tambahan.

Perbedaan antara PSAT dan SAT

Jenis Test PSAT SAT
Alasan Kenapa Harus Mengambil Tes Skor PSAT bisa digunakan dalam menentukan kelayakan untuk National Merit Scholarships (Beasiswa Merit Nasional). Skor SAT dapat digunakan untuk memenuhi syarat penerimaan perguruan tinggi dan beasiswa berdasarkan prestasi.
Struktur Tes ReadingWriting & LanguageMath ReadingWriting & LanguageMathEssay (Optional)
Durasi 2 jam, 45 menit 3 jam (tanpa esai)3 jam, 50 menit (dengan esai)
Skala Penilaian Skala penilaian antara 320-1520 Skala penilaian antara 400-1600

Struktur PSAT

PSAT terdiri dari 3 sesi secara keseluruhan, yaitu:

  1. Critical Reading

Pada sesi critical reading terdapat 47 pertanyaan yang mencakup pemahaman membaca dan kosa kata dalam konteks. Waktu pengerjaan soal pada sesi ini adalah 60 menit.

  1. Writing Skills

Pada sesi writing skills terdapat 44 pertanyaan yang mencakup grammar, mengidentifikasi kesalahan kalimat, memperbaiki kalimat, dan memperbaiki paragraf. Untuk mengerjakan sesi ini diberikan waktu 35 menit.

  1. Math

Pada sesi math terdapat 47 pertanyaan yang mencakup aljabar, pemecahan masalah dan analisis data, matematika tingkat lanjut, topik tambahan (geometri, trigonometri dan pra-kalkulus). Waktu pengerjaan soal pada sesi ini adalah 70 menit.

Manfaat Mengikuti PSAT Test Prep

  • PSAT Test Prep dapat membantu mempersiapkan diri untuk PSAT dan SAT dengan lebih efisien. 
  • Dengan mengikuti PSAT Test Prep, siswa akan mendapatkan latihan tambahan untuk SAT sehingga siswa bisa menganalisis dan menyusun strategi untuk menghadapi SAT.
  • Siswa yang mengikuti PSAT Test Prep akan lebih percaya diri karena PSAT dan SAT sangat mirip. Selain itu, siswa juga memiliki pengalaman ujian yang lebih baik saat menghadapi SAT.
  • Skor PSAT dapat membantu siswa masuk ke perguruan tinggi yang baik, karena secara statistik siswa yang mengambil skor PSAT lebih baik pada SAT yang sebenarnya.

Di mana Les PSAT Prep Jakarta?

Westwoodprep.com menawarkan program les PSAT prep Jakarta. Siswa yang berpartisipasi dalam program les PSAT prep Jakarta di Westwoodprep.com berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan.

Karena Westwoodprep akan menjadi lebih akrab dengan tes PSAT, menjadi lebih percaya diri dalam keterampilan mengambil tes, dan mencapai skor tes keseluruhan yang lebih tinggi.

Leave a comment