Fitur dan Keunggulan Photoshop Portable CS4

Photoshop Portable CS4 – Di era digital seperti sekarang ini, aplikasi untuk edit foto sangat dibutuhkan baik sekedar untuk koleksi pribadi dan di-upload di media sosial ataupun untuk keperluan promosi bisnis. Untuk menunjang kebutuhan tersebut, saat ini sudah tersedia berbagai jenis aplikasi edit foto seperti Photoshop Portable CS4.

Berbagai fitur menarik yang terdapat pada aplikasi ini sangat membantu Anda untuk membuat foto terlihat semakin menarik dan bisa meningkatkan daya jual jika foto tersebut digunakan untuk promosi.

Aplikasi perangkat lunak yang bisa diakses melalui PC komputer atau laptop ini menyediakan berbagai tools untuk digital imaging (pengolahan gambar), desain, edit dan manipulasi foto, dan lain sebagainya. Adobe Photoshop Portable ini sangat cocok digunakan bagi para editor gambar, desainer grafis, arsitektur, desainer web, fotografer, dan profesi sejenis lainnya.

Photoshop CS4 atau Creative Suite versi 4 ini merupakan aplikasi keluaran Adobe System Incorporated yang didukung dengan berbagai tool powerful untuk keperluan editing dan pengolahan foto.

Kegunaan dan Keunggulan Photoshop Portable CS4

Aplikasi Adobe Photoshop Portable gratis ini memiliki berbagai keunggulan yang sangat membantu Anda untuk memudahkan proses editing agar hasilnya maksimal. Berikut ini beberapa keunggulan Photoshop Portable CS4 sehingga aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk Anda gunakan, di antaranya:

1. Memiliki berbagai format raster dan vector

Dengan menggunakan Photoshop Portable, Anda tidak akan kesulitan membaca dan menghasilkan desain yang bisa dibaca pada aplikasi apapun. Photoshop mampu membuka dan meng-export berbagai jenis file dalam format seperti png, jpg, gir, bitmap, gif, dan lain sebagainya.

Bahkan tersedia file lainnya seperti PSD atau Photoshop Document yang mana Anda hanya bisa membuka file tersebut di aplikasi Photoshop dan bisa mengeditnya. Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi perubahan yang diperlukan untuk desain tersebut Anda masih bisa mengubahnya.

2. Menyediakan berbagai bentuk font dengan effect yang menarik

Mengedit foto menggunakan Photoshop dapat membuat Anda bebas berkreativitas dengan mudah dengan fitur-fitur yang dimiliki. Salah satunya adalah tool font yang menyuguhkan berbagai bentuk huruf yang kreatif dan inovatif sehingga hasil desain editing Anda pun akan terlihat lebih menarik. Anda juga bisa mengatur effect tulisan tersebut dengan tool menarik lainnya.

3. Menyuguhkan berbagai tools menarik untuk mendesain

Fitur dan tools yang terdapat pada aplikasi ini sangat mudah dipelajari dengan tampilan yang sederhana dan mudah dipahami. Tersedia berbagai tekstur dan efek beragam untuk memperindah hasil desain foto, mengatur pencahayaan, memanipulasi foto dengan memotong atau menggabungkan berbagai gambar, dan lain sebagainya.

4. Menghasilkan desain yang menarik dan sesuai untuk materi web

Format yang terdapat pada aplikasi ini memiliki resolusi yang tinggi sehingga hasil editing gambar tidak akan pecah-pecah meskipun diperbesar. Bahkan Photoshop juga mampu memproduksi gambar yang sesuai untuk World Wide Web. Anda bisa mengatur gambar agar lebih kecil ukurannya atau memperbesarnya dengan aplikasi penunjang berupa Adobe Image Ready.

Fitur-Fitur Photoshop Portable CS4

Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Photoshop Portable CS4 terbilang sangat lengkap sehingga dapat menghasilkan editing foto yang menarik. Berikut ini beberapa fitur dan menu yang tersedia pada Photoshop Portable CS4, di antaranya:

1. Menu Bar

Pada bagian ini, terdapat pilihan menu daftar perintah berupa File, Image, Edit, Select, Layer, View, Window, Help, dan Filter.

2. Option Bar

Menu option bar menampilkan ikon pengaturan khusus atau tambahan dari tool yang terdapat pada toolbox yang dipilih secara aktif. Isi dari option bar ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan.

3. Document Window Bar

Fitur ini merupakan fitur baru yang baru dimulai pada seri CS4 untuk menampilkan seluruh dokumen yang sedang dibuka dalam bentuk tab. Sehingga Anda akan dengan sangat mudah mencari file maupun dokumen yang dibutuhkan untuk diedit.

4. Application Bar

Apliccation bar ini dapat memudahkan Anda untuk mengakses fitur-fitur yang sering digunakan berupa alat dan pilihan. Posisi application bar ini terdapat pada menu bar dan dapat Anda gunakan untuk membuka tools tanpa harus membukanya melalui menu bar.

5. Workspace

Workspace memiliki berbagai pilihan untuk mengatur panel yang berbeda termasuk menu dan shortcut keyboard.

6. Panel atau Palette

Panel dapat memberikan akses ke semua jenis perintah dan pilihan seperti pengorganisasian layer, pemilihan warna, history, informasi tentang gambar, dan lain sebagainya.

7. Toolbox/Tool Panel

Toolbox berisi tombol-tombol perintah untuk membuat dan memanipulasi gambar serta teks.

8. Document Window

Document window merupakan tempat untuk menampilkan gambar atau teks yang telah diolah sehingga Anda dapat melihat history dari tools yang telah digunakan sebelumnya.

Tools dan fitur yang terdapat pada aplikasi ini sangat membantu Anda untuk mengeluarkan ide dan kreativitas sebaik mungkin. Jika Anda bingung dalam menggunakannya, terdapat pilihan Help dan panduan yang dapat membimbing Anda dalam menggunakan setiap tools yang terdapat pada aplikasi tersebut.

Leave a comment