Serunya Belajar Bahasa Inggris dengan 4 Permainan Bahasa Inggris Ini

Permainan Bahasa Inggris – Mempelajari bahasa Inggris tidak harus dalam situasi formal di dalam kelas atau bersama guru dan pembimbing saja. Terdapat banyak cara untuk belajar yang seru dan menyenangkan yaitu salah satunya dengan permainan.

Belajar dengan permainan akan membuat proses pembelajaran Anda menjadi lebih mudah dan tidak cepat bosan. Bahkan metode permainan bahasa Inggris dinilai lebih efektif karena lebih mudah dan lebih cepat dipahami dibandingkan dengan cara konvensional.

Selama ini kata “belajar” selalu identik dengan ruangan kelas, guru, pensil, dan buku. Ternyata, ada metode belajar yang bisa diambil dari permainan bahasa Inggris yang seru berikut ini. Anda pun tidak akan mudah bosan selama belajar dengan menggunakan beberapa permainan, di antaranya:

1. Scrabble

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk permainan ini cukuplah mudah yaitu berupa papan yang sudah ditulisi huruf. Bahkan sekarang sudah terdapat aplikasi yang bisa diunduh secara online untuk belajar sambil bermain melalui smartphone.

Permainan papan ini dimainkan dengan cara menyusun kata di atas papan permainan berkotak-kotak yang terdiri dari 15 kolom dan 15 baris. Anda bisa memainkan ini bersama 2 hingga 4 orang teman dan poin dapat dikumpulkan dari nilai kata yang dibentuk berdasarkan kepingan huruf yang disusun.

Cara permainannya cukup mudah yaitu salah satu pemain mengambil terlebih dahulu sebanyak 7 buah keping huruf dan menyusun kata baik secara mendatar atau menurun.

Lalu diikuti dengan pemain lainnya dan nanti akan terbentuk susunan seperti teka-teki silang. Permainan ini dapat melatih kemampuan Anda dalam menghafal dan memahami kosakata bahasa Inggris.

2. Guessing Game

Permainan bahasa Inggris ini dilakukan secara manual tanpa alat dan sangat cocok untuk mengasah kemampuan berbicara dan mendengar dalam bahasa Inggris. Tata cara permainannya adalah sebagai berikut:

– Bagi ke dalam dua kelompok dan minta satu perwakilan untuk berdiri menghadap anggota kelompok. Perwakilan masing-masing kelompok tersebut tidak boleh menghadap ke arah papan tulis.

– Tulis kata kunci berdasarkan topik yang dipilih misalnya “elephant” untuk topik binatang. Masing-masing anggota kelompok diminta untuk menyebutkan ciri-ciri dari benda tersebut sampai perwakilan kelompok bisa menebak benda yang dimaksud.

– Kelompok yang pertama kali bisa menebak pertanyaan adalah pemenangnya.
Selain kemampuan berbicara dan mendengarkan, permainan ini juga dapat melatih kemampuan untuk menyusun kalimat.

3. Question Tags

Permainan ini bertujuan untuk melatih kemampuan dalam menggunakan question tags. Cara permainannya adalah sebagai berikut:

– Bagi ke dalam 2 kelompok dan masing-masing kelompok diharuskan untuk membuat 10 pertanyaan question tags. Contoh: “you want to be a doctor, don’t you?”, “It’s your book, isn’it?”

– Masing-masing kelompok diminta untuk berdiri dan saling berhadapan dan saling bergantian untuk memberikan pertanyaan yang telah dibuat.

– Kelompok yang diberi pertanyaan harus menjawab dengan jawaban menggunakan tags. Contoh: “I do”, “I don’t”, “She does”, dan lain sebagainya.

– Jika ada anggota kelompok yang salah dalam menjawab, maka anggota tersebut harus keluar dari barisan. Jumlah kelompok yang sisa anggotanya paling banyak adalah pemenangnya.

4. Simon Says Games

Permainan bahasa Inggris yang satu ini sangat seru untuk dimainkan karena dapat melatih kemampuan mendengar dan memahami kalimat dalam bahasa Inggris. Cara permainannya cukup mudah yaitu dengan cara sebagai berikut:

– Kumpulkan beberapa pemain dan buat lingkaran besar. Minta satu orang relawan untuk berada di tengah-tengah menjadi instruktur.

– Instruktur memiliki peran untuk memberi kalimat perintah. Contoh: simons say touch your nose! (Simons berkata sentuh hidungmu!)

– Pemain yang berada dalam lingkaran besar tersebut harus mengikuti instruksi yang diucapkan oleh instruktur.

– Konsekuensi berupa hukuman harus diberikan kepada pemain yang salah dalam melakukan instruksi yang telah diberikan.

Baik para pemain yang berada di lingkaran besar dan pemain yang berada di tengah keduanya belajar 2 hal penting dalam bahasa Inggris. Instruktur belajar kemampuan speaking dan menyusun kalimat sedangkan pemain yang lain belajar listening dan memahami kalimat.

Dengan melakukan berbagai permainan bahasa Inggris seru di atas, Anda pun tidak akan bosan dalam belajar bahasa Inggris. Bahkan Anda akan merasa ketagihan dan ingin sering belajar dengan cara bermain seperti ini. Berbagai kemampuan dalam bahasa Inggris mulai dari kosakata, grammar, listening, speaking, dan writing dapat dengan mudah Anda pelajari menggunakan permainan bahasa Inggris.

Leave a comment