Langkah-Langkah Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris Singkat dan Tepat

Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris Singkat – Di era globalisasi seperti sekarang ini kemudahan akses untuk saling berkomunikasi dan menjalin hubungan antar negara semakin terbuka lebar. Hal ini menuntut setiap orang untuk bisa berkomunikasi menggunakan bahasa asing salah satunya bahasa Inggris.

Bahasa Inggris juga telah ditetapkan sebagai bahasa internasional nomor satu yang digunakan sebagai bahasa utama dalam hal komunikasi antar negara di dunia global. Sehingga sangat penting untuk mulai dari sekarang belajar bahasa Inggris termasuk mempelajari bagaimana perkenalan diri dalam bahasa Inggris.

Cara berkenalan menjadi salah satu bagian conversation atau percakapan yang wajib dipelajari dalam bahasa Inggris. Ketika bertemu dengan orang asing yang baru pertama kali kenal, bertemu dengan rekan bisnis, maupun teman baru di luar negeri tentu membutuhkan yang namanya kalimat perkenalan diri dalam bahasa Inggris singkat.
Dengan menggunakan kalimat perkenalan diri ini Anda dapat dengan mudah berkomunikasi dan menjalin keakraban dengan orang lain. Banyak cara dan kalimat perkenalan diri dalam bahasa Inggris singkat yang bisa Anda gunakan dalam konteks untuk memperkenalkan diri kepada orang lain.

Langkah-Langkah Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris Singkat

Ketika hendak memperkenalkan diri, dalam bahasa apapun baik itu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, maupun bahasa lainnya tentu harus menggunakan kata-kata dan kalimat yang sesuai. Tujuannya agar pihak lawan bicara memahami dengan jelas apa yang Anda sampaikan dan tidak ada yang merasa tersinggung atau tersakiti dengan kalimat yang diucapkan.

Untuk dapat melakukan perkenalan diri dalam bahasa Inggris singkat dengan baik, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Menyampaikan Salam

Salam adalah kata atau kalimat pembuka pertama yang disampaikan seseorang ketika hendak membuka pembicaraan. Mengucapkan salam bertujuan untuk memberikan kesan hormat dan rasa menghormati orang lain saat hendak memulai percakapan perkenalan diri.

Salam yang bisa diucapkan untuk memperkenalkan diri, di antaranya adalah sebagai berikut:

• Good Morning/Good Afternoon/Good Evening/Good Night
Arti dari masing-masing kalimat tersebut adalah good morning (selamat pagi), good afternoon (selamat siang), good evening (selamat sore), dan good night (selamat malam). Kalimat ini sangat lazim digunakan sebelum seseorang melakukan perkenalan diri dalam bahasa Inggris singkat.

Tentu kalimat yang digunakan harus disesuaikan dengan kapan waktu Anda bertemu dengan orang tersebut untuk memperkenalkan diri. Misalnya ketika pagi hari maka harus mengucapkan good morning dan seterusnya.

• Assalamu’alaikum
Kata pembuka ini biasa digunakan oleh seorang muslim kepada muslim lainnya untuk memberikan salam. Meskipun kata salam ini jarang digunakan di negara native English, namun mengucapkan salam pembuka dengan menggunakan kata ini pun tidak masalah.

• Hi/Hello
Hai atau Halo merupakan kalimat pembuka yang paling sering digunakan ketika hendak menyapa orang lain baik untuk memperkenalkan diri maupun untuk memulai percakapan dengan orang lain.

2. Menanyakan Kabar

Langkah selanjutnya setelah menyampaikan salam adalah dengan menanyakan kabar orang lain sebagai bentuk basa-basi untuk memulai percakapan. Menanyakan kabar dapat menghilangkan kesan aneh dan kurang sopan jika langsung memperkenalkan diri dan menyampaikan my name is….

Berikut ini beberapa kalimat yang bisa digunakan untuk menanyakan kabar, di antaranya adalah:

• How are you today? dan How’s everyhing?
Artinya apa kabarmu hari ini? Kalimat ini termasuk kalimat menanyakan kabar yang paling sering digunakan untuk acara perkenalan yang kurang formal. Misalnya perkenalan sesama teman baru.

• How are you guys?
Kalimat how are you guys yang berarti apa kabar semuanya biasanya ditujukan untuk menanyakan kabar dalam forum kelas atau komunitas yang anggotanya teman-teman sebaya.

• How are you ladies and gentlemen?
Kalimat menanyakan kabar yang satu ini sangat cocok untuk acara-acara forum resmi dan menjadi pilihan yang tepat karena pilihan katanya sangat sopan.

3. Mengutarakan Maksud dan Tujuan

Setelah mengucapkan salam dan menanyakan kabar, Anda bisa langsung menyampaikan maksud dan tujuan Anda yang tidak lain adalah untuk memperkenalkan diri. Berikut ini contoh kalimatnya:
• May I introduce myself
• Let me introduce myself
• I’m here to introduce my self

4. Memperkenalkan Nama

Setelah ketiga langkah tersebut di atas Anda lakukan, tibalah saatnya untuk memperkenalkan nama diri Anda dengan menggunakan kalimat seperti contoh berikut ini:

• My name is Elisa
• I am Elisa

5. Menyertakan alamat

Merupakan suatu hal yang sangat mendesar ketika memperkenalkan nama maka juga harus menambahkan informasi secara personal seperti asal, alamat tempat tinggal, hobi, keluarga, dan hal-hal mendasar lainnya. Contoh kalimatnya sebagai berikut:

• I live in Jakarta
• I am from Jogja
• I like reading books
• My family live in Jogja

6. Kalimat Penutup

Setelah perkenalan selesai, Anda bisa menutupnya dengan menggunakan beberapa kalimat penutup seperti berikut ini:

• Thank you
• Thank you for your attention
• Wassalamu’alaikum
• I think enough to introduce myself

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris singkat sangat diperlukan khususnya bagi Anda yang sering bepergian ke luar negeri dan menjalin kerjasama dengan orang asing. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan tata krama dan sopan santun serta jangan menggunakan kata dan kalimat yang bisa menyinggung perasaan orang lain.

Leave a comment