Pengertian Web Browser, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian Web Browser – Setiap penggunaan internet tentu tidak terlepas dari yang namanya web browser. Alat penjelajah menjadi salah satu elemen yang paling penting ketika seseorang ingin mencari informasi melalui internet. Tanpa web browser maka fungsi internet sebagai alat pencari informasi seolah tidak ada artinya. 

Seiring dengan pesatnya perkembangan internet di dunia ini, kini hadir berbagai macam web browser yang bisa diakses dengan sangat mudah dan gratis oleh para pengguna internet. Masing-masing web browser memiliki fungsi dan cara kerja yang hampir sama sesuai dengan kapasitasnya. 

Anda dapat dengan mudah mendapatkan informasi tentang apa yang Anda butuhkan hanya dengan sekali klik web browser tersebut. Semua informasi seolah sudah terkumpul dengan detail dalam sebuah web browser dan kita pun tinggal memilah informasi apa yang dibutuhkan.

 Pengertian Web Browser dan Cara Kerjanya

Pengertian web browser jika diambil dari segi bahasa web yang berarti website atau situs dan browser yang berarti penjelajah, maka dapat disimpulkan bahwa web browser adalah alat penjelajah. 

Sedangkan pengertian yang lebih luas dari web browser adalah suatu aplikasi yang memiliki manfaat untuk mengambil, menyajikan konten, dan menjelajahi berbagai sumber informasi yang dapat diakses melalui jaringan internet (world wide web). 

Aplikasi web browser dapat diinstal baik melalui smartphone maupun PC komputer atau laptop untuk bisa digunakan. Setelah proses instal selesai dan terpasang maka pengguna dapat membuka aplikasi tersebut dan mengetikkan alamat website pada address bar yang terletak pada bagian atas. 

Selanjutnya aplikasi web browser tersebut akan bekerja dengan mengambil data dari website yang diinginkan. Informasi yang Anda butuhkan pada website tersebut pun akan terbuka halamannya melalui web browser tersebut. 

 Fungsi Web Browser

Sebagai alat penjelajah informasi, web browser dapat mengakses, menerima, dan menyajikan berbagai jenis informasi di internet. Informasi tersebut dapat berupa teks yang terdapat pada halaman website, foto, video, audio, maps, dan konten-konten menarik lainnya. Selain sebagai alat penjelajah informasi, web browser juga memiliki beberapa fungsi lainnya di antaranya adalah sebagai berikut:

 

  • Mengumpulkan data dan memaksimalkan tampilan

 

Sebagai alat penjelajah, tentu web browser harus memiliki berbagai jenis informasi yang dibutuhkan penggunanya. Sehingga secara otomatis web browser memiliki fungsi untuk mengumpulkan semua data dari berbagai website dan menampilkannya dengan bagus agar mudah dibaca para pencari informasi. 

 

  • Membuka halaman website

 

Seringkali kita tidak tahu situs website apa yang akan dibuka untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Sehingga kita membutuhkan web browser untuk mencari situs-situs website yang berkaitan dengan keyword yang diketikkan pada halaman mesin pencari. Web browser dapat membantu untuk membuka suatu halaman website dengan mengarahkan langsung ke alamat website yang berkaitan dengan keyword yang ditulis. 

 

  • Memastikan keamanan website

 

Sebelum alamat website dimunculkan pada halaman pencarian, pihak web browser akan melakukan verifikasi terlebih dahulu terhadap laman tersebut apakah aman atau berbahaya. Hal ini mengingat semakin banyaknya website yang terjangkit virus, malware, maupun software tertentu untuk mencuri data pengguna.

 

  • Mendukung permintaan data

 

Data-data yang telah dikumpulkan oleh web browser yang kemudian diakses oleh para pengguna internet dapat disimpan secara langsung dengan download atau unduh. Data tersebut baik berupa gambar atau foto, video, audio, teks, dan lain sebagainya. 

 

  • Mendukung penggunaan mesin pencari

 

Mungkin banyak yang masih salah kaprah dan menganggap bahwa mesin pencari dan web browser itu adalah dua hal yang sama. Padahal keduanya merupakan dua hal yang berbeda namun tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Mesin pencari atau search engine adalah bagian dari web browser yang dapat membantu untuk mencari informasi di internet. 

 Contoh web browser

Perkembangan teknologi informasi dan internet di era digital yang semakin pesat turut mendorong para developer untuk mengembangkan macam-macam web browser yang dapat diakses oleh para pengguna internet. Anda pun tinggal memilih web browser jenis apa yang akan diinstal dan digunakan untuk kebutuhan pencarian informasi sehari-hari. Berikut ini beberapa contoh web browser yang paling populer dan sering digunakan:

 

  • Google Chrome

 

Google Chrome merupakan salah satu web browser yang paling populer dan banyak digunakan oleh pengguna internet. Web browser yang dirilis oleh Google pada 2 September 2008 ini digunakan hampir 60% seluruh pengguna internet yang ada di dunia. 

Alat penjelajah ini menyajikan berbagai informasi dari berbagai sumber website dan dilengkapi dengan berbagai fitur seperti google translate, gmail, Google Account, dan lain sebagainya. 

 

  • Mozilla Firefox

 

Mozilla Firefox yang memiliki nama asli Phoenix ini merupakan web browser paling populer urutan kedua yang banyak digunakan oleh para pengguna internet. Alat penjelajah ini menjadi platform web-lintas yang bebas dan terbuka serta dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan banyak sukarelawan. 

Dalam perkembangannya, Firefox memiliki beberapa versi mulai dari versi 1.0 hingga versi terbaru 62.0 yang baru dirilis pada 5 September 2018 lalu. Salah satu keunggulan Firefox adalah akses yang mudah dan dapat dijalankan pada banyak sistem operasi mulai dari Linux, Windows, Microsoft, FreeBSD, dan Mac OS X. 

Fitur-fitur yang dimiliki web browser ini di antaranya adalah penggunaan tab, mesin pencarian, pengecekan ejaan, bookmark, pengunduhan, mengembalikan session, dan private browsing. 

 

  • Opera

 

Opera browser merupakan salah satu  macam web browser dengan paket perangkat lunak internet antar-platform yang memiliki peramban web dan perangkat lunak yang digunakan untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Berbagai sistem operasi dapat dijalankan melalui Opera seperti Mac OS X, Microsoft Windows, Linux, Solaris, dan FreeBSD. 

Fitur dan keunggulan yang dimiliki Opera Browser membuat alat penjelajah ini memiliki pangsa pasar yang besar pada perangkat mobile dibandingkan peramban komputer. Opera dengan fitur terbarunya 15.0 yang dirilis pada awal Juni 2013 ini memiliki berbagai fitur menarik yang membuat web browser ini dinilai unggul. 

Beberapa keunggulan Opera di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Speed browser Opera merupakan yang paing cepat dengan menampilkan mesin JavaScript baru.
  • Menghadirkan built-in tabbed browsing, perlindungan penipuan, pemblokiran iklan, bar pencarian, Opera Mail dan IRC, serta download manager.
  • Memiliki fitur Speed Dial untuk menambahkan hingga 25 link atau lebih yang ditampilkan dalam bentuk thumbnail.
  • Memiliki Opera Widgets untuk menambah kustom JavaScript pada halaman web.

 

 

  • Internet Explorer

 

Internet Explorer merupakan salah satu alat penjelajah web yang dikembangkan oleh Microsoft dan digunakan secara luas sejak tahun 1999 hingga mencapai 95% pengguna internet pada tahun 2002 – 2003. 

Namun, lama-kelamaan pengguna Internet Explorer semakin menurun karena persaingan dengan web browser baru dan canggih lainnya. Internet Explorer telah berhasil merilis hingga versi Internet Explorer 11 yang dirilis pada tahun 2013. 

 Meskipun memiliki fungsi yang sama sebagai alat penjelajah, Anda dapat mengunduh semua macam web browser pada perangkat ponsel maupun PC komputer atau laptop Anda. Secara langsung web browser telah banyak membantu segala aspek kebutuhan kita dalam aktivitas sehari-hari dengan menyediakan informasi yang diperlukan para penggunanya. 

Leave a comment