Tiga Negara yang menggunakan Bahasa Perancis

Negara yang menggunakan Bahasa Perancis – Bahasa Perancis merupakan salah satu bahasa pergaulan (lingua franca) internasional yang termasuk ke dalam sepuluh bahasa yang sering digunakan dalam berbagai komunikasi di dunia internasional. Peran ini tidak lepas dari peran politik Perancis dalam kancah internasional, perancis merupakan negara yang mempelopori perkembangan ilmu pengetahuan sosial dan sains sejak berabad-abad lalu, serta menjadi salah satu tempat kelahiran aufklarung (era keemasan) yang terjadi di eropa pasca abad kegelapan.

Peran politik internasional perancis di masa modern juga terlihat dari perannya sebagai kawah pertumbuhan politik internasional Pan-Islamisme yang dilahirkan Jamaladuin Al-Afghani ketika tinggal di Paris, selain itu, pemimpin Revolusioner Islam Iran Ayatullah Khomenei juga mengobarkan perlawanan revolusi Iran saat tinggal di negara Perancis.

Karena peran peran penting Perancis inilah, banyak publikasi yang diterbitkan dalam bahasa perancis dan menjadi salah satu alasan kenapa banyak negara yang menggunakan bahasa perancis sebagai bahasa pengantar kehidupan bernegaranya. Selain itu, perancis juga menjadi salah satu negara kolonial yang mempunyai beberapa negara jajahan di benua Afrika. Salah satunya adalah negara Aljazair, dimana di Al-Jazair ini beberapa orang tua yang lahir di masa penjajahan masih bisa fasih berbahasa perancis, hal ini bisa menjadi alasan memasukkan aljazair sebagai negara yang menggunakan bahasa perancis sebagai bahasa pergaulan.

Selain memiliki hubungan emosional secara bahasa, aljazir juga mempunyai hubungan emosional imigran aljazair yang banyak hijrah ke perancis sehingga menyebabkan beberapa pemain sepakbola di eropa merupakan keturunan berdarah aljazair dan menjadi model anak anak pendidikan di aljazair untuk melanjutkan pendidikan ke perancis sebagai sesama negara yang menggunakan bahasa perancis.

Selain aljazair di benua afrika negara yang menggunakan bahasa perancis sebagai bahasa pengantar. Di benua eropa sendiri terdapat beberapa negara yang menggunakan bahasa perancis sebagai bahasa pengantar di dalam negerinya. Sebagai sesama negara eropa, faktor ini karena biasanya ada imigrasi antara negara yang menyebabkan percampuran etnis, atau karena faktor politik yang terjadi ketika berada di dalam fase perang dunia pertama dan perang dunia kedua.

Negara di eropa yang menggunakan bahasa perancis sebagai bahasa pengantar adalah belgia. Di belgia bagian wilayah tertentu menggunaka bahasa perancis sebagai bahasa resmi negara, hal ini karena diwilayah tersebut bermukim sebagian besar leluhur keturuann orang orang perancis yang berdiam diri dan berkembang didaerah tersebut. Penggunaan bahasa perancis di negara Belgia ini bukan hanya didalam bahasa sehari hari saja, tetapi juga masuk ke dalam bahasa pergaulan di universitas dan kurikulum universitas.

Selain aljazair dan belgiam, terdapat satu lagi negara yang menggunakan bahasa perancis di benua Amerika Utara bernama negara kanada. Kanada menggunakan bahasa perancis sebagai bahasa resmi di negara bernama Quebec, di sana populasi orang perancis dan imigran cukup tinggi dan dijadikan bahasa utama negara bagian Quebec.

Leave a comment