Ingin Meningkatkan Kemampuan Reading? Coba 4 Cara Mudah Bahasa Inggris Ini

Mudah Bahasa Inggris – Setiap orang memiliki cara dan metode yang berbeda dalam mempelajari bahasa Inggris. Seberapa cepat kamu bisa mencapai kefasihan bahasa Inggris tergantung pada metode yang kamu gunakan dan berapa banyak waktu yang kamu habiskan menggunakan metode yang kamu terapkan.

Apakah kamu suka membaca? Membaca bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan bahasa Inggris kamu, terutama kemampuan reading. Cara mudah bahasa Inggris bisa kamu lakukan dengan membaca buku-buku berbahasa Inggris. Simak bagaimana cara menyalurkan hobi membaca kamu sebagai cara mudah untuk belajar tentang kosakata bahasa Inggris, tata bahasa ataupun budaya berikut ini.

1. Belajar bahasa Inggris melalui novel

Membaca buku-buku bahasa Inggris bisa menjadi cara mudah bahasa Inggris yang bagus untuk kamu lakukan. Jika kamu sering membaca novel dalam bahasa Indonesia, mulailah untuk membaca novel berbahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris dari novel-novel bahasa Inggris modern bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu.

Novel-novel modern dapat menunjukkan kepada kamu contoh nyata tentang bagaimana bahasa Inggris digunakan saat ini. Novel juga dapat mengajari kamu cara menunjukkan emosi, mengekspresikan ide, atau menceritakan kisah dalam bahasa Inggris.

Membaca novel juga akan memberikan kamu kesempatan untuk belajar kosa kata dalam konteks sebuah cerita. Ini berarti kamu dapat melihat bagaimana kata dan frasa terhubung dalam percakapan sehari-hari. Bahkan, membaca novel-novel Inggris atau Amerika modern akan mengajarkan kamu segala macam kata-kata bahasa Inggris, istilah yang aneh dan ‘bahasa gaul’ dalam bahasa Inggris.

2. Membaca buku-buku sederhana

Ada beragam jenis buku bahasa Inggris yang bisa kamu baca sebagai cara mudah bahasa Inggris untuk melatih kemampuan Reading. Temukan buku yang BENAR-BENAR menarik minat kamu. Kamu bisa membaca buku-buku sederhana atau literatur bahasa Inggris lainnya.

Beberapa situs yang bisa kamu gunakan untuk membantu menemukan buku diantaranya Bookbrowse.com untuk membaca ekstrak (atau sampel) dari buku saat ini dan kemudian memilih yang paling kamu sukai, atau Openthebook.com yang merupakan situs web yang menyarankan buku untuk kamu baca.

3. Membaca buku bahasa ganda

Buku bahasa ganda memiliki teks bahasa Inggris asli di satu halaman dan terjemahan ke bahasa Indonesia di halaman lain. Jenis buku atau bacaan dengan bahasa ganda ini akan memudahkan kamu karena kamu dapat dengan cepat merujuk bahasa kamu sendiri jika kamu tidak mengerti semua teks bahasa Inggris.

Walaupun pilihan jenis buku ini terbatas, kamu bisa membeli buku semacam ini di toko-toko buku atau online. Atau, cara mudah bahasa Inggris lain yang bisa kamu lakukan adalah membeli buku yang sama dalam versi bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, lalu membandingkan keduanya.

4. Membaca buku bahasa Inggris sesuai genre yang disukai

Setiap orang memiliki genre buku favorit masing-masing, apakah kamu suka fiksi ilmiah atau novel roman. Jika kamu menyukai genre buku bahasa Inggris tertentu, bacalah sesuai genre yang kamu sukai. Berikut ini beberapa contoh buku dari genre yang bisa kamu pilih:

• Nonfiksi
Buku yang faktual dan informatif, alih-alih menceritakan kisah imajiner. Buku non-fiksi bisa mengenai topik apa saja, misalnya catatan sejarah atau biografi. Misalnya, A Brief History of Time – Stephen Hawking.

• Fiksi ilmiah atau ‘sci-fi’
Buku tentang ‘masa depan yang dibayangkan’. Seringkali tentang ruang atau planet lain. Misalnya, War of the Worlds – HG Wells.

• Fantasi
Termasuk hal-hal yang tidak nyata. Misalnya: sihir, atau makhluk mitos seperti naga.
Misalnya, Harry Potter – JK Rowling, Lord of the Rings – JRR Tolkien.

• Thriller
Novel aksi yang bertujuan membuat pembaca tegang. Itu berasal dari kata bahasa Inggris “thrilling”. Misalnya, The Da Vinci Code – Dan Brown.

• Horor
Sebuah kisah menakutkan yang dibuat untuk menakuti para pembaca. Misalnya, Dracula – Bram Stoker.

Leave a comment