Macam-Macam Makanan Khas Norwegia

Makanan Khas Norwegia – Norwegia dikenal sebagai salah satu negara paling bahagia di dunia menurut World Happines Report 2019. Negara ini memiliki harapan hidup masyarakat yang tinggi, alam yang indah, keamanan, kesehatan, serta pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Mengingat garis pantai yang panjang, negara ini menghasilkan banyak ikan untuk dikonsumsi.
Norwegia memiliki sejarah panjang dalam menangkap ikan, dan banyak wilayah di Norway yang menghidupi diri mereka dengan makanan laut selama bertahun-tahun. Ekspor makanan laut adalah salah satu industri terbesar di Norwegia. Tidak mengherankan jika salah satu makanan khas Norwegia yang populer terbuat dari salmon.

Makanan Khas Norwegia

Makanan khas Norwegia memiliki banyak kesamaan dengan negara Skandinavia lainnya seperti Denmark, Swedia, dan Islandia. Seafood tetap menjadi bagian penting dari Masakan Norwegia, bahkan lebih daripada rekan-rekan Skandinavia lainnya. Misalnya, salmon dan udang Norwegia terkenal di dunia dan diekspor ke seluruh dunia. Tetapi tentu saja, kualitas tertinggi disimpan di Norwegia.

Selain seafood, domba-domba, dan babi adalah daging populer yang ditemukan dalam masakan Norwegia. Kuliner Norwegia ini bervariasi dari hidangan tradisional hingga hidangan modern. Banyak hidangan tradisional disertai dengan kentang, wortel atau beberapa tanaman dan sayuran akar lainnya. Ada berbagai macam saus Norwegia yang sangat cocok dengan berbagai jenis daging dan makanan laut.

Berikut ini makanan khas Norwegia yang bisa Anda coba, diantaranya:

1. Gravlaks

Di Norwegia, salmon dapat diolah dengan berbagai cara seperti digoreng, diasap, ataupun dimasak. Salah satu makanan khas Norwegia yang terbuat dari salmon adalah smoked salmon atau Gravlaks. Gravlaks adalah salmon asap yang telah diasinkan. Fillet salmon ini biasa disajikan dengan sayuran, kentang, dan saus.

2. Kjøttkaker

Kjøttkaker merupakan hidangan sederhana yang sangat umum di Norwegia. Makanan Norwegia ini mirip dengan bakso, yang terbuat dari daging cincang yang dibumbui dan diuleni dengan berbagai bahan, seperti bawang atau rusk. Hidangan ini disajikan dengan saus cokelat, kacang polong tumbuk atau kubis krim.

3. Lutefisk

Lutefisk merupakan makanan tradisional lain dari Norwegia, yang biasanya dihidangkan sekitar Natal.
Lutefisk dibuat dari dari ikan kod kering yang telah digiling dalam larutan alkali, direndam untuk menghilangkan larutan kaustik yang dihasilkan, dan kemudian dikukus hingga mengembang. Makanan khas norwegia ini telah ada sejak abad ke-16. Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus krim hangat atau mentega dan dinikmati dengan bir atau aquavit dalam jumlah berlebihan.

4. Pinnekjøtt

Pinnekjøtt merupakan salah satu hidangan utama yang disajikan pada malam Natal. Makanan Norwegia ini terbuat dari iga domba yang telah diasinkan, terkadang juga diasap untuk mengawetkannya. Iga domba direhidrasi, dikukus di atas batang birch dan disajikan dengan kohlrabi (lobak kubis) tumbuk. Rasa yang kaya dan asin diimbangi dengan rasa manis yang melekat pada kohlrabi, yang membuat citarasa hidangan lebih lezat.

5. Lefse

Lefse adalah jenis roti pipih Norwegia yang terbuat dari kentang, mentega, tepung, dan krim. Orang-orang Norwegia sangat menyukai hidangan flatbread sederhana. Cara paling umum untuk makan Lefse adalah dengan menambahkan mentega dan menggulungnya, tetapi Anda juga bisa menambahkan bahan yang lebih manis seperti selai, lingonberry, gula atau kayu manis.

6. Whale Steak

Whale steak merupakan salah satu kuliner unik di Norwegia. Hidangan steak yang terbuat dari daging ikan paus ini dapat ditemukan di restoran-restoran Norwegia. Walaupun makanan ini menjadi kontroversi di negara lain, tetapi makanan ini tidak dianggap sebagai jenis makanan kontroversial di Norwegia. Jenis paus yang biasanya digunakan dalam hidangan Norwegia adalah Minke whale.

7. Raspeballer

Raspeballer atau bola padat kentang tumbuk dan tepung ini perlahan-lahan direbus dengan potongan lemak domba atau babi. Hidangan ini biasanya disajikan dengan banyak mentega coklat. Banyak restoran di Norwegia yang menyajikannya sebagai spesial setiap Kamis sore.

8. Smalahove

Smalahove merupakan salah satu makanan tradisional Norwegia yang pada dasarnya terdiri dari kepala domba. Kepala domba asin dan diasap kemudian direbus dan disajikan dengan kentang dan kohlrabi tumbuk. Kadang-kadang otak diambil di dalam kepala, dimasak bersama dengan daging atau digoreng dan dimasak sepenuhnya. Jika otak dihilangkan, kepala yang asin dan kering kemudian direbus sampai matang, dan disajikan dengan kentang tumbuk .

9. Fårikål

Fårikål adalah sup hangat yang cukup mudah disiapkan, terbuat dari daging kambing atau domba, lada hitam utuh, kol, tepung gandum kecil untuk membuat saus kental. Kemudian lambat dimasak selama beberapa jam. Makanan khas Norwegia ini biasa dimakan di bagian barat Norwegia. Meskipun begitu, Anda juga dapat menemukannya di beberapa tempat di Oslo, seperti Dovrehallen.

Jika Anda berkunjung di Norwegia, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mencicipi makanan khas Norwegia. Mencoba kuliner khas Norwegia bisa menjadi salah satu pengalaman yang menyenangkan saat berkunjung ke negara tersebut.

Leave a comment