Lowongan Kerja Perawat di Jerman bagi Anak Muda

Lowongan Kerja Perawat – Kini semakin banyak anak muda yang lebih memilih untuk kerja ringan di luar negeri. Kerja ringan yang dimaksud adalah pekerjaan yang memungkinkan kita memiliki banyak waktu luang untuk belajar budaya lingkungan namun tetap mendapat penangguhan biaya hidup sehari-hari.

Salah satu negara yang banyak dituju oleh anak-anak penyuka “liburan gratis” adalah Jerman. Di Jerman memang tersedia banyak pekerjaan yang diperuntukkan untuk anak-anak berusia 20-an tahun hingga 30 tahun.

Beberapa pekerjaan di Jerman yang populer di kalangan anak muda adalah seperti Aupair, Ausbildung, Freiwilliges Soziales Jahr, dan beberapa yang lainnya. Salah satu cabang yang juga banyak diminati adalah lowongan kerja perawat di Jerman.

Perawat di Bidang Tertentu

Bagi kamu yang ingin bekerja di Jerman, kerja sebagai perawat bisa menjadi di pilihan. Pada tahun 2018 yang lalu, Jerman membuka lowongan perawat hingga 15.000 orang.

Perawat yang dimaksud juga terdiri dari beberapa tipe. Selain perawat yang akan bekerja di bidang medis atau rumah sakit, dibuka juga lowongan pekerjaan perawat panti jompo dan khusus untuk anak-anak disabilitas.

Lowongan kerja perawat di Jerman yang paling banyak dibuka adalah perawat untuk panti jompo. Kualifikasi yang diharapkan pun tidak harus merupakan mahasiswa lulusan sekolah perawat.

Khusus untuk perawat orang tua atau dikenal dengan sebutan pflegekraft ini, remaja yang merupakan lulusan SMA atau sekolah tinggi umum juga dapat mendaftar.

Tidak banyak syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar perawat di bagian panti jompo ini. Selain tentunya sehat dan memiliki sertifikat kecakapan bahasa Jerman level B2, pekerja yang diutamakan adalah pekerja berusia 18 tahun hingga 30 tahun.

Nantinya, seorang pekerja perawat akan diberikan fasilitas-fasilitas seperti tempat tinggal di luar panti, gaji sekitar 500 euro setiap bulannya, kebutuhan sehari-hari, transport kedatangan dan pulang, jaminan kesehatan, dan beberapa yang lainnya.

Untuk kamu yang ingin belajar bahasa Jerman langsung di negara tersebut, lowongan kerja perawat di Jerman ini juga bisa dijadikan peluang. Selain nantinya akan mendapat banyak waktu luang, pekerja perawat juga akan mendapatkan pelatihan bahasa gratis dan seminar-seminar tertentu.

Freiwilliges Soziales Jahr

Mengenai lowongan kerja perawat di Jerman ini, sebelumnya sudah lebih dulu populer lowongan kerja untuk anak-anak muda yang disebut Freiwilliges Soziales Jahr.

Freiwilliges Soziales Jahr adalah sebuah jenis kerja di Jerman yang lebih menyerupai kerja sukarela atau volunteer di bidang sosial. Ada banyak sekali cabang Freiwilliges Soziales Jahr, namun yang dibuka untuk warga dari luar Jerman hanya ada dua, yaitu perawatan di Panti Jompo dan anak-anak disabilitas.

Kerja sebagai Freiwilliges Soziales Jahr ini biasanya diambil oleh mereka yang ingin menambah kemampuan bahasa Jerman dan menambah pengetahuan kebudayaan Jerman sebelum akhirnya pada tahun setelah itu akan mengambil pendidikan di sana.

Pekerjaan semacam ini tentu bukan pekerjaan yang dapat diharapkan jenjang karirnya. Lazimnya juga, seorang perawat panti jompo atau Freiwilliges Soziales Jahr hanya akan valid bekerja selama 1 tahun atau 1,5 saja.

Itu karena memang pekerjaan-pekerjaan semacam merupakan pekerjaan sampingan atau pekerjaan yang digunakan untuk pengabdian sosial. Namun, karena durasi kerja yang ditetapkan biasanya hanya sekitar 40 jam per minggu, pekerjaan-pekerjaan semacam umum digunakan oleh seseorang yang akan datang ke Jerman untuk mengasah kemampuan bahasa dan pengetahuan budaya.

Keuntungan Mengikuti Freiwilliges Soziales Jahr

Selain tentunya akan mendapatkan gaji setiap bulan, mengikuti program kerja Freiwilliges Soziales Jahr, terutama di bagian perawat, dinilai akan lebih efektif untuk menambah kecakapan berbahasa Jerman.

Hal itu diakui oleh banyak calon mahasiswa, karena ketika bekerja sebagai Freiwilliges Soziales Jahr, kita akan bertemu dengan lebih banyak orang dibandingkan apabila kita menjadi Aupair.

Jangan dibayangkan juga bahwa kita akan merawat orang-orang. Lowongan kerja perawat di Jerman dipersiapkan untuk mendampingi orang tua saja dan tidak akan bertanggung jawab pada urusan medis atau perihal lain seperti membersihkan pakaian.

Meskipun begitu, memang ada sesekali penyalahgunaan jobdesk pekerjaan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mendapatkan penyalur yang terpercaya dan resmi.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi lebih mengenai lowongan kerja perawat di Jerman, atau hal-hal mengenai Jerman, kamu dapat membuka website virtueducation.org berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan.

Leave a comment



Syintia Larasati

3 months ago

Hallo, bagaimana cara kuliah gratis di Jerman? Mohon informasi kuliah keperawatan free di Jerman.