Perlunya Kursus SAT Bali Untuk Persiapan Masuk Universitas

Kursus SAT Bali – SAT yang merupakan singkatan dari Scholastic Aptitude Test merupakan salah satu jenis ujian yang diciptakan oleh College Board sebagai salah satu syarat untuk masuk universitas tertentu. Tes ini biasanya diadakan sebanyak 6 kali dalam satu tahun dan telah diikuti lebih dari dua juta mahasiswa setiap tahunnya.
Beberapa universitas di Amerika, Singapura, Australia, Finlandia, dan Inggris menjadikan tes ini sebagai acuan kesiapan calon mahasiswa untuk memasuki universitas.

Hasil tes SAT telah diakui secara internasional dan bisa digunakan sebagai nilai plus jika ingin mengajukan beasiswa kuliah. Ujian SAT ini cukup berbeda dibandingkan tes TOEFL maupun IELTS yang cukup populer sebagai standar kemampuan dan pemahaman dalam bahasa Inggris.

Tes SAT lebih banyak berhubungan dengan mata pelajaran umum yang diujikan dalam bahasa Inggris. Sehingga banyak yang mengatakan bahwa tes ini merupakan salah satu ujian yang cukup sulit. Namun, semua itu akan menjadi mudah jika Anda mengetahui trik dan strateginya.

Tentang Tes SAT

Secara umum, tes SAT terbagi ke dalam dua jenis di antaranya adalah sebagai berikut:

• Subject Test untuk menguji keterampilan calon mahasiswa dalam memahami bidang studi tertentu seperti sejarah, matematika, ilmu pengetahuan, bahasa Inggris, dan bahasa asing lainnya
• Reasoning Test untuk menguji kemampuan calon mahasiswa dalam membaca, menulis, dan menyelesaikan soal logika matematika

Reasoning Test menjadi salah satu tes yang harus diikuti dalam ujian SAT dan Subject Test biasanya menjadi tes tambahan untuk universitas yang mensyaratkan jenis tertentu dengan bidang peminatan khusus.

Dalam mengerjakan tes SAT, setiap peserta akan dihadapkan pada 3 format soal berupa pilihan ganda, esai, dan menulis jawaban. Selain itu, tes SAT terbagi ke dalam struktur-struktur sebagai berikut:

1. Reading Test

Bagian ini terdiri dari 52 soal pilihan ganda dan harus dikerjakan dalam durasi 65 menit. Fokus pada soal ini adalah untuk menguji keahlian dan pengetahuan yang telah dipelajari saat sekolah menengah atas dan yang diperlukan untuk sukses mengikuti perkuliahan. Para peserta ujian akan menghadapi berbagai bacaan dan grafik yang terdapat soal yang berkaitan di dalamnya.

2. Writing & Language Test

Bagian ini terdiri dari 44 soal pilihan ganda dan harus dikerjakan dalam durasi 35 menit. Para peserta ujian hanya perlu membaca soal dan mencari kesalahan dari kalimat yang ada kemudian memperbaikinya.

3. Math Test

Bagian Math Test terdiri dari perpaduan soal pilihan ganda dan isian. Selain itu, soal ini juga terdiri dari dua bagian soal, yaitu:

• Soal yang boleh menggunakan kalkulator dengan jumlah 28 soal dan harus dikerjakan dalam waktu 55 menit. Soal pada bagian ini biasanya lebih rumit sehingga harus membutuhkan bantuan kalkulator untuk menghitungnya.
• Soal yang tidak boleh menggunakan kalkulator dengan jumlah 38 soal dan harus dikerjakan dalam waktu 25 menit. Pada bagian ini sudah tersedia daftar rumus matematika sehingga Anda tidak perlu menghafal semua rumus.

4. Essay Test

Bagian Essay Test merupakan tes untuk menguji kemampuan pemahaman bahasa, menulis, dan analisa yang harus dikerjakan dalam waktu 50 menit. Waktu ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk membaca suatu bacaan dan menuliskan esai berdasarkan instruksi yang ada.

Ujian esai biasanya dilakukan secara terpisah dan bukan bagian wajib yang harus diikuti karena tergantung dari permintaan pihak universitas yang Anda ingin mendaftar. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam mengerjakan tes esai SAT, di antaranya:

• Membaca bacaan yang tersedia
• Menjelaskan cara penulis dalam meyakinkan pembaca
• Dukung penjelasan dengan bukti yang bisa didapatkan melalui bacaan dan tidak perlu menyatakan setuju atau tidak setuju dengan pendapat penulis bacaan

Hasil ujian SAT dapat diketahui melalui skor yang didapat yang berkisar antara 400 – 1600 dengan pembagian 200 – 800 (writing, reading, math) dan 2 – 8 (esai). Agar sukses dalam mengerjakan soal ujian SAT, usahakan untuk mencari tahu terlebih dahulu standar minimal yang disyaratkan pihak universitas.

Sehingga dapat memotivasi Anda untuk mencapai target yang diharuskan. Salah satu tempat kursus SAT Bali yang direkomendasikan adalah Westwood Prep. Tempat kursus SAT Bali ini banyak tersebar di kota-kota besar Indonesia seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan. Informasi lebih lengkap mengenai kursus SAT Bali bisa Anda dapatkan di website www.westwoodprep.com.

 

Leave a comment