Tingkatan Les dan Kursus Bahasa Jerman di Bali

Kursus Bahasa Jerman di Bali – Terkenal dengan keindahan dan keunikannya, Bali menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di dunia. Banyak wisatawan dari berbagai negara di dunia memilih Bali sebagai tempat untuk berlibur, sebagian di antaranya adalah wisatawan dari negara Jerman. Bertemu wisatawan dari Jerman dan mengobrol dengan mereka dapat menambah wawasan Anda tentang budaya Jerman.

Namun, tidak semua wisatawan Jerman fasih berbahasa Inggris, sehingga tidak ada salahnya jika Anda mulai belajar bahasa Jerman. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mempelajari bahasa Jerman. Diantaranya belajar secara otodidak atau dengan mengikuti kursus bahasa Jerman di Bali.

Kedua cara belajar bahasa Jerman tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kelebihan belajar secara otodidak, tentu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk les bahasa Jerman di Bali. Anda bisa mempelajari materi bahasa Jerman dari buku, internet, podcast, video di Youtube, dan menggunakan aplikasi bahasa Jerman yang bisa Anda unduh di smartphone Anda.

Namun, belajar bahasa Jerman secara otodidak memiliki kelemahan, salah satunya tidak ada yang mengoreksi Anda ketika Anda melakukan kesalahan. Sementara jika Anda memilih untuk mengikuti les bahasa Jerman di Bali, Anda bisa mendapatkan teman baru, ada tutor yang membimbing dan mengoreksi kesalahan Anda, ada ujian tiap levelnya, materi tersusun secara sistematis, serta mendapatkan sertifikat bahasa Jerman.

Jika Anda sudah memiliki kemampuan bahasa Jerman, ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh, seperti Anda memiliki kesempatan untuk melanjutkan studi di Jerman, meningkatkan peluang untuk mencari beasiswa kuliah di Jerman, memperluas peluang kerja sehingga Anda bisa bekerja di tempat kerja yang menggunakan bahasa Jerman dalam komunikasinya, bisa mempelajari budaya Jerman, bisa mengikuti Aupair, Ausbildung, dan bisa berlibur di Jerman tanpa takut miskomunikasi.

Tingkatan Les dan Kursus Bahasa Jerman di Bali

Ada banyak kursus bahasa Jerman di Bali yang menawarkan kursus secara private ataupun grup. Kebanyakan tempat kursus bahasa Jerman di Bali menawarkan program kursus berdasarkan level kemampuan bahasa Jerman seperti berikut ini.

1. Level A1
Level A1 merupakan level bahasa Jerman dasar untuk pemula. Secara umum bahasa Jerman tingkat A1 ini mempelajari perkenalan diri sendiri dan orang lain, memahami penggunaan kalimat-kalimat sederhana, bertanya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana.

Level A1 ini memungkinkan siswa untuk berkomunikasi dalam bahasa Jerman sederhana. Sertifikat bahasa Jerman level A1 dapat digunakan untuk mengikuti program Aupair dan juga bisa digunakan untuk memenuhi persyaratan mengajukan ijin tinggal di Jerman.

2. Level A2
Level A2 merupakan materi dasar untuk pemula yang lebih tinggi dari level A1. Pada tingkat ini, siswa dapat memahami kalimat-kalimat yang berkaitan dengan pokok bahasan, dapat berkomunikasi dalam situasi sehari-hari, dapat bertukar informasi secara langsung mengenai hal-hal dalam kehidupan sehari-hari, serta dapat mengungkapkan kalimat-kalimat sederhana.

Misalnya saja, informasi tentang keluarga, asal-usul, pendidikan, pekerjaan, lingkungan sekitar, dan hal-hal lain yang terkait dengan kehidupan sehari-hari. Sertifikat level A2 dapat digunakan untuk melamar sebagai Aupair, melengkapi persyaratan visa Jerman, dan praktek di bidang sosial selama satu tahun.

3. Level B1
Level B1 merupakan level menengah bahasa Jerman untuk siswa tingkat lanjut. Pada level ini, siswa dapat memahami topik utama serta pokok bahasan tertentu, dapat berkomunikasi dengan bahasa Jerman standar yang mudah dimengerti, dapat menggunakan bahasa Jerman dan mengatasi masalah kebahasaaan di negara-negara berbahasa Jerman.

Siswa di level ini juga dapat menceritakan tentang kejadian, pengalaman, impian, tujuan hidup, harapan, serta memberikan penjelasan singkat tentang topik tertentu. Sertifikat level B1 dapat digunakan untuk belajar di Studienkolleg Jerman dan dapat memenuhi persyaratan untuk melanjutkan studi di sejumlah universitas di Jerman.

4. Level B2
Level B2 merupakan level menengah untuk siswa tingkat lanjut di atas level B1. Pada level ini siswa dapat memahami inti dari suatu teks rumit, dapat memahami diskusi dengan pokok bahasan tertentu, dapat berkomunikasi lancar dengan native speaker, dapat bercakap-cakap tanpa hambatan di kedua belah pihak.
Selain itu, siswa di level ini juga dapat mengungkapkan pendapat secara rinci tentang berbagai pokok bahasan. Sertifikat B2 dapat digunakan untuk mendaftar universitas di Jerman yang mensyaratkan mahasiswanya memiliki sertifikat B2.

Jika Anda belum pernah mengikuti kursus bahasa Jerman sebelumnya, Anda bisa masuk kursus bahasa Jerman di Bali dari level A1. Namun, jika sebelumnya Anda pernah mengikuti kursus di level tertentu, Anda bisa melanjutkan di tingkat selanjutnya atau mengikuti tes penempatan terlebih dulu.

Leave a comment