Fakta Menarik Tentang Kuliah di Korea Lengkap dengan Beasiswanya

Kuliah di Korea – Demam Korea memang sedang menggandrungi generasi muda di Indonesia. Mulai dari girlband dan boyband-nya serta drama serialnya. Tidak hanya terkenal dalam bidang entertainment dan tempat wisatanya saja, sistem kuliah di Korea pun juga terkenal bagus.

Negara Korea Selatan merupakan salah satu negara maju di kawasan Asia yang memiliki perkembangan ekonomi yang sangat pesat. Tak heran jika pendidikan di negara ini juga memiliki fokus yang bagus dan banyak warga negara lain yang juga ingin melanjutkan pendidikan di sini.

Pendidikan merupakan salah satu hal penting yang difokuskan oleh pemerintah dan warga Korea Selatan. Banyak fakta menarik tentang pendidikan Korea yang cukup berbeda dengan sistem pendidikan yang ada di Indonesia.
Jika Anda ingin kuliah di negara ini, Anda pun bisa mengambil program beasiswa kuliah di Korea sehingga bisa membantu biaya selama kuliah di sana. Namun, pastikan Anda mengetahui dulu pilihan jurusan dan universitas mana yang akan dijadikan tempat pilihan untuk kuliah.

Fakta Menarik Tentang Sistem Pendidikan di Korea Selatan

Pendidikan menjadi hal yang sangat penting bagi warga di Korea Selatan untuk mengangkat status sosial mereka dengan gelar akademiknya. Pendidikan di Korea pun mampu mendapatkan peringkat yang bagus di tingkat dunia. Berikut ini beberapa fakta menarik tentang sistem pendidikan di Korea Selatan yang perlu kamu ketahui, di antaranya:

• Sistem pendidikan di Korea Selatan berlangsung selama 12 tahun sebelum masa kuliah. Di mana SD (Sekolah Dasar) selama 6 tahun, SMP selama 3 tahun, dan SMA selama 4 tahun.

• Pendidikan kuliah di Korea Selatan ditempuh dalam waktu 4 tahun untuk tingkat sarjana dan 2 tahun untuk pascasarjana atau Master.

• Memiliki 180 universitas swasta dan 43 universitas nasional yang menyediakan berbagai jurusan kuliah.

• Pembelajaran di perkuliahan disampaikan dalam opsi bahasa Korea dan bahasa Inggris sehingga bagi yang ingin kuliah di sini harus mengikuti kursus terlebih dahulu.

• Waktu belajar di Korea cukup panjang hingga 16 jam sehari di sekolah sehingga siswa-siswi di Korea harus bersekolah dari pagi hingga malam hari. Bahkan hari Sabtu pun diwajibkan untuk masuk dari pagi hingga sore hari. Setiap siswa atau siswi yang sekolah di negara ini juga diwajibkan membaca dan belajar selama di sekolah.

• Mata pelajaran utama di Korea Selatan terdiri dari sains, matematika, bahasa Korea, bahasa Inggris, dan studi sosial. Semua mata pelajaran tersebut menjadi mata pelajaran wajib sehingga siswa-siswi di sini terkenal pintar-pintar dalam ranah ilmu sosial dan pengetahuan alam. Sedangkan pelajaran lainnya seperti pelajaran olahrga tidak terlalu mendapatkan porsi yang besar.

• Fasilitas pendidikan di Korea didukung dengan akses internet yang lancar dengan kecepatan internet hingga mencapai 10 Gbps.

• Kewajiban untuk mengikuti bimbingan belajar bagi setiap siswa-siswi di Korea. Sehingga waktu belajar di Korea sangatlah padat.

• Memiliki fasilitas pendidikan yang sangat lengkap seperti layar datar LCD, proyektor, komputer, dan seragam.

5 Universitas Terbaik di Korea Selatan dan Jurusannya

Banyak pilihan universitas terbaik yang bisa Anda pilih untuk kuliah di sana. Namun, sebaiknya Anda mengetahui dulu mengapa kuliah di Korea sangat direkomendasikan. Berikut beberapa di antaranya:

• Tersedianya program persiapan bahasa Korea di setiap fakultas

Bahasa pengantar dengan menggunakan bahasa Inggris di perkuliahan Korea memang masih minim. Hal ini dikarenakan Korea merupakan negara di Asia yang jarang menggunakan bahasa Inggris dalam perkuliahannya dan hanya mata kuliah tertentu di beberapa fakultas dan universitas saja. Namun, pihak universitas biasanya sudah menyiapkan program persiapan bahasa Korea pada masing-masing fakultas selama 4 – 6 bulan. Sehingga kemampuan bahasa asing Anda pun bisa bertambah.

• Korea Selatan merupakan negara yang penuh inovasi khususnya di bidang teknologi

Negara Korea terkenal sebagai negara maju karena perkembangan teknologinya yang cukup pesat. Di negara ini terdapat berbagai produk utilitas dan teknologi masa kini serta memiliki alat transportasi yang canggih.

• Memiliki fasilitas penunjang untuk proses pembelajaran

Setiap fakultas di universitas memiliki fasilitas-fasilitas penunjang yang menarik. Setiap mahasiswanya juga bebas menggunakan dan mengaksesnya. Bahkan perpustakaan di universitas pun banyak yang buka selama 24 jam khususnya saat musim ujian berlangsung.

Korea Selatan memiliki universitas-universitas terbaik yang sangat direkomendasikan untuk menjadi pilihan Anda kuliah di sini. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Seoul National University

Universitas ini merupakan universitas pertama di Korea dan menjadi kampus terbesar di Korea. Terdapat 16 kolese, 10 fakultas profesional, dan 1 fakultas pascasarjana dengan menawarkan dukungan karir, dukungan bahasa, serta bimbingan konseling bantuan keuangan. Beberapa jurusan yang ada di SNU seperti seni dan budaya, ilmu bisnis dan sosial, ilmu bahasa, kesehatan, teknik, dan ilmu pengetahuan.

2. Korea Advanced Institute of Science and Technology

Sesuai namanya, universitas ini merupakan institusi penelitian Sains dan Teknik yang pertama ada di Korea Selatan dan telah berdiri sejak 1966. Fokus utama universitas ini adalah bidang penelitian dan pengembangan dengan menawarkan berbagai jurusan seperti Neurosains dan Robotik, Kimia Biologi, dan Teknik Biomedis. Program beasiswa dengan asuransi kesehatan dan tempat tinggal juga tersedia bagi mahasiswa internasional.

3. Korea University

Universitas ini didirikan sejak tahun 1905 dan menawarkan sejumlah program dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Jurusan yang ada di universitas ini di antaranya adalah Seni, Matematika, dan Sains. Program beasiswa dengan layanan konseling dan tempat tinggal juga tersedia untuk mahasiswa internasional.

4. Hanyang University

Universitas ini merupakan universitas swasta yang telah berdiri sejak 1939 di Seoul dan beberapa kampus cabangnya ada di Ansan. Program yang ditawarkan oleh universitas ini adalah S1, S2, S3, program online, program pertukaran mahasiswa, dan perkuliahan jarak jauh. Bagi mahasiswa internasional yang ingin sekolah di sini juga bisa mendapatkan program beasiswa dan bantuan keuangan selama tinggal di Korea. Jurusan yang ada di universitas ini di antaranya adalah Seni, Ilmu Sosial dan Bisnis, Ilmu Bahasa, Kedokteran, Teknik, dan Ilmu Pengetahuan.

5. EWHA Womens University

EWHA merupakan insitusi pendidikan modern yang pertama kali didirikan khusus untuk wanita. Kampus ini memiliki kurang lebih 20.000 mahasiswa dengan berbagai program jurusan. Mulai dari jurusan Ilmu Informasi, Studi Kewanitaan, Kesejahteraan Sosial, Hukum, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Ilmu Bisnis, dan lain sebagainya. Program beasiswa untuk mahasiswa internasional. juga tersedia di sini atas hasil kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan di dunia.

Program Beasiswa Kuliah di Korea Selatan

Biaya kuliah di Korea memang terbilang cukup mahal. Detail range biaya kuliah yang harus dikeluarkan bisa dilihat pada rincian berikut ini:

• Program Sarjana (S1) di universitas nasional berkisar antara 36 juta – 75 juta per semester
• Program S2 atau Master di universitas nasional berkisar antara 45 juta – 85 juta per semester
• Program Sarjana (S1) di universitas negeri dan nasional berkisar 25 juta – 55 juta per semester
• Program S1 atau Master di universitas negeri dan nasional berkisar antara 30 juta – 62 juta per semester
• Biaya hidup berkisar Rp6.000.000,00 per bulan

Bagi Anda yang ingin melanjutkan kuliah di Korea tidak perlu khawatir dengan biayanya karena tersedia berbagai program beasiswa untuk kuliah di sini. Berikut beberapa di antaranya:

1. Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Program beasiswa ini ditujukan untuk pembiayaan program Doktoral dan Magister melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN).

2. Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI)

Program beasiswa ini ditujukan untuk tenaga kependidikan dan dosen di lingkungan Kemendikbud khusus untuk program Magister dan Doktoral. Beberapa universitas di Korea Selatan juga menjadi mitra BPP-LN DIKTI.

3. Beasiswa S2 Luar Negeri Kementerian Kominfo

Program beasiswa ini ditujukan untuk karyawan swasta dan PNS dalam rangka peningkatan kualitas SDM.

4. Korean Government Scholarship Program (KGSP)

Program beasiswa ini ditawarkan kepada pelajar internasional di berbagai negara dan disediakan oleh Pemerintah Korea Selatan.

5. The Korea International Cooperation Agency (KOICA) Scholarship Program

Pelajar dari berbagai negara berkembang seperti Indonesia bisa mendapatkan kesempatan untuk program beasiswa dari KOICA ini. Beasiswa yang diberikan biasanya ditujukan untuk studi Pascasarjana atau Master pada bidang-bidang yang berhubungan dengan pembangunan.

Bukan merupakan suatu hal yang sulit untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Korea Selatan selama Anda berusaha dan bekerja keras untuk menjadi berprestasi. Jangan lupa untuk memilih universitas yang sesuai dengan passion dan cita-cita Anda.

Leave a comment