6 Kota di Australia Terbaik untuk Para Pelajar

Kota di Australia – Apakah kamu berencana untuk belajar di Australia? Ada banyak hal yang membuat Australia menarik bagi para pelajar internasional. Beberapa diantaranya yaitu Australia memiliki universitas yang masuk dalam peringkat dunia, gaya hidup dan kondisi kehidupan yang lebih baik.
Nah, mau tahu kota – kota di Australia yang terbaik untuk para pelajar? Yuk kita simak informasinya berikut ini.

6 Kota di Australia Terbaik untuk Para Pelajar

Berikut ini kota – kota di Autralia yang ramah untuk para pelajar yang dipilih berdasarkan penawaran dan fasilitas universitas, keragaman siswa, tingkat kemampuan kerja, serta lingkungan budaya secara keseluruhan:

1. Melbourne

Melbourne merupakan kota di Australia yang terkenal menjadi pusat budaya, terutama dengan acara musik, komedi, atau olahraganya. Kota di Australia ini memiliki 7 universitas yang masuk dalam peringkat internasional.
Universitas – universitas yang ada di Melbourne juga mencapai skor terbaik dengan keragaman kehidupan siswa. Salah satu universitas terbesar di Australia dan terbaik di dunia yang berada di Melbourne adalah Monash University.

Selain itu, kota di Australia ini memiliki ekonomi yang beragam, banyak perusahaan terbesar di Australia berada di kota ini, serta memiliki pantai – pantai yang indah dan standar kehidupan yang tinggi sehingga, kota ini diperingkatkan dalam daftar kota paling layak dihuni di dunia.

2. Sydney

Salah satu kota di Australia yang dituju lebih dari 50.000 pelajar internasional tiap tahunnya adalah Sydney. Kota ini memiliki kualitas hidup yang tinggi dan mendapatkan nilai tinggi dalam kemampuan kerja.

Sydney juga merupakan pusat keuangan negara dan kantor pusat beberapa perusahaan multinasional. Di kota ini terdapat 5 universitas yang berperingkat internasional dan menawarkan program penelitian yang kualitasnya diakui di dunia. Beberapa universitas di kota Australia ini yaitu Universitas Sydney Barat dan Universitas Sydney.

Di Sydney, kamu dapat berjalan di sekitar pantai yang indah dan banyak ruang hijau, serta mengunjungi banyak museum atau melihat pertunjukan teater. Hanya saja, Sydney memiliki kekurangan yaitu tingginya biaya sewa.

3. Brisbane

Kota di Australia yang dikenal sebagai kota pelajar yang murah adalah Brisbane. Mahasiswa internasional membayar rata – rata US $ 23.600 per tahun di universitas – universitas peringkat Brisbane, dan biaya hidup di kota Australia ini rendah daripada banyak kota besar Australia lainnya.

Beberapa universitas yang ada di Brisbane diantaranya Universitas Queensland, Universitas Teknologi Queensland, dan Universitas Griffith. Brisbane menawarkan perpaduan yang ideal bagi siswa yang mencari keseimbangan antara gaya hidup urban dan outdoor.

Kamu bisa menikmati pantai – pantai yang menakjubkan, iklim yang cerah dan budaya olahraga yang berdampingan dengan kawasan kota kosmopolitan yang menawarkan kehidupan malam yang trendi dan pemandangan seni.

4. Canberra

Canberra adalah ibu kota Australia yang mendapat skor sangat baik dalam kategori keragaman siswa, yang mencerminkan populasi siswa yang besar dan beragam secara internasional. Kota di Australia ini menempati peringkat ke-99 di dunia untuk keterjangkauan dan merupakan kota yang terjangkau bagi kalian yang ingin belajar di Australia.

Biaya kuliah sarjana internasional rata – rata sekitar US $ 26.400, meskipun lebih tinggi dari Melbourne, tetapi kota ini memiliki biaya hidup yang lebih rendah dari Melbourne. Canberra menampung sekitar 35.000 siswa, 9.000 di antaranya adalah siswa internasional.

Di kota Australia ini terdapat universitas yang memiliki peringkat tinggi di Australlia dan masuk dalam QS World Rankings yaitu Universitas Nasional Australia. Canberra juga menjadi rumah bagi banyak atraksi, termasuk danau buatan yang berada tepat di pusat kota dan banyak cagar alam.

Kamu bisa melihat Peringatan Kapten James Cook, Menara Black Mountain atau menghadiri Turnamen Pemuda Sepak Bola Australia Internasional Barassi tahunan.

5. Perth

Perth merupakan kota di Australia yang berada di peringkat ke-36 dalam indeks Kota Pelajar Terbaik. Perth adalah tujuan studi yang fantastis, meskipun sedikit mahal. Tiga universitas dari kota di Australia berada dalam peringkat universitas dunia QS World Rankings.

Jumlah siswa Perth hampir sama dengan di Melbourne tetapi dalam skala yang lebih kecil. Jumlah mahasiswa internasional mewakili sepertiga dari semua mahasiswa di kota ini.

Perth adalah tempat yang banyak disukai karena menawarkan pantai – pantai indah, iklimnya yang bagus dan hangat, serta beragam aktivitas budaya dan sosial. Kamu bisa menemukan beberapa atraksi unik di Perth seperti Scitech Discovery Centre di Perth Barat (sebuah museum sains interaktif), Kings Park (salah satu taman kota terbesar di dunia), Pantai Cottlesloe dan Pinnacles.

6. Adelaide

Adelaide berada di peringkat ke-26 dalam indeks Kota Pelajar Terbaik. Kota di Australia ini memiliki jumlah siswa internasional yang kuat, dengan 27 persen siswa dari luar negeri. Ada 4 universitas di kota ini, beberapa diantaranya memiliki kualitas yang tinggi secara nasional.

Universitas Adelaide dan Universitas Flinders merupakan universitas terkenal di Adelaide. Kota di Australia ini termasuk tempat yang relatif murah untuk ditinggali karena biaya akomodasinya yang rendah.

Adelaide memadukan kehidupan kota yang energik dan lingkungan alami yang indah. Kamu dapat banyak kegiatan olahraga, seperti hiking, bersepeda, trekking, dan memanjat.

Selain itu kamu juga bisa menikmati banyak festival lokal yang diadakan di sini, seperti Festival Seni Adelaide, Festival Gagasan Adelaide atau Pekan Penulis Adelaide.

Namun, di kota ini iklimnya kurang konsisten, dengan lebih sedikit hari yang cerah per tahun daripada kebanyakan kota di Australia lainnya.

Leave a comment