Kondisi Bentang Alam Jerman Serta Keanekaragaman Hayati Jerman

Bentang Alam Jerman – Siapa yang tidak kenal dengan negara Jerman? Jerman menjadi salah satu negara yang memiliki banyak inovasi dan ekonomi terbesar di Eropa dan di dunia. Wilayah Jerman mencakup 357.021 km2, yang terdiri dari 349.223 km2 daratan dan 7.798 km2 perairan. Bagaimana kondisi bentang alam Jerman?

Kondisi Bentang Alam Jerman Berdasarkan Letak Geografisnya

Secara geografis, Jerman berada di Eropa barat-tengah, yang membentang dari Alpen, melintasi Dataran Eropa Utara hingga ke Laut Utara dan Laut Baltik. Jerman berbatasan dengan sembilan negara Eropa, yaitu Denmark, Belgia, Swiss, Austria, Republik Ceko, Perancis, Luksemburg, Belanda, dan Polandia.

Kondisi bentang alam Jerman di wilayah utara merupakan dataran luas yang membentang ke Laut Utara. Sementara kondisi bentang alam Jerman di wilayah tengah dan selatan terdiri dari bukit, gunung, hutan yang dilewati oleh lembah sungau Danube, Main, dan Rhine. Keadaan alam tersebut menjadikan Jerman memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa.

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*Salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Daerah hutan terbesar di Jerman dan yang paling terkenal, berada di barat daya dekat perbatasan Swiss. Hutan tersebut dikenal dengan nama Black Forest atau Hutan Hitam yang berada di daerah pegunungan yang penuh dengan pinus dan pohon cemara. Hutan ini dilewati sungai Danube, salah satu sungai terpanjang di Eropa.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Beasiswa S2 Luar Negeri

Di sebelah selatan Jerman berbatasan dengan Pengunungan Alpen. Puncak tertinggi di Jerman adalah Zugspitze di Bavaria dengan ketinggian 2.962 m di atas permukaan laut. Titik terendah di daratan bawah 3,54 m di bawah permukaan laut, berada di desa Neuendorf-Sachsenbande di negara bagian Schleswig-Holstein.
Sungai terpanjang di Jerman adalah Sungai Rhein. Di barat daya membentuk perbatasan antara Jerman dan Perancis, lebih jauh ke utara terletak di kota-kota Bonn, Köln, dan Düsseldorf di tepiannya. Daerah Ruhr terletak di salah satu lembah aliran sungai Rhein. Ruhr merupakan suatu kawasan untuk pertambangan batu bara yang terbesar di negara Jerman.

Daerah Ruhr ini mendorong berkembangnya kawasan yang berada di sepanjang sungai Rhein, dimana kawasan Ruhr ini memiliki tingkat perkembangan yang sangat pesat. Kondisi tersebut ditandai dengan berkembang pesatnya kota – kota Jerman di sepanjang lembah ini. Sungai Elbe merupakan sungai terpanjang kedua yang menghubungkan Magdeburg, Dresden, dan Hamburg lalu bermuara ke Laut Utara.

Keanekaragaman Hayati Jerman

Jerman memiliki 97 cagar alam, yang terbesar adalah Black Forest. Pemerintah Jerman bekerja keras untuk melindungi satwa liar di negara ini. Namun, terlepas dari upaya yang dilakukan pemerintah Jerman ini, banyak spesies yang berisiko punah, termasuk berang-berang, cerpelai, dan spesies paus tertentu.
Keanekaragaman hayati di Jerman sangat besar, terdiri dari sekitar 48.000 jenis satwa dan 24.000 spesies tumbuh-tumbuhan, lumut, jamur, lumut batu dan ganggang laut. Habitat utama Jerman yang masih alami berada di dua wilayah utama, yaitu:

• Pantai utara yang datar adalah rumah bagi kehidupan laut dan burung-burung.
• Bukit-bukit berhutan dan pegunungan di selatan adalah tempat terbaik untuk menemukan babi hutan, kucing liar, ibex dan mamalia besar lainnya.

Baca Juga  3 Julukan Negara Jerman yang Perlu Anda Ketahui

Perlindungan dasar-dasar alami keanekaragaman hayati untuk kehidupan masuk dalam tujuan negara yang resmi, yang dicantumkan dalam Konstitusi Jerman pada tahun 1994. Jerman menjadi salah satu negara peserta perjanjian internasional terpenting mengenai keanekaragaman hayati. Di samping itu, Jerman juga turut serta dalam kurang lebih 30 kesepakatan dan program antarnegara untuk perlindungan alam.

Leave a comment



Kesempatan Beasiswa

Sponsored

TANYA JAWAB ONLINE

*Salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"

Gratis Beasiswa Program, Kuota Sangat Terbatas (Isi Form Dibawah Ini)
*Salin kalimat berikut "Saya mendaftar program beasiswa (mohon diisi dengan program pilihan)"