Kerja di Jerman Gratis untuk Anak Muda

Kerja di Jerman Gratis – Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai bahasa dan kebudayaan Jerman, tentu akan lebih menarik apabila kamu datang langsung negara tersebut. Namun, masalah biaya untuk kehidupan sehari-hari di sana kerap menjadi ganjalan.

Seperti yang kita ketahui, Jerman memang menggunakan mata uang euro untuk transaksi sehari-hari. Mata uang tersebut cukup tinggi nilainya apabila dikonversikan dalam rupiah. Akan tetapi, kamu bisa mengakalinya dengan mengambil pekerjaan ringan di Jerman.

Ada beberapa macam kerja di Jerman gratis yang bisa kamu ambil untuk “alasan” kamu ke sana. Kerja di Jerman gratis yang dimaksud adalah pekerjaan-pekerjaan yang tidak mengharuskan kamu mengeluarkan biaya, bahkan untuk sekadar perjalanan ke sana.

Beberapa macam kerja di Jerman gratis ini juga memungkinkan kamu untuk menggunakan sedikit waktu bekerja dan lebih banyak libur, sehingga dapat digunakan untuk belajar bahasa ataupun budaya Jerman.

Berikut ini adalah beberapa pekerjaan di Jerman yang bisa kamu coba.

Freiwilliges Soziales Jahr

Bagi kamu yang menginginkan pekerjaan dengan gaji tinggi(dibandingkan dengan pekerjaan pekerjaan ringan serupa) yang tidak masalah dengan urusan pelayanan, maka Freiwilliges Soziales Jahr ini bisa menjadi pekerjaan yang tepat.

Freiwilliges Soziales Jahr ini adalah sebuah pekerjaan yang disebut juga voluntir atau sukarela di bidang sosial. Jerman terkenal sebagai negara yang membuka lowongan banyak untuk Freiwilliges Soziales Jahr ini.

Ada beberapa bidang sosial yang termasuk kedalam pekerjaan Freiwilliges Soziales Jahr ini. Namun, khusus untuk orang-orang yang berasal dari luar Jerman, hanya dibuka dua cabang Freiwilliges Soziales Jahr, yaitu pelayanan terhadap orang-orang tua di panti jompo Jang pelayanan bagi anak-anak penyandang disabilitas.

Bekerja Freiwilliges Soziales Jahr bertugas untuk menemani dan membantu kebutuhan orang tua atau anak disabilitas yang ditangani. Nantinya, pekerja Freiwilliges Soziales Jahr akan mendapatkan fasilitas-fasilitas seperti:
Tempat tinggal di luar panti

Gaji bulanan sebesar 300 hingga 500 euro
Identitas khusus yang dapat digunakan untuk masuk fasilitas umum seminar tertentu

Aupair

Apabila kamu ingin pekerjaan yang lebih ringan, kamu dapat memilih aupair ini. Namun, tentu gaji yang didapatkan setiap bulannya akan lebih rendah, yaitu hanya sekitar 260 euro.

aupair adalah sebuah pekerjaan yang lebih mirip dengan keluarga angkat atau Homestay. Para remaja berusia 18 hingga 26 tahun datang ke Jerman dan akan tinggal bersama sebuah keluarga. Nah, di dalam keluarga tersebut para aupair akan mengerjakan beberapa tugas.

Tugas-tugas yang harus ditangani oleh aupair ini tidak akan jauh dari kepentingan anak-anak, seperti menghantar dan menjemput dari sekolah ataupun menyiapkan sarapan.

Nantinya, fasilitas-fasilitas yang akan didapatkan oleh seorang pekerja aupair ini adalah:
Pelatihan bahasa Jerman untuk mendapatkan sertifikat dasar
Tempat tinggal bersama keluarga dan tentunya peralatan-peralatan yang ada di rumah tersebut
Tanggungan makanan dan kebutuhan sehari-hari
Uang untuk transportasi pulang

Ausbildung

Apabila kamu ingin mengenal Jerman lebih banyak sekaligus diimbangi dengan pendidikan formal, kamu bisa mencoba ausbildung ini.

ausbildung dapat dianggap sebagai sebuah pendidikan di Jerman yang memungkinkan murid-muridnya untuk hanya masuk ke dalam kelas sebanyak 2 hari dalam seminggu. Sementara itu, sisanya dapat digunakan untuk mengambil pekerjaan di perusahaan tertentu.

Kerja di Jerman gratis yang ini memang lebih mirip dengan magang. Tidak heran jika azubi, sebutan untuk pekerja ausbildung, berisi para remaja berusia 18 tahun hingga 27 tahun.

Sebagai gaji magang tersebut, seorang azubi akan digaji sebanyak 370 euro setiap bulan. Gaji tersebut akan meningkat 10% setiap tahunnya. Berbeda dengan 2 pekerjaan sebelumnya, kita bisa mengambil magang ini lebih dari 1 tahun.

Setelah lulus, kita juga akan mendapatkan sebuah sertifikat yang akan berfungsi di seluruh Eropa.

Itulah tadi beberapa kerja di Jerman gratis yang bisa dijadikan pilihan. Untuk membaca informasi serupa atau lebih banyak mengenai Jerman, kamu dapat membuka website virtueducation.org berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan.

Leave a comment