Cara Kerja di Jepang dan Persyaratan yang Dibutuhkan

Kerja di Jepang – Mencoba merantau dan mencari peruntungan di negara maju seperti Jepang mungkin menjadi impian bagi orang-orang yang senang mencoba dan mencari pengalaman baru. Apalagi negara maju ini memberikan banyak kesempatan dan gaji yang tinggi bagi siapa saja yang ingin bekerja di sini.

Akan tetapi, bekerja di luar negeri bisa dibilang tidak semudah ketika bekerja di dalam negeri sendiri. Sistem dan budaya yang dianut di negara orang lain tentu berbeda dengan negeri sendiri sehingga harus beradaptasi agar bisa bekerja dengan baik di sana. Jika Anda ingin bekerja ke luar negeri seperti Jepang, tentu ada banyak persiapan yang harus dilakukan agar bisa diterima dan bekerja di sana.

Persiapan dan Cara Kerja di Jepang

Sebelum mencari tahu dan melamar pekerjaan yang ada di Jepang, ada baiknya Anda melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu agar tidak kaget ketika sudah bekerja di sana. Jepang yang terkenal dengan etos kerja dan disiplin yang tinggi mau tidak mau harus membuat Anda menyesuaikan dengan budaya tersebut. Agar sukses bekerja di Jepang, berikut ini beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan sebelum melamar pekerjaan di negara tersebut:

1. Belajar bahasa Jepang

Bekerja di negara Jepang membuat Anda harus berhadapan dengan orang-orang asli Jepang yang mungkin tidak mengerti bahasa Indonesia. Bahasa sebagai alat komunikasi tentu sangat penting untuk dipahami agar dapat mengerjakan instruksi pekerjaan dan tidak salah persepsi ketika berbicara dengan rekan kerja.

Anda bisa memulainya dengan mempelajari bahasa Jepang dan menguasai percakapan sehari-hari yang biasa dilakukan di tempat kerja. Bisa berbahasa Jepang dan Inggris dengan fasih akan sangat membantu dan menambah nilai plus pada saat Anda melamar pekerjaan di Jepang.

Selain itu, seperti kita ketahui bahwa tulisan di Jepang banyak menggunakan huruf hiragana, katakana, dan kanji yang tentu sangat berbeda dengan huruf romawi pada umumnya.

2. Cari tahu dan pahami cara agar bisa bekerja di Jepang

Setelah menguasai bahasa Jepang yang menjadi modal utama untuk sukses bekerja di sana, Anda harus mencari tahu bagaimana caranya agar bisa mendapat kesempatan untuk bekerja di Jepang.

Cara-cara tersebut bisa menjadi batu loncatan hingga akhirnya Anda bisa benar-benar bekerja di Jepang. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan dan pilih, di antaranya:

• Melamar kerja di perusahaan Jepang
Perusahaan Jepang di Indonesia jumlahnya cukup banyak terutama yang berhubungan dengan industri elektronik dan otomotif. Anda bisa mencoba dulu melamar pekerjaan di perusahaan Jepang yang ada di negara sendiri sebagai batu loncatan. Tak jarang banyak karyawan yang akhirnya mendapatkan kesempatan besar untuk juga bekerja langsung di Jepang selama performa Anda memuaskan.

• Magang lewat jalur Depnaker (kenshusei)
Salah satu program kerja sama antara Depnaker dengan IMM-Japan adalah program magang atau kenshusei. Untuk bisa bekerja melalui jalur ini Anda tidak harus memiliki pendidikan yang tinggi bahkan lulusan SMA pun bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja di Jepang. Beberapa bidang pekerjaan yang biasanya ditawarkan adalah peternakan, pabrik, operator mesin, dan pertanian.

• Sekolah di Jepang
Meskipun prosesnya cukup panjang karena harus sekolah terlebih dahulu, namun cara ini menjadi cara yang paling mudah dan memberi kesempatan besar buat Anda bekerja di Jepang. Setelah lulus dari sekolah di Jepang, Anda akan sangat dengan mudah mendaftar dan mencari pekerjaan di Jepang karena sudah bisa memahami budaya kerja dan menguasai bahasa Jepang selama sekolah di sini.

Persyaratan Administrasi Kerja di Jepang

Sama halnya dengan perusahaan-perusahaan pada umumnya, tentu ada persyaratan administrasi yang harus dilengkapi sebelum akhirnya Anda bekerja di Jepang. Berikut ini beberapa persyaratan umum yang biasanya harus Anda siapkan untuk bekerja kerja di Jepang:

1. Memiliki ijazah minimal SMA/SMK dan diutamakan lulusan D3/S1 khususnya jurusan arsitektur, teknik sipil, listrik, elektro, dan sastra Jepang
2. SKKB atau Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari kepolisian. Dalam surat tersebut harus menyertakan tujuan pembuatan.
3. Surat keterangan dokter yang menyatakan calon pekerja sehat dan bisa mengikuti rangkaian seleksi dan proses kerja di Jepang.
4. Fotokopi KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Kartu Kuning, dan lain sebagainya.
5. Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 cm atau 3 x 4 cm.
6. Surat lamaran kerja dan CV (riwayat hidup).
7. Surat ijin dari orang tua/istri/wali beserta materai (khusus surat izin dari istri harus dilengkapi fotokopi akte nikah).
8. Legalisir fotokopi ijazah.
9. Passpor dan visa

Selain persyaratan administrasi tersebut, Anda juga harus mengikuti beberapa tes seleksi seperti tes kesehatan dan interview saat melamar kerja di Jepang.

Keuntungan Bekerja di Jepang

Berikut ini beberapa keuntungan bekerja di Jepang:

1. Posisi pekerjaan ditentukan oleh prestasi kerja sehingga Anda akan mendapatkan banyak kesempatan untuk mengembangkan diri dan potensi yang dimiliki. Sehingga bisa dikatakan bahwa bekerja di Jepang memiliki jenjang karir yang bagus.

2. Tidak hanya bekerja dan memikirkan diri sendiri, dengan bekerja di Jepang Anda akan diberi kesempatan melakukan pekerjaan yang bermakna dan berorientasi untuk masyarakat.

3. Gaji besar
Bukan rahasia umum lagi jika bekerja di Jepang akan memberi kesempatan buat Anda mendapatkan gaji yang besar. Meskipun biaya hidup di Jepang cukup tinggi, namun Anda tetap bisa saving uang lebih banyak.

Setiap negara tentu memiliki budaya kerja dan sistem yang berbeda-beda yang menjadikannya unggul di mata tenaga kerja asing. Selain Jepang, negara maju lain yang menjadi incaran untuk kerja di luar negeri adalah Jerman.
Untuk dapat bekerja di Jerman, Anda bisa kerja di Jerman dengan menjadi Aupair, Ausbildung, FSJ, dan lainnya dengan kursus bahasa Jerman dulu di Virtu Education. Virtu Education tidak hanya akan memberikan pelajaran bahasa Jerman saja, tetapi juga memberikan kamu berbagai informasi mengenai kerja di Jerman.

Leave a comment