Tugas Dan Tanggung Jawab Kepala Negara Jerman

Kepala Negara Jerman– Setiap negara pasti mempunyai pemimpin, walaupun kepemimpinannya berbeda-beda, ada yang di pinpin oleh seorang Ratu, seperti Inggris yang bebentuk kerajaan, ada juga yang dipimpin oleh seorang Presiden seperti negara kita.

Lalu bagaimana dengan Jerman, bagaimana sistem kepala negara Jerman? Apakah berbentuk kerajaan atau presidensial? Negara Jerman memiliki sistem federasi, dimana kepala negara tidak dipilih oleh rakyat seperti di Indonesia tetapi dipilih oleh Perlemen negara walau memang pada tahun 1949 negara Jerman sempat menerapkan sistem demokrasi, namun dengan bergantinya pemimpin, sistem negara pun berganti hingga akhirnya menjadi Federal.

Dan apa saja tugas dari kepala negara Jerman? Simak berikut ini

1. Pemilihan Politisi

Tidak seperti negara yang demokrasi seperti Indonesia, prseiden memiliki tugas yang sangat banyak, namun untuk negara federasi, kepala negara Jerman memiliki tugas yang tidak sebanyak kepala negara pada umumnya.

Salah satu yang menjadi tugas kepala negara Jerman adalah dalam pemilihan politisi, dimana seorang presiden atau kepala negara hanya berhak menyarankan para politis kepada Parlemen, dan yang akan mengambil keputusan adalah Parlemen.

2. Kunjungan Negara

Kemudian yang kedua adalah kunjungan negara, yaitu megunjungi negara-negara lain yang dianggap bisa bekerja sama dalam hal tertentu. Misalnya seperti kerja sama dalam bidang ekinomi, dalam bidang politik dan lain sebagainya. Dan untuk Indonesia sendiri, meiliki hubungan kerja dalam ekonomi dan juga pendidikan dengan Jerman.

3. Mengawasi Undang-undang

Yang dimaksud dalam mengawasi undang-undang disini adalah, seorang kepala negara Jerman memiliki tugas untuk mengawasi apakah undang-undang berjalan sesuai konstitusi. Karena semua perundanga-unangan ditetapkan dan dijalankan sesuai dengan konstitusi negara Jerman.

4. Hubungan Bilateral

Terkadang oleh kepala negara yang sebelumnya ada terjadi kerusakan hubungan bilateral dengan negara lain, dan tugas kepala negara adalah memperbaikinya dengan negara tersebut. Karena hubungan bilateral tersebut sangat memepnagrungi perkembangan negara, terlebih dalam sektor ekonimi, jadi sangat penting untuk menjaga hubungan bilateral yang baik kepada negara-negara lain, dan utulah tugas seorang kepala negara.

Baca Juga  Apa Itu Aupair, Aupairworld dan Program Aupair Indonesia?

Itulah 4 tugas dan tanggung ajwab seorang kepala negara Jerman. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda untuk memahami tugas dan tanggung jawab seorang kepala negara di Jerman.

(Visited 2 times, 1 visits today)

Artikel Terkait

Leave a comment