8 Kamera untuk Vlogger Terbaik Lengkap dengan Spesifikasinya

Kamera untuk Vlogger – Youtuber menjadi profesi baru yang banyak diimpikan oleh para generasi milenial. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa banyak youtuber-youtuber yang sukses dan berhasil meraup banyak keuntungan dari adsense atau iklan yang berjalan pada setiap tayangan videonya. 

Namun, tentu saja untuk membuat video harus membutuhkan modal seperti handphone maupun kamera profesional yang memang diperuntukkan untuk mengambil gambar dengan sempurna. Agar video blog (vlog) Anda di Youtube terlihat lebih bagus dan menarik sehingga dapat menarik banyak viewers, Anda harus menggunakan kamera yang tepat agar hasilnya maksimal. 

Pilihlah kamera yang sesuai dengan kebutuhan vlog masing-masing, karena setiap Youtuber memiliki konsep konten yang berbeda-beda. Ada Youtuber yang membuat konten berupa film pendek yang membutuhkan kamera profesional maupun konten vlog keseharian dan vlog travelling yang membutuhkan kamera berdesain ringan. 

Spesifikasi Kamera untuk Vlogger

Bagi Anda yang ingin mendalami dunia Youtube dengan mencoba menjadi Vlogger, kamera-kamera berikut ini sangat direkomendasikan. Berikut ini spesifikasi dari masing-masing kamera untuk vlogger, yaitu:

 

  • Fujifilm X-A3

 

 Kamera Fujifilm X-A3 merupakan salah satu andalan para fotografer karena kualitas foto dan video yang dihasilkan tergolong sangat mumpuni dan sangat cocok untuk kegiatan Vlog. Kamera ini memiliki spesifikasi berupa lensa Fujinon XC 16-50 f/3,5 – 5,6 OIS II sebagai lensa bawaannya. Resolusi kamera untuk vlogger ini juga sangat bagus hingga mencapai 24,2 Megapixel (MP) yang diklaim mampu memotret foto makro pada kelasnya dengan baik. 

Kamera ini juga didesain dengan sangat pas dan sesuai untuk selfie dan vlog dengan hanya melipat bagian layarnya ke posisi selfie. Ukuran layar kamera mirrorles X-A3 ini berukuran 3-inchi dengan fitur touchscreen. Kamera ini bisa dibeli dengan range harga Rp5.892.000,00 – Rp8.999.000,00. 

  • Nikon 1 J5

 

Nikon merupakan salah satu merek kamera yang banyak digemari oleh para fotografer maupun videografer karena resolusinya yang tinggi dan kecepatan shutter speed-nya yang sangat baik. 

Salah satu tipe kamera Nikon yang cocok untuk para vlogger adalah Nikon 1 J5 yang dilengkapi lensa bawaan 10 – 33 mm f/3,5 – 5,6 dengan kemampuan resolusi hingga mencapai 4K. Kamera ini sangat cocok untuk vlog keseharian dan travelling karena hasil gambarnya akan tetap bagus meskipun sedang berjalan cepat dengan kecepatan shutter speed mencapai angka 1/16000 detik. 

Menariknya, kamera ini juga dilengkapi dengan fitur lain seperti layar flip on, built in Wi-Fi & NFC, dan memiliki frame per second (fps) hingga 60 fps. Untuk rentang harga kamera Nikon 1 J5 berkisar antara Rp4.799.000,00 hingga Rp5.100.000,00. 

  • Olympus Pen E-PL8

 

 Kamera Olympus Pen E-PL8 ini sangat cocok untuk vlog travelling karena desainnya ringan dan ramping sehingga mudah dibawa kemana-mana. Meskipun kamera mirrorles tipe ini ringan dengan bobot 374 gram, Anda tidak perlu khawatir karena kamera ini tetap tangguh. 

Kamera yang dibekali sensor 16 Miegapixel (MP) ini juga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Desain kamera ini sangat stylish dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat mendukung kegiatan vlog. 

Fitur tersebut seperti fitur penstabil video yang mampu memberikan hasil mulus meskipun pengguna sedang berjalan atau bergerak. Kamera untuk vlogger ini bisa Anda beli dengan kisaran harga Rp7.000.000,00 – Rp8.799.000,00.

  • Samsung NX3000

 

 Tidak hanya terkenal memiliki kualitas bagus pada benda elektronik lain seperti televisi maupun smartphone, kamera mirrorless Samsung juga memiliki kualitas yang tidak kalah bagus dengan merek lainnya. 

Salah satunya adalah tipe Samsung NX3000 yang memiliki kesamaan contrast detect AF (auto focus) seperti seri sebelumnya sehingga hasil jepretannya pun sangat maksimal dan smooth. Kamera ini didukung dengan sensitifitas cahaya yang berkisar antara ISO 100 hingga ISO 25.600 dan dibekali NFC. 

Terdapat akses built in Wi-Fi untuk memudahkan Anda dalam membagikan atau share foto dengan lebih mudah dan cepat tanpa harus menggunakan kabel data maupun perangkat lain. Salah satu keunggulan kamera ini adalah resoulsi kamera selfi-nya yang mencapai 20,3 MP. Harga kamera Samsung NX300 berkisar antara Rp5.980.000 – Rp6.639.000,00.

 

  • Sony DSC-RX100

 

 Salah satu tipe kamera dari Sony ini memiliki keunggulan berupa kemampuannya untuk tetap menghasilkan kualitas video yang baik meskipun dalam kondisi cahaya yang minim.  Selain itu, terdapt fitur steady shot yang dapat berfungsi sebagai peredam efek getaran saat merekam video. 

Kamera Sony DSC-RX100 ini memiliki sensor CMOS Exmore 20 MP yang berukuran 1-inchi dan tergolong cukup besar untuk ukuran sensor pada kamera saku. Bagi Anda para pecinta fotografi, kamera ini juga sangat cocok digunakan untuk mengambil foto-foto secara profesional. 

Hal ini dikarenakan kamera ini memiliki fitur fotografi yang lengkap dan modern seperti HDR, panorama, dan Multi Shot Noise Reduction yang berfungsi untuk mengurangi hasil noise pada gambar. Rentang harga untuk kamera Sony DSC-RX100 ini berkisar antara Rp6.550.000,00 hingga Rp15.000.000,00. 

  • Canon Powershot G7X

 

 Kamera ini cukup populer di kalangan vlogger dan youtuber karena banyak digunakan oleh kalangan youtuber terkenal seperti Raditya Dika, Karin Novilda, dan Joshua Suherman. Kamera mirrorles Canon Powershot G7X ini memiliki keunggulan berupa layarnya yang dapat dilipat ke atas hingga 180o dan dilipat ke bawah hingga 45o

 Keunggulan lain yang dimiliki kamera untuk vlogger ini adalah kemampuannya untuk memotret meskipun dalam kondisi minim cahaya maupun dalam keadaan gelap sekalipun. 

Beberapa fitur-fitur menarik seperti Auto, Manual, Hybrid Auto, Aperture Priority, dan Shutter Priority juga tersedia pada kamera ini sehingga hasil gambar dan video pun kualitasnya sangat bagus. Kamera ini bisa dibeli dengan kisaran harga Rp6.900.000,00 hingga Rp7.840.000,00.

  • Sony A7

 

 Kamera ini merupakan salah satu kamera mirrorles tercanggih dan bahkan sudah setara dengan kamera DSLR terbaik. Resolusi kamera Sony A7 mencapai 24,3 Megapixel (MP) dengan sensor 35 mm full-frame Exmor. Detail, sensitivitas, dan kualitas foto yang dihasilkan kamera ini begitu luar biasa karena dilengkapi dengan auto fokus tercanggih dan menggunakan prosesor BIONZ X. 

 Mesin proseser terbaru yang terdapat pada kamera Sony A7 ini dapat membuat perenderan warna menjadi lebih nyata, pengambilan gambar burst mode bisa lebih cepat, dan dapat mereduksi noise dengan yang lebih baik. Harga kamera Sony A7 ini cukup mahal dibandingkan jenis kamera lainnya yaitu berkisar Rp12.799.000,00 hingga Rp31.999.000,00. 

  • Canon EOS M10

 

 Kamera Canon EOS M10 merupakan salah satu tipe kamera yang banyak diincar dan sangat direkomendasikan untuk para vlogger. Kamera ini memiliki desain yang simple, elegan, dan menarik. Keunggulan kamera ini adalah kemampuan auto focus-nya yang begitu akurat dengan teknologi CMPS AFII. 

Sehingga hasil tangkapan gambarnya pun menjadi lebih mudah fokus dan tidak kesulitan untuk mengambil gambar dengan kecepatan tinggi. Lensa pada kamera Canon EOS M10 berkapasitas 18 MP dengan dilengkapi layar yang bisa diputar 180o yang bisa digunakan untuk selfie. 

Kamera untuk vlogger ini bisa merekam video full HD 30 fps dan memiliki fitur menarik lainnya seperti NFC dan Wi-Fi untuk memudahkan pentransferan gambar. Harga kamera Canon EOS M10 berkisar antara Rp4.950.000,00 – Rp6.200.000,00. 

Setelah mengetahui spesifikasi kamera-kamera untuk vlogger tersebut, maka Anda tinggal pilih tipe kamera yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda

Leave a comment