Apa Itu Internet? Internet adalah singkatan dari Interconnected Network

Internet Adalah – Dewasa ini, perkembangan internet yang semakin pesat semakin meningkatkan ketergantungan manusia terhadap kebutuhan akan internet. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa internet kini telah menjadi salah satu kebutuhan pokok untuk menunjang kebutuhan sehari-hari.

Baik untuk kebutuhan belajar, kebutuhan berbelanja, kebutuhan pekerjaan, maupun sekedar untuk hiburan. Hampir seluruh aspek di dalam hidup manusia dapat terintegrasi dengan koneksi internet. Internet mampu menjadikan segala informasi yang ada di dunia ini mudah diakses hanya dalam genggaman tangan.
Mulai dari informasi tentang pendidikan, kesehatan, bahan makanan, tanaman, politik, ekonomi, bisnis, fashion, dan bidang-bidang lainnya. Melalui internet orang-orang dapat memenuhi kebutuhannya dengan berbelanja melalui marketplace atau platform media sosial.

Setiap membutuhkan segala informasi yang kita inginkan, hanya dalam waktu sekejap beberapa detik saja semua informasi tersebut dapat muncul melalui mesin pencari atau search engine. Sebelum memahami tentang manfaat dan sejarah internet, mari kita simak apa yang dimaksud dengan internet.

Apa Itu Internet?

Selama ini banyak yang menggunakan dan bergantung pada internet namun masih bertanya-tanya apa itu internet. Internet adalah singkatan dari interconnected network yang merupakan sistem jaringan pada komputer yang dihubungkan dengan menggunakan TCP/IP (paket protokol internet) dan saling terhubung secara global di seluruh dunia.

Tidak heran jika kita bisa saling berkirim pesan, video, foto, maupun dokumen dengan berbagai orang di belahan negara lain hanya dengan menggunakan akses internet. Berbagai sumber daya dan layanan informasi seperti surat elektronik atau email, layanan informasi dan aplikasi World Wide Web (www), maupun telepon dapat diakses dengan mudah melalui internet.

Layanan internet tersebut dihubungkan dengan jaringan-jaringan yang terdiri dari jaringan privat, akademik, publik, maupun bisnis melalui teknologi elektronik, jaringan optik, dan nirkabel. Dalam perkembangannya, akses internet pun dapat dengan mudah dihubungkan melalui jaringan Wi-Fi atau pulsa internet baik dengan menggunakan smartphone maupun PC komputer dan laptop.

Manfaat Internet

Seperti yang telah kita ketahui, internet sebagai layanan penyedia informasi memiliki dampak yang luar biasa terhadap berbagai aspek kehidupan manusia. Kemudahan yang bisa didapatkan oleh setiap pengguna internet tentu memberikan banyak fungsi dan manfaat.

Berikut ini beberapa manfaat internet yang bisa didapatkan oleh penggunanya, di antaranya:

1. Menambah ilmu pengetahuan dan wawasan

Kemudahan mengakses informasi hanya dengan sekali ketik keyword dan mengkliknya pada halaman search engine. Dalam sekejap berbagai informasi yang kita butuhkan pun akan muncul pada tampilan layar.

Dengan demikian, adanya internet sangat membantu para penggunanya untuk mendapatkan berbagai informasi penting sesuai kebutuhan penggunanya. Bahkan sistem belajar berbasis online pun sudah banyak tersedia dan bisa diakses dengan mudah. Belajar pun tidak harus selalu berada di ruang kelas dan berhadapan dengan guru secara langsung.

Sudah banyak kampus atau universitas yang menerapkan sistem belajar berbasis online sehingga semua siswanya bisa belajar di mana saja dan kapan saja tanpa terbatas tempat dan waktu. Hal ini membuat waktu untuk belajar menjadi lebih fleksibel sehingga kesempatan untuk mencari pengalaman lainnya pun lebih besar.

2. Mempercepat proses komunikasi

Jika pada waktu dulu kita harus menunggu berhari-hari untuk mendapatkan balasan pesan dari surat yang dikirimkan ke orang lain, sekarang tidak perlu lagi harap-harap cemas menunggu jawaban dalam waktu yang lama.

Hanya dalam hitungan menit bahkan detik, surat atau pesan yang Anda tulis baik melalui email maupun pesan di media sosial bisa dengan mudah dibaca dan dibalas oleh orang lain. Dalam hal ini, internet sangat bermanfaat untuk mempercepat proses komunikasi.

3. Memudahkan berbagai macam pekerjaan

Internet ibarat penolong di saat kita membutuhkan kemudahan untuk memenuhi berbagai kebutuhan kita. Internet datang dengan kemudahan akses yang dapat digunakan para penggunanya untuk berbelanja, belajar, dan bekerja. Sebagai ibu rumah tangga yang ingin belajar memasak, resep-resep yang terdapat di internet beragam menunya dan dapat dengan mudah dipelajari.

Pekerjaan kantor yang harus berhubungan dengan klien di luar negeri juga tidak bisa dilepaskan dari peran penting email dan internet. Bahkan banyak para pebisnis yang berhasil sukses hanya dengan berjualan secara online tanpa harus keluar modal besar untuk sewa tempat.

Sejarah dan Penemu Internet

Sebelum akhirnya internet ditemukan dan mengubah peradaban dunia modern seperti era saat ini, tentu tidak terlepas dari peran serta dan kehebatan para penemunya. Bayangkan jika penemu internet tersebut tidak pernah memikirkan membuat jaringan internet, tentu hingga saat ini kita masih akan berkirim surat dan tidak bisa berkirim pesan hanya melalui chatting.

Sehingga sudah seharusnya kita mengetahui bagaimana perjalanan sejarah panjang internet dan siapakah ilmuwan hebat yang menemukannya. Salah seorang penemu internet adalah Leonard Kleinrock. Seorang profesor ilmu komputer yang lahir di Amerika Serikat ini disebut sebagai Bapak Internet karena kontribusinya yang luar biasa pada bidang teoretis jaringan komputer.

Karya pertamanya dikenal melalui makalahnya tentang pertukaran paket teknologi pada tahun 1959 dan 1961. Salah satu karya luar biasa yang menjadi pelopor perkembangan internet di dunia adalah ARPANET sebagai bentuk keberhasilannya dalam memecahkan kode digital.

Jejak karir Kleinrock yang lahir pada tanggal 13 Juni 1934 di New York ini memang sudah tidak diragukan lagi dalam bidang teknik elektronika dan ilmu komputer. Gelar Sarjana Teknik diraihnya pada tahun 1957 dari City College of New York.

Penghargaan yang diberikan kepada Kleinrock pun tidak main-main seperti penghargaan bergengsi Nasional of Science pada tahun 2008 atas kontribusinya pada teori matematika jaringan data modern spesifikasi fungsional switching paket.

ARPANET yang dibangun pada tahun 1960 ini merupakan sistem jaringan pertama yang terbentuk sebelum adanya internet. Sistem jaringan ini awalnya digunakan untuk kepentingan militer namun pada akhirnya dikembangkan dan digunakan untuk non-militer. Pada tahun 1980-an, jaringan internet sudah mulai muncul meskipun masih untuk kalangan terbatas seperti kampus atau universitas.

Lalu pada tahun 1982 muncullah TCP/IP yang menjadi perangkat protokol utama dalam jaringan internet. Tidak lama kemudian, pada tahun 1984 nama domain sudah digunakan dan ARPANET pun berganti nama menjadi NSFNET pada tahun 1986.

Layanan internet pun semakin berkembang pesat dengan didirikannya CERN dan INTERNIC pada tahun 1993 untuk memberikan pelayanan pendaftaran nama domain untuk publik. Sehingga internet tidak hanya digunakan untuk kalangan terbatas saja, namun semua masyarakat dapat mengaksesnya.

Manfaat perkembangan internet pun semakin mudah kita rasakan pada masa sekarang ini. Jika pada waktu awal kemunculannya internet banyak berfungsi sebagai alat komunikasi, kini sistem jaringan dan program yang dihadirkan internet pun semakin beragam.

Berkat penemuan Kleinrock tersebut, kita dapat merasakan manfaat yang luar biasa untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Internet hadir sebagai media multifungsi yang menyediakan sumber daya layanan informasi dan sebagai alat komunikasi yang dapat dilakukan secara interpersonal melalui email dan chatting.

Perkembangan luar biasa pun mulai terlihat pada saat bermunculannya fitur-fitur aplikasi yang semakin memudahkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Meskipun demikian, internet tetaplah sebuah benda yang memiliki dampak positif dan dampak negatif jika tidak mampu mengontrolnya dengan baik.

Dampak positifnya tentu menjadikan kita lebih mudah berkomunikasi dan mendapatkan informasi. Namun, secara sosial dan psikologis internet juga dapat berakibat fatal dan mengakibatkan kecanduan akut bagi yang tidak bisa mengontrolnya. Oleh karenanya, gunakanlah internet dengan bijak untuk hal-hal yang bermanfaat dan jangan pernah tertarik untuk memanfaatkannya dalam hal yang tidak baik.

Leave a comment