4 Bagian Penting Yang Diujiakan Pada IELTS Test

IELTS Test– Untuk anda yang mencari 4 bagian penting yang diuji saat test IELTS, pastinya sudah tahu apa itu IELTS dan juga sudah mempunyai terget atau rencana untuk IELTS tersebut. Dan disini akan dijelaskan apa saja bagian penting itu, dan bagaimana anda mempersiapkannya.

1. Reading

Sama seperti test TOEFL, pada test IELTS juga ada reading. Dan untuk reading ini tentunya anda harus memahami isi teks yang disediakan. Biasanya pertanyaannya cuku menjebak, jadi anda harus benar-benar paham maksud dari teks tersebut.

Dan untuk teks reading ini biasanya adalah berdasarkan fakta-fakta masa kini, berupa artikel tentang berita-berita terbaru yang terjadi dan cukup banyak diperbincangkan.

Tentunya teks atau artikel tersebut bersifat ilmiah, jadi harus anda pahami terlebih dahulu dan perbanyaklah membeca berita artikel dengan isu-isu terbaru.

2. Listening

Untuk listening ini adalah anda akan diberikan mendengarkan percakapan, kemudian dari percakapan akan muncul pertanyaan. Jadi anda harus fokus pada percakapan yang anda dengar, sebelum test usahakan anda dalam keadaan fokus dan hanya fokus pada apa yang anda dengar, lalu jawablah pertanyaan yang disediakan.

Untuk melatih listening ini anda bisa lebih sering menonton fil dengan bahasa inggris dan tanpa subtitle bahasa indonesia, latih pendengaran anda untuk fokus pada percakapan, tanpa kehilangan apa yangs edang dibicarakan.

3. Speaking

Untuk para peserta ujian IELTS biasanya paling gugup pada bagian speaking, karena pada test speking ini, vocabulary anda benar-benar terlihat seberapa banyak dari apa yang anda ucapkan.

Namun sering juga orang yang sudah fasih bahasa inggris gagal pada tahap ini karena sudah terlebih dahulu gugup. Jadi untuk anda jangan sampai gugup, karena apa yang seharusnya anda bisa akan hilang begitu saja.

Anggap bahwa penguji anda adalah kenalan baru yang butuh informasi dari anda, dan anda akan lebih leluasa menjelaskan maksud dan tujuan anda. Jangan terlalu banyak jedah dari speaking anda, dan juga tidak perlu bicara banyak namun bertele-tele.

Akan lebih baik jika anda menjelaskan secara rinci, singkat padat dan jelas, dan untuk speaking juga biasanya akan menjelaskan tentang isu-isu terkini dan biasanya anda akan dimintai tanggapan atau pandangan dengan isu yang terjadi.

4. Writing

Untuk writing juga topiknya tidak jauh berbeda dengan test lainnya, tetap membahas isu yang terjadi saat ini, namun tetap dalam bentuk ilmiah. Jadi bahasa yang anda gunakan adalah bahasa ilmiah dan urutannya juga benar.

Jadi disini juga anda akan dimintai pendapat atau ide tentang isu tertentu, dan biasakan anda menulis dengan dua sisi yaitu sisi positif dan juga negatif tentang isu tersebut. Dengan begini anda dinilai memilih pandangan yang berbeda dan juga netral dengan memahami sisi negatif dan positif dengan isu yang terjadi.

Untuk belajar test IELTS ini bisa juga anda pelajari dengan membiasakan menulis artikel yang berupa ide dan pandangan anda terhadap satu isu tertentu. Karena menulis secara ilmiah harus menggunakan vocabulary yang ilmiah, jadi anda terbiasa menggunakan bahasa ilmiah dalam menulis.

Itulah 4 bagian penting yang dujikan pada test IELTS. Dan untuk test ini anda sangat disarankan untuk lebih banyak membaca kamus dan mencari kosa kata yang bersifat ilmiah. Karena untuk writing dan juga speaking, vocabulary andalah yang paling penting.

Untuk itu lebih banyak menulis dan berbicara dalam bahasa inggris, dan latih mental anda supaya pada saat ujian tidak gugup namun bisa fokus dan merasa nyaman supaya anda juga bisa mendapatkan score yang maksimal, sesaui dengan score yang diminta oleh instansi anda atau jika bisa diatas score minimal yang diminta supaya peluang anda diterima lebih tinggi.

Namun untuk lebih detail bagaimana test IELTS, anda bisa mengikuti kursus IELTS di West Wood Preperation, karena akan ada fisrt test IELTS, simulation test dan juga final test yang dilengkapi juga dengan sertifikat dari west wood prep.

Kunjungi kantornya di Bellagio Mall Lt 1 Kuningan Barat, Jakarta Selatan atau kunjungi websitenya di www.westwoodprep.com

Leave a comment